6 Pekerjaan dengan Prospek Tinggi yang Dibutuhkan di Masa Depan

6 Pekerjaan dengan Prospek Tinggi yang Dibutuhkan di Masa Depan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 26 September, 2022
Share

Tidak bisa dipungkiri, pandemi membuat banyak industri goyah dan harus beradaptasi dengan keadaan baru. Peta pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan pun berubah total akibat pandemi. Di tahun 2022, sudah banyak industri yang mulai pulih dari keterpurukan mereka selama pandemi.

Dilansir dari Jobstreet Job Outlook Report 2022, sektor industri seperti komputer dan IT, layanan medis, layanan keuangan, dan logistik sudah pulih dan bertumbuh secara bertahap. Hampir semua industri mengalami peningkatan iklan lowongan kerja di 2021 yang berarti mayoritas dari industri-industri ini sudah beradaptasi dan siap dengan kondisi bursa kerja yang sekarang. Setiap industri bahkan sudah siap menawarkan pekerjaan gaji besar untuk melancarkan strategi mereka menghadapi dunia yang baru ini.

Lalu apa saja sih pekerjaan-pekerjaan dengan mengalami peningkatandemand(permintaan) selama tahun 2021 untuk jadi peluangmu dalam berkarir?

Berikut adalah daftar pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan karena memiliki prospek pertumbuhan yang potensial selama 5 tahun ke depan.

1. Copywriter

Pada Industri 4.0, peran Copywriter akan selalu dibutuhkan karena setiap sektor pekerjaan memerlukan tulisan sebagai landasan pekerjaan maupun sebuah produk. Copywriter bertujuan membuat tulisan yang lebih persuasif untuk keperluan marketing perusahaan.

Peran Copywriter dalam sebuah perusahaan sangat krusial karena untuk menjual sebuah barang atau jasa ada proses pemasaran agar barang atau jasa yang ditawarkan sampai kepada konsumen. Disinilah peran Copywriter hadir untuk terlibat dalam prosescampaignsebuah brand untuk meningkatkan penjualan dan membangunawarenesstentang barang atau jasa yangbranditu tawarkan.

Latar belakang pendidikan yang cocok dengan pekerjaan copywriting adalah latar pendidikan yang sudah melatih kamu untuk menulis. Jurusan seperti Advertising, Ilmu Komunikasi, Marketing Communication dan jurusan sastra berbagai bahasa.

Dari jurusan tersebut, setidaknya kamu sudah tahu atau mengenal bagaimana proses copywriting dan signifikasinya dalam membangun hubungan baik dengan calon konsumen.

Namun, jika kamu bukan dari jurusan yang disebut tadi, ada banyak kursus dan sertifikasi online yang bisa kamu ikuti untuk belajar bagaimana menjadi Copywriter.

Kunjungi JobStreet untuk melihat lowongan kerja Copywriter sekarang.

2. Web Developer

Semua kegiatan yang beralih secara daring mendorong banyak perusahaan untuk hadir secara virtual melalui website perusahaan. Perusahaan memakai website mereka untuk  memperkenalkan profil perusahaan, mempromosikan, dan juga menjual produk yang mereka miliki. Dalam hal ini, peran Web Developer sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah website.

Seorang Web Developer harus mengetahui bagaimana cara membuat tampilan sebuah website mulai dari 0. Kemampuan utama yang harus dimiliki seorang Web Developer adalah kuasai tentu saja seperti elemen, fitur, dan fungsi dari kode program dalam web.

Banyak perusahan yang sudah flexibel dan tidak lagi mengkhususkan jurusan tertentu untuk mengisi posisi ini. Sudah banyakbootcampatau kursus online yang menyediakan pembelajaran tentang Web Developer.

Namun, jika kamu berasal dari jurusan di bidang komputer seperti Teknik Informatika, Ilmu komputer, dan lain-lain, hal ini dapat menjadi keunggulan kamu ketika kamu melamar posisi Web Developer.

Kamu dapat mengakses JobStreet untuk mencari lowongan kerja sebagai Web Developer.

3. Accounting Staff

Accounting Staff adalah salah satu posisi yang krusial di perusahaan karena mereka bertugas untuk menjaga dan melaporkan kondisi keuangan perusahaan. Selain itu, Accounting Staff bertanggung jawab untuk memastikan dokumen yang berhubungan dengan transaksi keuangan lengkap dan benar, membuat posting jurnal, menyusun rencana budget keuangan perusahaan, dan masih banyak lagi.

Karena posisinya yang sangat penting demi keberlansungan perusahaan, accounting staff menjadi pekerjaan dengan gaji yang besar dan memiliki karir yang menjanjikan. Semua perusahaan atau lembaga yang berkaitan dengan uang, pasti membutuhkan akuntan. Itulah kenapa posisi Accounting Staff memiliki prospek yang tinggi dari tahun ke tahun.

Untuk kamu yang ingin memiliki karir sebagai Accounting Staff, memiliki latar belakang pendidikan Akuntansi, Manajemen,  atau gelar diploma dalam bidang yang berkaitan bisa menjadi keunggulan kamu di antara pelamar yang lainya. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti sertifikasi atau kursus online yang berhubungan dengan akuntansi, ekonomi, manajemen, dan lain-lain untuk menambah skill dan pengetahuanmu.

Kunjungi JobStreet untuk melihat lowongan kerja sebagai Accounting Staff sekarang.

4. Staf Medis/Perawat & Asisten

Kesadaran kita mengenai kesehatan semakin meningkat akibat dari pandemi yang sudah dilalui hampir 2 tahun ini. Dapat dilihat juga, perkembangan industri layanan kesehatan berkembang pesat semenjak Covid-19 di tahun 2020.

Karena itu, Perawat menjadi salah satu profesi yang dibutuhkan di industri layanan kesehatan. Profesi perawat memiliki peran dalam merawat, membantu, dan melindungi seseorang dari masalah kesehatan yang mereka alami. Perawat memiliki peluang karir yang sangat luas.

Selain tempat-tempat industri kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit yang tentu membutuhkan peran perawat, sektor bandara dan pelabuhan pun membutuhkan keberadaan seorang perawat

Kamu membutuhkan latar belakang pendidikan keperawatan jika ingin memulai karir menjadi perawat. Setelah itu, kamu juga bisa melanjutkan pendidikan kamu dan meraih spesialis kamu. Ada beberapa pilihan spesialis keperawatan seperti keperawatan jiwa, keperawatan maternitas, keperawatan anak, dan lain-lain.

Peluang kerja sebagai perawat dibilang cukup luas karena kamu tidak hanya dibutuhkan di Indonesia saja. Perawat adalah salah satu profesi yang masuk dalam pasar bebas ASEAN. Kamu bisa ditempatkan di rumah sakit ataupun sektor kesehatan lainnya di berbagai negara anggota ASEAN. Berkat inilah perawat adalah salah satu pekerjaan dengan gaji besar dan juga memberimu peluang karir yang luas.

Kamu dapat mengakses JobStreet untuk mencari lowongan kerja sebagai Perawat.

5. Digital Marketing

Penggunaan teknologi yang meningkat juga berdampak pada cara pemasaran produk. Digital Marketing atau pemasaran digital merupakan suatu pekerjaan yang sangat dibutuhkan untuk memasarkan suatu produk melalui platform digital. Hal ini didasari oleh observasi perilaku masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktu memakaismartphone mereka.

Selain itu, biasanya posisi ini juga mengerjakan job desc yang berhubungan menaikanbrand awarenessproduk atau perusahaan. Posisi ini adalah kunci untuk perusahaan tetap bisa bersaing di era yang serba digital ini. Utamanya, seorang Digital Marketing juga harus memiliki kemampuan dalam membaca dan mengolah data konsumen atau calon konsumen diplatformatauchannelmarketing perusahaan.

Hal tersebut karena Staff Digital Marketing memiliki tujuan untuk mencari ide dan strategi untuk membuat perusahaan maupun produknya dilihat olehaudiencebaru. Memiliki pemahaman untuk memaksimalkan Google Ads serta Meta Ads pada media sosial serta berkerja sama dengan Content Creator adalah salah satu cara yang biasa dipakai oleh seorang Digital Marketer.

Ada beberapa pilihan jenjang pendidikan yang bisa kamu pilih atau butuhkan untuk memulai karir di bidang Digital Marketing. Jurusan seperti Ilmu Komunikasi, Pemasaran Digital, atau berbagai jurusan yang mempelajari ilmu dasar pemasaran,search engine, dan analisis web bisa membantumu untuk memulai karir di bidang digital marketing.

Selain pendidikan formal, kamu juga bisa menempuhnya lewatbootcampatau kursus digital marketing yang tersedia baik ituonlineatauoffline. Tertarik dengan pekerjaan digital marketing? Temukan lowongan pekerjaannya di sini.

6. Human Resource

HR atau Human Resource adalah sebuah posisi yang bergerak di bidang pemberdayaan karyawan perusahaan. Tanggung jawab seorang HR dalam perusahaan bermacam-macam seperti masalah kepegawaian, apa yang dibutuhkan dari karyawan, manajer dan tenaga kerja lainnya dan juga masalah perekrutan seperti membantu perusahaan untuk membangun tim staf yang berkualitas.

Selain itu juga mereka bertugas untuk pengembangan karyawan, manajemen kinerja, penentuan gaji atau kompensasi, dan menumbuhkan hubungan kerja antar divisi atau karyawan. Seorang HR dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, baik itu berbicara maupun mendengar.

Posisi HR adalah salah satu posisi yang penting dalam perusahaan karena mereka yang akan memikirkan strategi untuk kenyamanan lingkungan kerja di suatu perusahaan. Bahkan HR dapat meningkatkan kinerja sebuah perusahaan dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Itulah kenapa posisi HR selalu dicari-cari oleh perusahaan.

Seorang HR juga harus mengetahui permintaan apa sih yang diinginkan oleh para calon pekerja sekarang. Latar belakang pendidikan seperti Manajemen, Hubungan Masyarakat, Ilmu Administrasi, dan Psikologi adalah jurusan yang cocok untuk memulai karir sebagai human resources.

Yuk temukan iklan lowongan Human Resources di sini.

Itu dia 6 perkerjaan yang memiliki prospek tinggi selama 5 tahun ke depan. Setelah membaca artikel ini, kamu bisa mulai memikirkan pilihan karirmu dari sekarang agar kamu dapat membuat rencana karir yang baik.

Kamu juga bisa tingkatkanskill-mu secara gratis lewat SeekMAX yang menyediakan video pembelajaran karir dalam bahasa Indonesia hanya untukmu! Mulai dari ilmu untuk mengasahhard skillseperti Teknologi dan Design, Penjualan dan Pemasaran, hingga melatihsoft skillseperti Pengembangan Diri, Kepemimpinan dan Manajemen.

Gunakan jugamobile appJobStreet dengan mengunduhnya di Google Play Store dan Apple App Store untuk akses yang lebih mudah dan fleksibel di mana pun dan kapan pun.

Yuk, temukan pekerjaan impian mudah dan efektif bersama JobStreet!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.