Masa Depan Dunia Kerja, Ini 6 Digital Skills yang Wajib Dikuasai

Masa Depan Dunia Kerja, Ini 6 Digital Skills yang Wajib Dikuasai
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 14 February, 2023
Share

Seiring dengan majunya ilmu pengetahuan, teknologi yang berfungsi untuk memudahkan hidup manusia juga ikut berkembang. Di zaman yang serba digital, hampir semua orang sudah memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk penggunaan internet.

Tingginya kebutuhan dan ketergantungan atas internet dapat dilihat sebagai sebuah peluang emas, terutama dalam dunia kerja. Dengan menguasaidigital skills, siapa pun dapat mengambil kesempatan terbaik dari semua yang ditawarkan.

Sebagai kandidat terbaik, tentunya kamu perlu melek digital dan memahami situasi dan permintaan pasar dunia kerja saat ini. Menjamurnya posisi dan jenis pekerjaan baru di bidang digital membuka berbagai macam peluang, terutama bagi kandidat yang selalu mau belajar.

Penasarandigital skillsapa saja yang perlu kamu kuasai agar lebih unggul di antara banyaknya pelamar? Baca terus artikel ini!

Skillsyang Dibutuhkan di Masa Depan

Beberapa tahun belakangan, topik seputar revolusi industri 4.0 sedang gencar diperbincangkan. Generasi muda juga sering disarankan untuk mempersiapkan diri agar tidak kalah saing. Tapi, apa sih sebetulnya revolusi industri 4.0 itu?

Revolusi industri 4.0 adalah perubahan tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologicyber. Revolusi ini sangat bergantung pada sistem komputer dan informasi. Jadi, internet memiliki peran yang penting dalam revolusi industri 4.0.

Dilansir dari Future of Recruitment Report, pesatnya kemajuan teknologi juga mempermudah kandidat dalam mencari pekerjaan dan riset seputar perusahaan. Hal ini biasanya dilakukan melalui website perusahaan dan portal kerja online seperti JobStreet.

Supaya bisa bersaing, tentunya kamu harus menguasaiskillyang dibutuhkan di masa depan, termasuksoft skilldanhard skill.Soft skilldapat meliputi kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, dan berpikir kritis. Sementara, kemampuan teknis yang bisa langsung dipraktikkan dalam pekerjaan adalahhard skill.

Selain menguasai duaskilltersebut, memilikidigital skillsjuga dapat membantu seorang kandidat untuk tampil menonjol. Perhatikan dan kuasai 6digital skillsdi bawah ini agar kamu adalah jadi satu kandidat terbaik di industri digital.

Kompetensi literasi digital

Setelah memahami revolusi industri 4.0 dan pentingnya internet, kamu perlu membekali diri dengandigital skillsyang sangat dibutuhkan oleh hampir setiap perusahaan. Berikut adalah 6digital skillsyang bisa kamu pelajari untuk mencari pekerjaan di bidang digital.

  • Pemahaman atas IoT

IoT atau Internet of Things adalah sebuah teknologi yang dapat menghubungkan perangkat tertentu ke dalam jaringan internet. Perangkat atau benda ini akan ditanami teknologi seperti sensor atausoftware, agar bisa berkomunikasi, mengendalikan, hingga bertukar data dengan perangkat lain melalui internet.

IoT memiliki banyak kelebihan, termasuk meningkatkan produktivitas kerja, memaksimalkan proses manajemen, hingga memudahkan aktivitas sehari-hari manusia. Oleh karena itu, sebelum terjun pada dunia pekerjaan digital, penting bagi kamu untuk mengenal IoT.

Salah satu bentuk IoT yang banyak digunakan adalah aplikasi layanan pesan-antar makanan online. Biasanya, kegiatan memesan makanan harus dilakukan secara fisik. Namun, dengan bantuan IoT, pelanggan dapat memesan makanan secara online.

  • Website development

Jika telah memahami cara IoT bekerja, kamu dapat memaksimalkan kemampuan tersebut dengan memiliki skill website development. Website development adalah kemampuan seseorang dalam mengembangkan website yang menjadi sumber informasi suatu perusahaan.

Website berfungsi sebagai wadah atau media bagi suatu perusahaan untuk menyampaikan informasi, termasuk menjual produk barang atau jasa. Website dengan performa yang baik bisa meningkatkan peminat produk secara efektif.

Dalam menguasai kemampuan website development, kamu juga perlu memahamiskill codingatau pemrograman.Codingberfungsi untuk mengelola data dan informasi yang hendak ditampilkan agar dapat diakses oleh masyarakat umum melalui internet.Kamu bisa cek pekerjaan sebagai Web Developer di sini.

Baca juga: 4 Skill Penunjang Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan

  • Data analytics

Perusahaan saat ini sebagian besar sudah memanfaatkan berbagai platform digital untuk memasarkan produk. Selain website, mereka juga menggunakan media sosial dan iklan digital. Skill mengenai analisis data menjadi hal penting untuk kamu kuasai.

Data analytics merupakan kemampuan untuk menganalisis data “mentah” dari berbagai platform tersebut menjadi informasi yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi perusahaan.

Pernahkah kamu mencari “salon terdekat” pada mesin pencarian, kemudian iklan tentang produk kecantikan muncul padatimelinemedia sosialmu? Hal tersebut merupakan hasil riset dan olah data menggunakan data analytics.

Melalui data analytics, perusahaan dapat memilikiinsightatau menarik kesimpulan secara rinci dan tepat, sehingga proses pengambilan keputusan dapat ditentukan dengan bijak. Selain itu, data analytics juga membantu perusahaan dalam mengembangkan produk yang paling diminati target konsumennya.

  • Digital marketing

Peran tim marketing tentu saja sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Secara umum, orang yang bekerja di bidang digital marketing bertugas untuk meningkatkan angka penjualan melalui internet.

Seorang digital marketing perlu mempertimbangkan dan merancang strategi pemasaran yang efektif pada media digital yang dimiliki perusahaan, sesuai dengan produk dan target pasar yang dituju.

Skill digital marketing juga memiliki beberapa spesialisasi, seperti social media marketing , online advertising ,hingga content marketing. Selain itu, bidang digital marketing juga berhubungan erat dengan bidang kreatif seperti graphic design dan content writing .

  • Search engine optimization (SEO)

Untuk memaksimalkan pemasaran, biasanya perusahaan akan merekrut seseorang yang memiliki spesialisasi pada bidangsearch engine optimizationatau SEO. SEO merupakan teknik yang dapat membuat website mendapatkan “ranking” teratas pada hasil pencarian mesin pencari.

Dengan memiliki ahlisearch engine optimization, suatu perusahaan dapat menentukan strategi terbaik untuk memunculkan websitenya di halaman pertama mesin pencari. Hal ini ditujukan agartrafficatau jumlah kunjungan website tersebut dapat meningkat.

Trafficwebsite dapat berpengaruh pada keakuratan data. Semakin tinggitrafficpada suatu website, data yang dihasilkan akan semakin banyak dan akurat. Selain itu,trafficyang tinggi juga dapat menjadi tolok ukur perkembangan suatu bisnis.

  • Project management

Terakhir, kemampuan project management merupakan salah satudigital skillsyang penting untuk kamu miliki. Project management adalah metode perencanaan dan pengelolaan sumber daya yang dapat digunakan perusahaan untuk menyelesaikan suatu proyek.

Kemampuan ini dapat melatih kamu mengasah beberapa keterampilan sekaligus, seperti kepemimpinan, berkomunikasi, bernegosiasi, hingga bekerja dalam tim. Seorang project manager bertanggung jawab untuk melakukan pembentukan strategi, pelaksanaan, pengawasan, hingga penutupan proyek.

Namun, seorangproject managerjuga harus memiliki pengetahuan atas tugas-tugas divisi yang bekerja sama dengannya. Hal ini dapat berguna untuk membantu berpikir secara solutif dalam memecahkan setiap masalah yang dihadapi oleh tim.

Selain itu, untuk menjadi seorangproject managertidak dituntut harus menguasai skill teknis dari tiap tim yang bersangkutan, tetapi setidaknya perlu memahami seperti apa prosedur penyelesaian suatuprojectdan mampu berpikir solutif untuk memecahkan setiap permasalahan yang dihadapi tim.

Baca juga: 6 Pekerjaan dengan Prospek Tinggi yang Dibutuhkan di Masa Depan

Cara mengasahdigital skills

Setelah mengetahuidigital skillsapa saja yang dapat membuatmu menjadi kandidat yangoutstanding, kamu pasti bertanya, “Bagaimana cara untuk menguasaidigital skillstersebut?”.

Kamu dapat memperkaya diri dengan mendaftaronline course.Sama halnya seperti kamu les Bahasa Inggris,online coursedapat membantu kamu menguasai satu atau beberapa keterampilan, dan dapat dilakukan dalam rentang waktu yang sama secara online.

Kamu akan disuguhkan dengan beberapa materi dalam bentuk video atau pune-book. Beberapaonline coursejuga menyediakan pemberian materi oleh ahli secarareal-timemelalui pertemuan online. Di akhir pertemuan, kamu akan menghadapi beberapa tes untuk menguji pemahamanmu selama belajar.

Biasanyaonline courseakan mematok harga tertentu bagi jumlah sesi yang ditawarkan. Namun, bagi kamu yang belum mau mengeluarkan biaya, JobStreet memiliki alternatifnya!

seekMAX dari JobStreet menawarkan kemudahan bagi kamu yang sedang ingin mengembangkan karir. Hanya dengan 5 hingga 10 menit, kamu dapat meningkatkan kemampuan kamu melalui video pembelajaran singkat yang mudah dimengerti.

Nikmati juga berbagai konten original pengembangan karir dalam Bahasa Indonesia hingga akses ke 37.000 lowongan pekerjaan setiap harinya. Semuanya dalam aplikasi JobStreet dan tersedia gratis!

Itulah tadi 6digital skillsyang perlu dikuasai agar dapat menjadi kandidat terbaik yangoutstandingdan dapat bersaing di tengah ketatnya persaingan lamaran kerja. Agar dapat memaksimalkan diri, jangan lupa untuk selalu terbuka dengan perkembangan teknologi.

Perhatikan juga dan tren perkembangan teknologi yang sedang berlangsung, agar pengetahuanmuup-to-datedan kamu bisa memberikan ide yangfreshke calon tempat kerjamu nanti. Tetap semangat dan jangan menyerah!

Jika kamu telah siap untuk melamar kerja, jangan lupa untuk memperbarui profil JobStreet dan mulai mencari pekerjaan di bidang yang paling cocok denganmu. Atau, kamu bisa mulai dengan mendaftar jika belum memiliki akun.

Jika kamu membutuhkan tips seputar membuat CV, tren pekerjaan, hingga penulisan suratresign, kunjungilah laman tips karir yang dapat membantumu berkembang.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi JobStreet di Apple App Store maupun Google Play Store !

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.