3 Kriteria Utama yang Diperhatikan Oleh HR!

3 Kriteria Utama yang Diperhatikan Oleh HR!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Kamu bingung, faktor apa saja yang paling dipertimbangkan oleh HR sebelum menerima kamu?

LiNa sampai nanya ke para HR perusahaan yang menayangkan iklan di JobStreet nih, untuk membantu kalian menaikkan peluang dipanggil ke tahap selanjutnya.

1. Pengalaman

Apa sih yang paling penting dari informasi pengalaman kamu? HR mementingkan berapa lama kamu bekerja pada bidang tersebut dan posisi kamu di pekerjaan sebelumnya. Jika kamu sering berpindah pekerjaan, hal tersebut akan menjadi pertimbangan bagi HR, mereka kemudian akan bertanya, “mengapa kamu terus berpindah pekerjaan?” Pertanyaan tersebut akan menimbulkan asumsi bahwa kamu seseorang yang bosenan, dan tidak bisa diandalkan.

Selain itu, tolong lebih diperhatikan ya para JobStreeters, ketika melihat kualifikasi yang diminta, jika lama pengalaman kamu itu tidak sesuai (kurang dari yang perusahaan minta) kemungkinan kamu tidak akan diproses ke tahap selanjutnya. Selain itu, kamu bisa melihat tips ini agar profil JobStreetmu semakin menarik

2. Pendidikan

Faktor ini akan menjadi cukup penting, apabila kamu belum memiliki pengalaman dalam bekerja. Jadi, jika kamu melamar pekerjaan yang bidangnya berlawanan dengan pendidikan kamu, kemungkinan kamu tidak akan diproses lebih lanjut oleh HR. Selain itu, tingkatan pendidikan kamu juga penting, misalnya: untuk posisi seorangmarketing managersetidaknya orang tersebut perlu menempuh pendidikan minimal S1, karena beban pekerjaan yang diberikan telah dipelajari dan dipahami oleh mahasiswa S1.

Untuk kamu yang masihfresh graduate, coba cek artikel ini tentang penulisan surat lamaran yang baik

3. Skills

Nah, ini nih!Skillmenjadi salah satu pertimbangan HR juga. Walaupun kamu memiliki pendidikan yang sesuai dan pengalaman yang menarik, kamu mungkin bisa kalah sama yang mempunyai skill yang lebih lengkap. Misalnya. Untuk menjadi seorang grafik desainer, selain diharapkan untuk bisa photoshop, sekarang kamu juga harus bisa membuat UI/UX. Oleh karena itu, kamu harus terusupdatedengan perkembangan teknologi dan ilmu baru di bidang yang ingin kamu tekuni. Kalau kamu mempunyai ilmu lebih tidak ada salahnya kan?

Bagaimana? Apa dengan begini kamu menjadi lebih paham apa yang menjadi pertimbangan seorang HR? Jika kamu sudah selesai menempuh pendidikanmu, kamu bisa memulai mengasah skill kamu, atau menambah pengalaman bekerja. Ayo mulai kembangkan lagi diri dan kariermu!

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.