4 Tips untuk Gen Z Memulai Karir di Industri Marketing 4.0

4 Tips untuk Gen Z Memulai Karir di Industri Marketing 4.0
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Pekerjaan di industri marketing memiliki prospek yang terbilang cerah di dunia kerja saat ini. Berdasarkan data Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, karir di bidang marketing akan meningkat 17% hingga tahun 2025 mendatang. Namun, hal ini tidak hanya terjadi di Amerika, tapi juga di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini karena hampir seluruh bisnis di dunia membutuhkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka miliki.

Maka dari itu, untuk kamu yang berminat bekerja di bidang marketing, akan ada banyak peluang kerja yang menantimu! Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang peran tim marketing,skillsyang dibutuhkan, dan prospek kerja di bidang ini.

Peran Marketing di Perusahaan

Peran tim marketing dalam suatu perusahaan merupakan satu hal yang bisa dibilang sangat esensial. Pasalnya, sebuah perusahaan tidak dapat berbisnis dengan menjual barang atau jasa dengan baik jika tidak dipromosikan. Tentu diperlukan suatu strategi dalam memasarkan produk mereka agar tujuan bisnis bisa tercapai dengan lebih terencana. Coba bayangkan jika kamu membuat sebuah tujuan dalam hidup tanpa membuat rencana mengenai cara mencapai tujuan tersebut, mungkin tujuanmu bisa tercapai, bahkan dalam waktu yang cepat kalau kamu beruntung. Tapi itu hanyalah kemungkinan kecil karena jika tanpa arah yang jelas, bisa jadi tujuan tercapai lebih lama atau bahkan tidak tercapai sama sekali.

Sama halnya dalam berbisnis. Kita tidak dapat hanya berjalan dan menunggu keberuntungan untuk datang, maka diperlukan adanya pembuatan rencana yang membuat tujuanmu lebih terukur. Seorang pemilik bisnis perlu mengetahui kapan usahanya bisa balik modal dan menghasilkanprofit. Salah satu caranya adalah dengan memiliki strategi marketing agar lebih terarah dalam menjalankan bisnisnya. Di sinilah tim marketing sangat berperan untuk membantu perusahaan mencapai target penjualannya dan mempertemukan konsumen dengan produk yang tepat.

Pekerjaan Marketing yangTrendingdi Era Digital

Di era digital sekarang ini, semua bisnis bergerak dengan sangat cepat secaraonline. Strategi marketing yang biasa saja tidak lagi cukup untuk bersaing dengan bisnis lain yang terus berkembang, maka dari itu menyusun strategi marketing perlu didukung dengan pengambilan keputusan yang cepat namun tetap mempertahankan kreativitas dan orisinalitasnya. Agar tetap relevan, ilmu marketing yang terdahulu perlu dimodifikasi dengandigital marketingagar dapat beradaptasi dengan lingkungan 4.0. Salah satu cara untuk menarik perhatian masyarakat yang sudah terbiasa dengan teknologi (atau disebut jugasociety5.0) adalah dengan membangunonline presencesebagai strategidigital marketingdari sebuah bisnis.

Semakin berkembangnya berbagaiplatformdigital untuk meningkatkan bisnis, banyak perusahaan yang membutuhkan sebuah tim marketing yang juga menguasaidigital marketing. Beberapa posisi marketing turut berubah baik dari peran dan namanya, menyesuaikan dengan perubahan zaman. Sebagai seorangmarketer,kamu tentunya juga perlu menyadari dan menyesuaikan diri supaya karirmu di bidang marketing semakin berkembang. Agar lebih jelas, simak beberaparolemarketing yang sering dibutuhkan dalam perusahaan berbasis digital saat ini.

  • Marketing Project Manager

Seorang Marketing Project Manager bertanggung jawab untuk membuat rencana bersama seluruh tim marketing, mengelola, serta melaksanakanprojectataumarketing campaignyang sudah dibuat untuk pemasaran. Posisi ini adalah pekerjaan yang membutuhkan pengalaman cukup banyak, karena seorang Marketing Project Manager setidaknya perlu mengerti keseluruhan proses marketing dari awal hingga akhir. Dengan mengerti keseluruhan prosesnya, seorang Marketing Project Manager dapat mengukur banyak waktu dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan sebuahmarketing campaign. Marketing Project Manager juga perlu menjaga alur pekerjaan agar sesuai dengan tenggat waktu, biaya, dan target daricampaigntersebut. Jika ini adalahroleyang kamu inginkan, JobStreet punya berbagai lowongan pekerjaan Marketing Project Manager yang mungkin cocok untukmu.

Skillsyang dibutuhkan:

  • Kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik
  • Time management
  • Budgeting
  • Kolaborasi lintas tim
  • Kemampuanproblem solving
  • Kemampuan organisasi (project organizing)

Rentang gaji: Rp 10.000.000 - Rp 15.000.000/ bulan

  • Product Marketing

Seorang Product Marketing memiliki tugas membuat rencana dan strategi marketing secara general untuk produk perusahaan. Product Marketing biasanya bekerja sama dengan timsalesuntuk memastikan pengetahuan mengenai produk tersampaikan dengan baik. Sedikitintermezzo,pada perusahaanstart-upposisi sales dan marketing tidak lah sama. Perbedaan sales dan marketing berada dioutput-nya; tim sales memiliki target untuk menghasilkanrevenuedengan berhadapan langsung dengan konsumen, sementara marketing membuat strategi di belakang layar untuk meningkatkanrevenue.Product Marketing turut bekerja sama dengan Product Manager untuk mengembangkan kualitas produk perusahaan berdasarkaninsightdari kebutuhan pasar atau pengguna. Cek di sini untuk menemukan lowongan kerja Product Marketing.

Skillyang dibutuhkan:

  • Kemampuan berempati untuk berkomunikasi dengan pelanggan
  • Critical and creative thinking
  • Researchdandata analysis
  • Mengerti tentangsales funnels
  • Perencanaan bisnis
  • Kemampuanproblem solving
  • Rentang gaji: Rp 7.000.000 - Rp 10.000.000/ bulan

  • Brand Marketing

Brand Marketing bertanggung jawab untuk membuat perencanaan dalam membangun relasi antarabrandatau citra perusahaan dengan pelanggan sehingga menaikkan nilaibranddi pasar. Tujuan Brand Marketing juga untuk membuatbrandperusahaan diingat dan dikenal baik oleh pelanggan. Strategi yang dibuat seorang Brand Marketer juga bisa dibuat berdasarkan hasil riset dan analisis yang telah dilakukan Product Marketer, sehingga cara yang digunakan untuk membangun hubungan dengan pelanggan akan efektif dan tepat sasaran dan serasi antara produk danbrandsecara keseluruhan. Berikut beberapa lowongan pekerjaan Brand Marketing.

Skillyang dibutuhkan:

  • Competitive analysis
  • Brand positioning
  • Brand strategy
  • Brand management
  • Internal communication

Rentang gaji: Rp 7.000.000 - Rp 10.000.000/ bulan

  • Content Marketing

Content Marketing akan bertanggung jawab untuk membuat konten-konten menarik yang sesuai dengan target pasar sebagai salah satu bagian dari strategi marketing. Konten yang dibuat tidak hanya sekedar menarik, tapi jugaengagingsehingga dapat mengajak pengguna untuk berinteraksi dan membangun relasi yang baik antarbranddan pengguna. Jika pekerjaan ini menarik bagimu, cek lowongan Content Marketing berikut ini.

Skillsyang dibutuhkan:

  • Content ideation
  • Basic editing skill
  • Mengerti tentangsales funnels
  • Perencanaan konten
  • Riset dan analisis tren
  • SEO (Search Engine Optimization)untuk bentuk konten artikel

Rentang gaji: Rp 5.000.000 - Rp 8.000.000/ bulan

  • Digital Marketing

Digital Marketer akan menjalankancampaignsecara digital melalui kanal-kanal yang telah ditentukan seperti,in-app marketing,iklan berbayar (paid ads) di Google, Facebook, atau Instagram. Digital Marketer akan menyesuaikancampaignyang telah dibuat kepada target market yang telah ditetapkan agarcampaignpemasaran mencapai target dengan optimal. Seorang Digital Marketer akan memonitorcampaignyang sedang berjalan sampai waktucampaignberakhir, kemudian menganalisa hasilcampaigntersebut. Berikut lowongan pekerjaan Digital Marketing yang bisa kamu cek.

Skillyang dibutuhkan:

  • Copywriting
  • SEO(Search Engine Optimization)dan SEM(Search Engine Marketing)
  • Ad strategy and budgeting
  • E-mail marketing (newsletterdanpromotion notification)
  • Conversion rate optimization

Rentang gaji: Rp 5.000.000 - Rp 8.000.000/ bulan

  • Community Marketing

Community Marketer bertugas untuk melakukan strategi pemasaran melalui komunitas pengguna produk atau jasa suatu perusahaan. Hal ini bertujuan untuk membangun dan mempertahankan hubunganbranddengan pengguna dengan lebih dekat dan membuka peluang untuk menambah konsumen melaluireferral. Timcommunity marketinghadir dalam komunitas sebagai jembatan komunikasi perusahaan dengan konsumennya dengan cara yang lebih interaktif, sehingga pelanggan akan merasa dihargai dan diharapkan dapat memberikan kesetiaan mereka pada produk atau jasa perusahaan. Beberapa lowongan pekerjaan Community Marketing dapat kamu cek di sini.

Skillyang dibutuhkan:

  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Kemampuan berorganisasi yang baik
  • Empati yang tinggi terhadap komunitas
  • Memiliki jiwa kepemimpinan
  • Up to datemengenai tren terkini

Rentang gaji: Rp 5.000.000 - Rp 8.000.000/ bulan

Baca juga: Makin Unggul sebagai Marketing Executive, Cek Keterampilan Ini!

4 Tips Memulai Karir di Bidang Marketing untuk Pemula

Setelah mengetahui penjelasan mengenai peran-peran marketing di perusahaan berbasis digital, kamu jadi lebih tau apa saja perbedaan perbedaan beberapa posisi marketing yang saat ini populer di dunia kerja. Jika kamu berminat untuk memulai karir di bidang marketing, ada baiknya untuk menyimak dulu beberapa tips berikut ini sebagai persiapan memasuki industri marketing.

  • Mengikuti pelatihan di bidang marketing

Kamu bisa mengikuti berbagai pelatihanofflinemaupunonlineuntuk mendapat sertifikasi di bidang marketing. Dengan begitu, maka kemampuanmu sudah teruji oleh organisasi yang kredibel, sehingga nantinya menaikkan nilai diri kamu sebagai pelamar. Kamu juga bisa memulai dengan mengikuti pelatihan gratis dari Jobstreet X FutureLearn dan memilih program pelatihan di bidang marketing.

  • Mengupdate CV

Pastikan untuk memperbarui CV-mu semenarik mungkin. Kamu juga bisa menjelaskan alasan kamu ingin memulai karir di bidang marketing. Jangan lupa juga sertakan kegiatan organisasi yang sekiranya berhubungan dengan pekerjaan marketing, contohnya sebagai staf media dan informasi yang mengatur media sosial organisasimu. Supaya ada gambaran, baca juga artikel JobStreet tentang cara membuat CVfresh graduateuntuk pekerjaan marketing.

  • Mulai melamar pekerjaan atau magang di bidang marketing

Mulailah melamar pekerjaan di bidang marketing yang kamu minati. Kamu bisa melamar di pekerjaan yang ditujukan untukentry-levelataufresh graduate. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk memulai dengan mengikuti program magang di ranah marketing. Dengan begitu kamu bisa belajar langsung dan meningkatkan potensi dilirik oleh perusahaan.

  • Perluasnetworking

Membangun dan memperluasnetworking mungkin terkesan menantang bagi lulusan baru. Namun, kamu bisa melalui dengan bergabung di komunitas, menghadirijob-fair,atau acara seminar yang banyak dihadiri senior-senior di industri marketing. Selain membangun relasi, kamu juga bisa berkesempatan belajar dari mereka.

Itulah sekilas penjelasan mengenai pekerjaan di bidang marketing yang saat ini populer di dunia kerja berbasis digital dan beberapa tips untuk kamu memulai karir di sana. Kamu bisa mencari pekerjaan di bidang marketing di JobStreet, dan jangan lupa untuk terlebih dahulu membuat akun JobStreetmu di sini. Jika kamu sudah memiliki akun, kamu bisa langsung perbarui profil JobStreet kamu untuk mulai melamar sekarang juga!

Untuk mendapatkan tips mencari kerja, tren industri terkini, dan informasi lainnya kunjungi laman Tips Karier. Unduh aplikasi mobile JobStreet di Google Play Store dan Apple App Store sekarang juga untuk pengalaman yang lebih mudah!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.