5 Hal Penting Diketahui Profesional Jaringan Komputer

5 Hal Penting Diketahui Profesional Jaringan Komputer
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Jaringan komputer atau yang dikenal secara global sebagaicomputer networkingmengatur hubungan antara komputer satu dengan yang lainnya.

Jaringan komputer merupakan penyangga utama teknologi informasi yang kita gunakan sehari-hari baik untuk bisnis maupun kehidupan pribadi. Terlebih dalam situasi kerja dunia pasca pandemi saat ini, ketika kita dihadapi dengan berbagai tantangan bekerjaremote,kebergantungan pada jaringan pun menjadi tinggi.

Karena itu, untuk bekerja di dunia IT tidaklah cukup hanya memahami cara satu komputer bekerja. Kamu perlu memahami konsep cara kerja jaringan komputer itu sendiri. Jika kamu ingin memulai karier di bidang IT, atau secara spesifik di bidang komputer jaringan, kamu bisa menyimak 5 hal penting berikut untuk menyegarkan pengetahuan tentang komputer jaringan!

Pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer adalah konsep hubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Dengan kata lain, jaringan ini mencakup interaksi informasi antara seluruh komputer yang ada di dunia.

Seiring berkembangnya kebutuhan, terlebih dengan situasi pandemi ini, jaringan komputer memiliki nilaidemandyang tinggi. Tidak hanya jaringan klasik yang disiapkan melalui kabel, sebagian besar kebutuhan jaringan komputer telah merambah ke sistem nirkabel (wireless).

Lingkup jaringan komputer yang perlu dikuasai

Terlepas ingin fokus pada komputer jaringan atau tidak, jika kamu berminat menggali kesempatan kerja di bidang IT, ada baiknya di 2021 ini kamu mengetahui konsep dasar jaringan. Hal ini termasuk jenis-jenis jaringan klasik, serta jenis layanan dan aplikasinya.

Jika kamu ingin spesifik berkarier di bidang komputer jaringan, jelas kamu perlu menguasai cara kerja jaringan komputer yang teknis seperti manajemen kabel, topologi,routing,pengawasan dan analisis, hinggatroubleshootingjaringan.

Untuk berjaga-jaga jika ditanyakan oleh perekrut saat wawancara, pastikan kamu sudah memahami istilah-istilah dasar dalam jaringan komputer. Di antaranya:

  • Cloud
  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
  • DNS (Domain Name System)
  • Firewall
  • ICMP (Internet Control Message Protocol)
  • OSI (Open Systems Interconnection)
  • IP (Internet Protocol), IPv4, IPv6, dan perkembangannya

Profesi di bidang jaringan komputer

Ada perannetworkadministratordannetwork engineeryang akan bekerja untuk sebuah komputer jaringan.Administratorlebih fokus pada pemeliharaan, penyelesaian masalah dan pekerjaan analisis. ( Klik untuk lowongan kerjanetwork administrator ). Sementara itu,engineermerancang dan menginstalasi jaringan serta menyelaraskan aspek bisnis dan teknologi dalam penggunaan jaringan. ( Klik untuk lowongan kerjanetwork engineer )

Selain bekerja untuk perusahaan layanan jaringan, profesi jaringan komputer juga banyak dicari oleh perusahaan atau bisnis besar untuk ditempatkan sebagai tenaga komputer jaringanin-house.Jika ingin menggelutinetworkingsecara independen, kamu bisa juga menawarkan jasa sebagai kontraktor jaringan untuk perusahaan-perusahaan.

Asalkan kamu punyaskilljaringan komputer, sedikit portofolio, kompeten dan mampu mengikuti pesatnya perkembangan IT, kamu dapat menentukan jenis pekerjaan yang sesuai denganvaluedanpassion-mu sendiri. (Baca tips menemukan pekerjaan tepat di sini.)

Jenis jaringan komputer dasar yang umum dIgunakan

Ada 3 jenis jaringan komputer dasar yang paling umum digunakan yakni WAN (Wide Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan (Local Area Network) LAN. Ketiga jenis ini dibedakan berdasarkan skema hubungan antar-komputernya.

WAN atauwide area networkadalah jaringan komputer dengan area geografis yang luas dengan maksimal radius 1000 km. Karena itu, jaringan ini biasanya mampu meliput satu hingga beberapa negara sekaligus. Jaringan ini memiliki media pengantar satelit atau kabel bawah laut dengan topologi jaringan yang kompleks.

MAN ataumetropolitan area networkadalah jaringan komputer yang menggabungkan beberapa jaringan kecil menjadi satu area geografis tertentu. Cakupannya bisa menjangkau antar wilayah dalam satu provinsi. Misalnya, jaringan ini dapat menghimpun informasi satu perusahaan dari lima kantor cabangnya di Jabodetabek.

LAN ataulocal area networkadalah jaringan komputer dalam area kecil dengan radius berkisar 1 km. Biasanya LAN digunakan oleh institusi di satu gedung tertentu misalnya sebuah kantor atau rumah sakit. Media pengantarnya bisa dengan jaringan kabel atau nirkabel (wireless) yang biasanya disusun dalam topologi jaringan sederhana.

Perkembangan Jaringan Komputer di 2021

Seperti cabang lainnya di bidang IT, jaringan komputer dan penerapannya akan terus bergerak dengan inovasi baru. Jika sedang ditanyai soal jaringan komputer saat wawancara kerja misalnya, pastikan kamu tahu tren jaringan di 2021 ini seperticloud,SD-WAN, dan SASE.

Sejak awal 2000-an, teknologicloudmulai banyak dicari dan dimanfaatkan individu maupun institusi atau perusahaan. Sejak pandemi 2020 kemarin, kebutuhan ini melonjak berkali lipat dengan migrasi lingkungan kerja dariofflinekeonline.Di sisi lain, secara hitung-hitungan perusahaan sudah bisa migrasi kecloudtanpa merogoh kocek besar. Karenanya, jaringan komputer di masa depan ditaksir cenderung mengandalkancloud.

SD-WAN adalah penerapan SDN (Software-Defined Networking) pada jaringan WAN yang sudah ada sebelumnya. SDN diketahui dapat memberikan kemulusan, fleksibilitas, dan keamanan yang tinggi. Maka, penerapan SD-WAN dapat menjadi solusi bagi perusahaan yang timnya terpisah-pisah secara geografis, tetapi juga ingin menyelesaikan pekerjaan secararemotedengan datareal-time.

SASE (Service Access Security Edge) atau yang dikenal juga dengan sistem keamananedgemerupakan salah satu garda depancybersecurityyang kini naik daun. Dengan meningkatnya kebergantungan pada jaringan, meningkat pula risiko keamanan daring yang perlu diantisipasi. Dengan tenaga kerja yang bekerja secara terpisah-pisah, dengan gawai dan jaringan yang berbeda-beda pula, sistemedgemampu mengamankan keseluruhan jaringan.

Sudah siap belajar jaringan komputer? Apakah kamu sedang memupuk pengetahuan IT dasar? Atau, memang berambisi meniti karier di bidangcomputer networking? Semoga tulisan ini dapat menjadi penyegaran informasi untukmu!

Jika kamu ingin terlihat segar sebagai tenaga ahli IT, update terus perkembangan kerja danskilljaringan komputer kamu di profil JobStreet. Pantau peluang karier di bidang IT melalui situs kami atau aplikasi mobile kami.Tambah juga ilmu mengenai karier dengan membaca artikel tips karier di sini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.