5 Pekerjaan di Perpustakaan untuk Kamu Pertimbangkan

5 Pekerjaan di Perpustakaan untuk Kamu Pertimbangkan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Ketika mendengar kata “perpustakaan”, kebanyakan orang akan langsung membayangkan seseorang berkacamata berkutat dengan buku-buku. Itu memang wajar, namun perlu diketahui juga bahwa melaksanakan program kerja perpustakaan tidak selalu mengurusi buku, tetapi juga mencakup banyak bidang hingga hubungan masyarakat.

Jika kamu sedang mencari lowongan kerja perpustakaan, jangan khawatir! Kami telah menyediakan daftar lima pekerjaan untuk kamu pertimbangkan!

  • Pustakawan

Tentu saja ini adalah pekerjaan yang langsung terbayang ketika mendengar kata “perpustakaan”. Pustakawan bertugas untuk mengurus segala urusan administratif perpustakaan. Karena itu, kamu harus merupakan orang yang teliti jika ingin melamar untuk pekerjaan ini.

Biasanya, lowongan kerja pustakawan selalu menaruh detail bahwa lulusan S1 Ilmu Perpustakaan akan memiliki nilai plus. Jika kamu adalah lulusan prodi tersebut dan tertarik untuk melamar kerja, tunggu apa lagi? Jika kamubukanlulusan dari prodi tersebut, jangan langsung berkecil hati juga! Kamu akan tetap bisa menarik perhatian perekrut dengan menunjukkan keahlianmu yang relevan dengan posisi pustakawan. Itulah pentingnya menyesuaikan CV dan resume dengan tiap pekerjaan yang ingin dilamar.

  • Web administrator

Siapa bilang bekerja di perpustakaan hanya berkutat dengan buku? Di zaman yang serbaonlineseperti sekarang, kemampuan mengelola website sudah merupakan suatu kebutuhan.

Web administratorakan bertugas untuk memelihara situswebperpustakaan, meninjau dan/atau memperbarui kontenwebsite, hingga memperbaikiserverjika ditemukan masalah. Karena itu, tentunya seorangweb administratorperlu memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai pengelolaanwebsite.

Posisi ini sangat cocok jika kamu menguasai ilmu IT namun tetap ingin bekerja sambil dikelilingi buku!

  • Juru arsip

Biasa disebut sebagaiarchivistdalam bahasa Inggris, juru arsip adalah orang yang berperan dalam mengelola arsip-arsip bersejarah seperti dokumen, film, dan barang-barang lainnya. Selain di perpustakaan, juru arsip bisa bekerja di museum pula!

Pekerjaan juru arsip juga tidak hanya mengelola arsip, namun juga mencakup memberi bantuan pada pengguna arsip, membuat pedoman untuk akses publik di perpustakaan dan/atau museum tempatnya bekerja, hingga membantu merencanakan pameran. Ketelitian dan ketelatenan dalam bekerja sangat diperlukan untuk posisi ini.

  • Konsultan perpustakaan

Biasanya, posisi ini juga disebut sebagai “konsultan informasi”. Konsultan perpustakaan ini cukup unik, karena kamu bisa tidak terikat kepada satu perpustakaan saja. Seorang konsultan perusahaan akan bertugas memberi bimbingan atau pelatihan yang dibutuhkan oleh sebuah perpustakaan. Karena itu, kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk posisi ini.

Berbeda dengan 4 posisi lain yang terikat kepada perpustakaan tempatnya bekerja, kamu bisa membuka usaha sendiri sebagai seorang konsultan perpustakaan, lho!

  • Direktur perpustakaan

Seperti badan-badan organisasi, perpustakaan juga memiliki direktur. Tugas direktur perpustakaan adalah mengawasi jalannya alur pekerjaan, merencanakan acara-acara publik untuk menjaga hubungan dengan masyarakat, hingga membuat rencana jangka panjang perpustakaan yang dikelolanya. Sebagai yang memegang posisi tertinggi, direktur perpustakaan juga menaungi seluruh staf perpustakaan.

Untuk melamar kerja menjadi direktur perpustakaan, biasanya dibutuhkan gelar S2 dalam Ilmu Perpustakaan atau bidang yang serupa.

Dari lima posisi di atas, apakah kamu sudah mendapat program kerja perpustakaan yang menarik perhatianmu? Kalau sudah, ayo segera tulis resume dan CV untuk melamar di perpustakaan tujuanmu! Jangan lupa untuk selalu memodifikasi lamaran kerja sesuai dengan tiap posisi yang dilamar. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menunjukkan keahlian yang relevan dengan pekerjaan incaran!

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, pastikan kamu sudah memperbarui profil Jobstreet-mu, terutama jika kamu telah mendapat pengalaman baru. Tambahkan pula tagar #LangsungKerja agar perusahaan tahu jika kamu bersedia bekerja dengan segera. Temukan pekerjaan yang berarti untukmu dalam JobStreet. Untuk lebih banyak tips, berita, dan informasi lainnya, kunjungi laman Tips Karier kami.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia ,gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.