5 Pekerjaan di Pesisir Indonesia yang Mungkin Kamu Belum Tahu!

5 Pekerjaan di Pesisir Indonesia yang Mungkin Kamu Belum Tahu!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena terdiri dari beribu-ribu pulau, sebutan lainnya adalah negara maritim karena sebagian besar areanya merupakan perairan. Banyaknya pulau juga berarti banyaknya wilayah pantai dan pesisir. Pengelolaan dan pemanfaatan yang tepat dapat membuat nilai ekonomi yang tinggi di wilayah pantai dan pesisir.

Luasnya wilayah pesisir di Indonesia, membuat tingginya peluang pekerjaan di area pesisir. Simak 5 contoh pekerjaan di sekitar pantai dan pesisir berikut yang dapat kamu pertimbangkan!

  • Kontraktor Sipil

Pembangunan di sekitar pantai dan pesisir sangat diperlukan untuk membangkitkan kegiatan dan roda ekonomi. Infrastruktur yang memadai, secara otomatis dapat menciptakan lapangan kerja lainnya di wilayah pantai dan pesisir. Maka dari itu, pekerjaan sebagai kontraktor sipil mungkin bisa jadi pertimbangan untuk kamu jika ingin bekerja di area pesisir karena kebutuhannya masih sangat tinggi.

Kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi kontraktor sipil, umumnya adalah berlatar belakang pendidikan Teknik Sipil. Tetapi, khusus untuk keperluan pembangunan infrastruktur di wilayah pesisir, seperti; pelabuhan, dermaga, dan sebagainya, membutuhkan latar belakang Teknik Kelautan karena konstruksi laut yang berbeda memerlukan penelitian khusus oleh ahli bidangnya.

Sebagai seorang Kontraktor Sipil kamu akan bertanggung jawab penuh terhadap proyek yang akan dilaksanakan. Kemudian, melakukan pengadaan material dan jasa sesuai ketentuan, dan juga membuat seluruh laporan pekerjaan. Jika kamu tertarik menjadi kontraktor sipil, kamu bisa langsung kunjungi website JobStreet.

  • Aquaculture Technical Support

Aquacultureatau akuakultur, disebut juga sebagai budidaya perikanan. Serupa dengan pertanian yang tujuan akhirnya adalah hasil panen, akuakultur juga bertujuan menghasilkan panen. Namun, perbedaannya akuakultur terletak pada prosesnya yang dilakukan di air tawar dan juga air laut.

Seorangaquaculture technical support, bertanggung jawab untuk mempersiapkan, menghitung, dan memonitor seluruh kebutuhan serta proses dari budidaya hingga masa panen. Kemampuan yang sangat diperlukan adalah pengetahuan seputar budidaya ikan, yang biasanya dimiliki oleh lulusan Teknik Kelautan dan Perikanan. Cek JobStreet sekarang untuk lowongan bidang akuakultur yang mungkin kamu senangi.

  • Travel Consultant

Wilayah pantai dan pesisir, kerap dijadikan salah satu destinasi para wisatawan. Hal ini merupakan peluang bagi bisnis tur dan perjalanan wisata. Hal ini, menjadi peluang juga untuk pekerjaan di bidang pariwisata, salah satunyatravel consultantatau Konsultan Perjalanan. Tugas seorangtravel consultantadalah membuat rencana dan mengatur perjalanan untuk konsumen yang telah disesuaikan dengan kebutuhannya. Dalam membuat rencana perjalanan, seorangtravel consultantjuga akan menjual transportasi, akomodasi, serta paket wisata untuk pelanggan.

Kualifikasi yang dipertimbangkan untuk menjaditravel consultantadalah komunikasi yang sangat baik, pengetahuan mengenai rekomendasi tempat wisata, dan juga kemampuan berbahasa asing yang baik karena tidak jarang berhadapan dengan wisatawan asing. Berikut beberapa rekomendasi pekerjaantravel consultantyang dapat kamu lihat di Jobstreet.

  • Tour Guide

Menjaditour guideatau pemandu wisata di wilayah pesisir yang tinggi akan kegiatan pariwisata, dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih pekerjaan. Seorang pemandu wisata bertanggung jawab untuk menjelaskan secara detail mengenai suatu tempat wisata. Kemampuan komunikasi yang baik, pembawaan yang menyenangkan dalam menjelaskan mengenai seluk beluk suatu budaya, serta kemampuan bahasa asing, merupakan bahan pertimbangan untuk menjadiTour Guide.JobStreet memiliki beragam lowongan sebagai tour guideyang mungkin kamu minati, cek sekarang melalui website atau aplikasinya!

  • Manager

Setiap industri pariwisata akan membutuhkan pengelola agar perusahaan ataupun bisnisnya dapat berjalan dengan lancar. Dalam hal ini, seorangmanagerakan sangat diperlukan untuk mengatur operasional dari sebuah restoran dan/atau tempat penginapan di wilayah pesisir. Tanggung jawab sebagaimanagersangatlah besar karena ia akan mengatur, memonitor, menganalisa, dan membuat laporan mengenai bisnis tersebut.

Bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan Tata Boga, Kepariwisataan, Perhotelan, dan/atau sejenisnya, akan sangat diuntungkan jika tertarik dengan pekerjaan ini. Tentunya, pengalaman pekerjaan di bidang serupa juga menjadi pertimbangan sang rekruter. Segera kunjungi JobStreet untuk lowonganmanager yang mungkin kamu suka!

Tentunya masih banyak pilihan karier lainnya di wilayah pesisir yang dapat kamu cek langsung melaluiwebisteataupun aplikasi JobStreet. Mulailah dengan membuat profil di JobStreet untuk mencari pekerjaan yang kamu inginkan dan jangan lupa untuk selalu memperbarui profil JobStreetmu. Kamu bisa tambahkan #LangsungKerja agar langsung dilirik perusahaan impian kamu.

Kunjungi laman Tips Karier di situs JobStreet untuk tips dan informasi seputar karier lainnya.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.