Apa Itu Accounting Clerk? Cek Jenjang Kariernya di Sini!

Apa Itu Accounting Clerk? Cek Jenjang Kariernya di Sini!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

 jenjang karier accounting clerk

Accounting clerk, yang kadang juga disebutaccounting staff,bertanggung jawab atas pembukuan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dalam jenjang kariernya, seorangaccounting clerkbiasanya bekerja dengan seorangsenior accountantdan bekerja dibawahaccounting supervisoratauaccount manager.

Panduan Lengkap Jenjang Karier Accounting Clerk

Apa yang dikerjakanaccounting staff?

Tanggung jawabaccounting clerksecara umum meliputi:

  • Dokumentasi dan arsip setiap transaksi keuangan
  • Melakukan pembukuan dan membuat laporan keuangan secara rutin sesuai standar pelaporan perusahaan atau organisasi
  • Menyusun rencanabudgetkeuangan perusahaan
  • Meninjau dan menganalisis laporan keuangan
  • Memberikan rekomendasi berdasarkan hasil analisis laporan keuangan dan laba rugi
  • Memeriksa dan melakukan verifikasi dokumen yang berhubungan dengan transaksi keuangan
  • Melakukan rekonsiliasi dan penyesuaian data transaksi keuangan

Berapa estimasi gajiaccounting staff?

Besarnya gaji seorangaccounting clerkbervariasi, namun secara umum gajinya sekitar Rp4.000.000,00-Rp9.000.000,00 per bulan. Kisaran gajiaccounting clerkjuga bervariasi berdasarkan industri, contohnya dalam industri perbankan kisaran gajiaccounting clerkadalah Rp7.000.000,00-Rp9.000.000,00 per bulan dan kisaran dalam industri FMCGs adalah Rp8.000.000-Rp15.000.000 per bulan. Sedangkan pada industri logistik dan pergudangan, kisaran gajiaccounting staffadalah Rp6.500.000-Rp9.000.000 per bulan dan kisaran dalam industri telekomunikasi adalah Rp5.000.000-Rp13.000.000.

Faktor lain yang mempengaruhi gajiaccounting clerk, seperti pengalaman, besarnya perusahaan, dan Upah Minimum Regional (UMR) yang ditetapkan pemerintah. Hal-hal ini perlu kamu pertimbangkan ketika ingin membangun karier sebagai akuntan.

Bagaimana jenjang karieraccounting staff?

Sebagai accounting clerk atau staf, kamu dapat melanjutkan karier sebagaisenior accountantsetelah memiliki pengalaman beberapa tahun. Kemudian, kamu juga dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya, seperti menjadi accounting supervisor atau accounting manager. Dengan pengalaman dan sertifikasi yang tepat, kamu bahkan dapat menjadi seorangchief financial officer(CFO) atauchief operating officer(COO).

Selain itu, kamu juga dapat melanjutkan karier dengan fokus terhadap bidang tertentu. Apabila kamu mendapatkan sertifikasi audit, kamu dapat melanjutkan karier sebagai auditor internal atau eksternal. Bila kamu mendapat sertifikasifinancial planning, kamu dapat melanjutkan karier sebagaifinancial planner. Kamu juga dapat melanjutkan karier sebagaifinancial analystsetelah memiliki pengalaman dan sertifikasi yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

Apa saja persyaratan menjadiaccounting staff?

Keterampilan

Ada beberapa keterampilan yang akan kamu butuhkan sebagaiaccounting clerk. Beberapa keterampilan itu meliputi:

  • Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi meliputi komunikasi lisan dan tulis. Sebagaiaccounting clerk, kamu akan berkomunikasi terus-menerus dengan rekan-rekan kerja dan atasanmu. Kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu menjaga kelancaran pekerjaan.

  • Manajemen waktu

Kamu juga butuh kemampuan manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu yang baik akan membantumu mencapaiwork-life balancedan mengerjakan seluruh tanggung jawabmu. Sebagaiaccounting clerk, kamu mungkin akan seringmultitaskingkarena beban pekerjaan yang tidak sedikit.

  • Ketelitian

Karena kamu bertanggung jawab atas keuangan perusahaan atau organisasi, ketelitian sangat diperlukan. Kamu perlu sangat teliti ketika mengerjakan pembukuan sehingga dapat menghasilkan laporan yang akurat.

  • Akuntansi dan komputer

Tentunya, kamu harus mengerti akuntansi. Kamu juga harus bisa mengerjakan tugas-tugasmu menggunakan berbagaisoftwaredan menghasilkan laporan yang sesuai dengan standar perusahaanmu.

Pendidikan

Untuk menjadiaccounting clerk, kamu membutuhkan gelar sarjana di bidang akuntansi, ekonomi, manajemen, atau diploma dalam bidang yang berkaitan. Untuk naik ke jenjang karier selanjutnya, seorangaccounting clerkmungkin perlu melanjutkan pendidikan untuk mendapat gelar magister di bidang akuntansi.

Sertifikasi

Umumnya lowongan kerja hanya membutuhkan gelar sarjana atau diploma dengan pengalaman saja. Namun, memiliki sertifikasi di bidang akuntansi dapat meningkatkan peluang kerjamu dan membuatmu lebih menonjol dibanding kandidat-kandidat lain. Ada beberapa sertifikasi yang bisa kamu dapatkan untuk meningkatkan potensimu.

  • Certified Public Accountant (CPA)

Certified Public Accountant (CPA) adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Pemegang sertifikasi ini dapat bekerja di bidang mana saja, namun umumnya, mereka bekerja di bidang audit eksternal dan perpajakan. Selain itu, kamu juga dapat membuka kantor layanan akuntan publik jika telah memiliki sertifikasi ini.

  • Certified Management Accountant (CMA)

Certified Management Accountant (CMA) adalah sertifikasi yang diberikan kepada akuntan manajemen dan dikeluarkan oleh Institute for Certified Management Accountant (ICMA). Untuk mendapatkan sertifikasi ini, kamu dapat mencari tahu lebih lanjut di IPMI International Business School yang merupakan representatif resmi dari ICMA. Sertifikasi ini juga sangat berguna apabila kamu ingin menjadiChief Operating Officer(COO) atauChief Financial Officer(CFO).

  • Sertifikasi PSAK

Sertifikasi PSAK atau CPSAK adalah sertifikasi akuntan atas penerapan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Indonesia. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Untuk mendapatkan sertifikasi ini, kamu harus melakukan US PSAK atau Ujian Sertifikasi Pernyataan Standar Keuangan di Indonesia.

  • Qualified Internal Auditor (QIA)

Apabila kamu ingin memperluas kesempatan kerja atau tertarik untuk menjadi auditor, kamu sebaiknya memiliki sertifikasi ini. Di Indonesia, sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) dikeluarkan oleh Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA).

  • Chartered Financial Analyst (CFA)

Chartered Financial Analyst (CFA) adalah sertifikasi akuntan di bidang analis keuangan yang dikeluarkan oleh CFA Institute. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, kamu harus menyelesaikan tiga level ujian dan memiliki minimal total pengalaman kerja sebanyak 4000 jam selama minimal tiga tahun berturut-turut. Sertifikasi ini dapat membantumu jika ingin melanjutkan karier sebagaifinancial analyst.

  • Certified Financial Planner (CFP)

Certified Financial Planner (CFP) adalah sertifikasi perencana keuangan yang diakui secara internasional. CFP dikeluarkan oleh Financial Planning Standards Board (FPSB) dan terdiri dari empat tahapan. Sertifikasi ini dapat membantumu jika ingin melanjutkan karier sebagaifinancial planner.

Pengembangan jenjang karieraccounting clerk

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan sebelum melamar pekerjaan di bidang akuntansi.

  1. Raih gelar sarjana (S1)

Untuk menjadiaccounting clerkkamu akan membutuhkan gelar sarjana di bidang akuntansi, ekonomi, manajemen, atau diploma di bidang akuntansi. Kebanyakan perusahaan menerima gelar diploma apabila kamu sudah memiliki pengalaman sebagaiaccounting staffatauclerk.

2. Melakukan Kegiatan Magang

Kegiatan magang akan membuatmu lebih menonjol dibanding kandidat lain, terutama jika kamu adalah seorangfresh graduate. Carilah kegiatan magang untuk menambah pengalamanmu di bidang akuntansi.

3. Dapatkan sertifikasi

Ada banyak sekali sertifikasi akuntan di Indonesia. Berusahalah untuk mendapatkan salah satu sertifikasi tersebut sehingga kamu dapat menjadi kandidat yang unggul dibanding kandidat-kandidat lain.

4. Perbarui resume atau CV

Jangan lupa untuk memperbarui resume atau CV sebelum melamar pekerjaan. Buatlah dengan jujur dan pastikan semua informasi di CV atau resume-mu akurat.

5. Mengikuti pelatihan

Kamu dapat melatih keterampilan dengan pelatihan keterampilan kerja. JobStreet berkolaborasi dengan FutureLearn untuk memberikan kamu kesempatan untuk melatih keterampilan kerja secara gratis.

Contoh CVaccounting clerk

Tunjukkan pengalaman dan sertifikasimu di CV atau resume. Berikut adalah contoh resume atau CV yang dapat kamu buat. Buat resume semenarik mungkin. Ingat, pastikan resumemu mudah dimengerti dan akurat.

Adinda Hafizh

+6281255441234/ [email protected]

Jl. Suryo No. 3, Jakarta

KarierAccounting ClerkPT Ira Jaya, Tbk (2019 - saat ini)
  • Membuat laporan keuangan bulanan
  • Membuat invoice penjualan
  • Menginput data jurnal akuntansi
Accounting StaffPT Agung Sinar Jaya, Tbk (2017 - 2019)
  • Membuat laporan keuangan bulanan
  • Membuat invoice penjualan
  • Menginput data jurnal akuntansi
Kemampuan
  • Mengoperasikan Microsoft Office
  • Mengoperasikan QuickBooks
  • Bahasa Inggris tulis dan lisan (IELTS 2020 - 7.5)
Pendidikan Terakhir
  • Sarjana Akuntansi
Universitas Indralaya (2014-2017)Sertifikasi
  • Certified Public Accountant (CPA)
Institut Akuntan Publik Indonesia (2019)
  • Sertifikasi PSAK
Ikatan Akuntan Indonesia (2018)

Setelah membuat CV, langsunguploadke JobStreet dan jangan lupa untuk memperbarui profil agar perekrut dapat melihat potensimu. Perbaruilah profilmu setiap mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Tunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik!

Jangan lupa untuk mengunjungi situs JobStreet untuk mencari lowongan pekerjaan. Kamu juga dapat mencari lowongan melalui aplikasi JobStreet. Unduh aplikasinya melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.