Apa itu Sales? Kenali Pekerjaan dan Tipe-Tipenya Berikut Ini!

Apa itu Sales? Kenali Pekerjaan dan Tipe-Tipenya Berikut Ini!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Pada dasarnya, jika kamu pernah terlibat dalam proses jual-beli, baik di sebuah toko, pameran, atau dalam kegiatan penawaran jasa, istilahsalesmungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Seseorang yang bekerja sebagaisalesbertugas untuk menjual produk dari perusahaan tempatsalestersebut bekerja. Bagi sebuah perusahaan, memiliki kondisi keuangan yang sehat dan mempertahankan pemasukan adalah hal yang sangat penting. Di sinilah peranan seorangsalesdibutuhkan untuk membantu perusahaan mencapai target penjualan mereka, namun juga memastikan konsumen menemukan produk yang tepat.

Jika kamu senang bertemu dengan orang baru, mendalami suatu produk, dan memperkenalkannya ke orang lain, bisa jadi kamu mempunyai keterampilan yang cocok untuk bekerja di bidangsales. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang pekerjaan sebagaisalesdan tipe-tipenya!

PerbedaanSalesdanMarketing

Salesdan marketing sebetulnya sangat bersinggungan, namun berbeda. Sering kali hal ini menimbulkan kebingungan tentang cakupan pekerjaannya. Sebelum terjun lebih dalam mengenai pekerjaansalesitu sendiri, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang posisisalesdi dalam perusahaan khususnya ketika disandingkan dengan marketing.

Secara sederhana, marketing dapat diartikan sebagai suatu sistem penjualan secara keseluruhan. Sebuah tim marketing dalam perusahaan terlibat dalam proses riset persona konsumen, perencanaan produk, penetapan harga, hingga pemasaran (branding)dari suatu produk.

Sementara,salesadalah tim yang menemui konsumen atau klien secara langsung dan menawarkan produk tersebut hingga terjadi transaksi. Sehingga, bisa dibilangsalesadalah ujung tombak dari terpenuhinya suatu proses penjualan. Biasanya, proses penjualan yang dilalui timsalesadalah mengidentifikasi pembeli potensial, menghubungi calon pembeli, memperkenalkan produk, meyakinkan calon pembeli, menjalani proses diskusi dan negosiasi, hingga membantu proses transaksi.

Salesdan marketing merupakan komponen yang sama-sama penting bagi perusahaan. Keduanya adalah bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target penjualan. Pekerjaan keduanya pun sering kali beririsan. Tim marketing dibutuhkan untuk memberikan pemahaman terhadap pasar secara keseluruhan dan menjelaskan keunggulan produk atauunique selling point(USP) yang sangat berguna untuk jadi “senjata” timsalesketika menawarkan produk. Sebaliknya, perspektif dari dari timsalespenting untuk mengetahui kondisi yang terjadi di lapangan, masukan langsung dari pembeli atau klien, dan membantu merancang kebijakan harga jual(price policy).

Tipe-TipeSales

Pekerjaan sebagaisalessendiri mengalami perubahan dari waktu ke waktu, seiring bertambahnya kebutuhan kita. Barang, jasa, atau model bisnis yang ditawarkan pun semakin beragam. Kegiatansalesterbentang mulai dari menawarkan pakaian, produk asuransi, hingga penempatan iklan di media digital. Seorangsalesbisa langsung menjual ke konsumen akhir (Business to Consumeratau B2C), bisa juga dari bisnis ke bisnis (Business to Businessatau B2B).

Meskipun kian berganti, secara garis besar proses penjualan yang dilalui lumayan mirip. Namun, memahami tipe-tipe sales secara mendasar cukup penting, supaya kamu bisa memilih tipesalesyang sesuai dengan kepribadian dan cara bekerjamu. Dengan demikian, kamu bisa lebih menikmati pekerjaannya dan memberikan performa yang maksimal. Perlu dicatat bahwa tipe-tipesalesini tidak selalu baku dan sangat mungkin untuk beririsan satu sama lain. Berikut tipe-tipesalessesuai dengan industrinya.

  • SalesRetail

Salestipe ini bekerja di bidang retail atau barang eceran yang biasanya kebutuhan sehari-hari konsumen. Barang yang dijual pun beragam, seperti pakaian, perlengkapan rumah tangga, alat elektronik, dan lain-lain.Salesretail bekerja langsung di tempat penjualan dan bertemu secara langsung dengan pelanggan yang berbeda-beda. Kesigapan dan pemahaman ragam produk yang dijual penting dimiliki olehsalesretail untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan spesifik dari pembeli. Biasanya tipesalesini memiliki hubungan jangka pendek dengan pembeli, yaitu sebatas pada waktu pembeli bertransaksi di toko.

  • SalesJasa Personal

Sesuai dengan namanya, tipesalesini menjual produk-produk jasa yang ditawarkan langsung kepada konsumen akhir. Produk yang dijual juga bisa beragam, contohnya produk asuransi, pengelolaan investasi, jasa berlangganan, dan lain-lain. Kemampuan membangun relasi emosional diperlukan untuksalestipe ini, karena biasanya prosesnya dapat berlangsung untuk jangka waktu yang panjang dan sering kali rasa aman dibutuhkan untuk produk tertentu. Sehingga, kemampuan untuk berempati dan kesabaran dalam menjalani proses untuk meyakinkan konsumen juga penting untuk dimiliki olehsalestipe ini.

  • SalesSpesialisasi

Tipesalesini adalah mereka yang memiliki pemahaman yang betul-betul mendalam di industri yang spesifik, misalnya industri otomotif, manufaktur, dan industri lainnya yang berkaitan dengan bahan-bahan mentah atau setengah jadi. Pastinya, tipesalesini perlu mempelajari tentang hal-hal teknis yang berkaitan tentang produknya dan sifat dari industri tersebut. Salah satu keunggulan menjadisalesspesialisasi adalah kamu bisa melihat lebih jelas seperti apa rencana karier ke depannya di industri tersebut. Akan lebih baik jika kamu memilih industri yang memang kamu minati, sehingga kamu bisa lebih menikmati proses berkarier sebagaisalesdi sana.

  • SalesKorporat(Corporate Sales)

Saleskorporat adalah tipesalesyang fokus dalam menawarkan barang atau jasa ke bisnis lain, bukan ke konsumen akhir. Contohcorporate salesadalah mereka yang menawarkan pasokan barang tertentu ke perusahaan lain, atau biasanya disebut juga sebagai perwakilan dari pihakvendoratausupplier. Jangka waktu kerja samanya bisa pendek, seperti per proyek, atau jangka panjang dengan pasokan rutin. Contoh lain darisaleskorporat adalahAccount Executive(atau biasa disingkat menjadi AE).Posisi ini cukup populer belakangan ini, dengan semakin banyaknya agensi kreatif dan kebutuhan untuk beriklan secara digital.Account executivebertugas untuk memahami kebutuhan klien dan menyampaikannya ke tim internal yang akan menjalani proses produksinya. Seorang AE juga bertugas untuk menjembatani antara klien dan tim internal, mulai dari proses presentasi, diskusi, eksekusi, hingga penyampaian laporan dari target tertentu ke klien. Kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan klien diperlukan untuksalesjenis ini, karena jika hasilnya memuaskan tidak menutup kemungkinan klien berkenan untuk bekerja sama lagi (repeat order).

  • SalesKonsultan

Tipesalesini biasanya memiliki pemahaman yang luas dari industri yang berbeda-beda. Biasanyasalesini berperan sebagai pemberi solusi bagi klien yang berkonsultasi dengannya tentang masalah atau kebutuhan tertentu. Selain pemahaman yang luas, penting bagisaleskonsultan untuk membangun koneksi dengan penyedia barang atau jasa lain untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan klien. Kemampuan mendengar dengan baik juga diperlukan untuk dapat memahami kebutuhan klien dan menghindari salah sasaran dalam pemberian solusi.

  • SalesBerbasis Komunitas

Tipesalesini adalah satu yang jumlahnya sedang bertambah.Salesini bertugas untuk bekerja sama dalam lingkup komunitas dan UMKM, seperti pemilik warung, pemilik usaha kuliner, pedagang rumahan, dan lain-lain. Maraknya penggunaan jasa belanjaonlineberkontribusi kepada bertambahnyasalestipe ini. Mereka biasanya memiliki target untuk mengajak pedagang (merchant)bergabung dan mengikuti aktivitas promosi dan program lainnya. Mirip dengansaleskonsultan,salesberbasis komunitas membantu mendatangkan solusi baik dari sisi penjualan komunitas maupun keuntungan perusahaan, sehingga model bisnis yang dijalani tipesalesini sedikit berbeda dengan tipesaleslain. Dengan berkembangnya bisnis dari komunitas, harapannya dapat membantu bisnis perusahaan berjalan dan mendatangkan keuntungan.

Keterampilan yang Perlu Dimiliki di BidangSales

Setiapsalestentunya memerlukan keterampilan yang berbeda sesuai dengan tipenya. Namun, ada beberapa keterampilan dasar yang penting untuk dimiliki oleh seorangsales,terutama jika kamu baru akan memulai kariermu di bidang tersebut.

  • Kemampuan berkomunikasi dengan baik

Hal ini cukup mendasar, namun sangat diperlukan agar tidak terjadi miskomunikasi antara pihak penjual dan pembeli. Memahami profil calon pembeli juga bisa menjadi patokan untuk memilih cara berkomunikasi yang baik.

  • Pemahaman produk

Apapun industrinya, seorangsalesperlu memahami produk yang akan dijual. Meskipun tidak sespesifiksalesspesialisasi, paling tidaksalesmemahami informasi krusial terkait produk yang dijual.

  • Kemampuan organisasi

Terkadang kegiatansalesmelibatkan banyak komponen, seperti penjadwalan dan pengaturan dokumen. Jika tidak diorganisir dengan baik, akan berpotensi menimbulkan hambatan seperti proses yang telat dari jadwal, ada dokumen yang hilang, atau ada hal yang lupa dipersiapkan. Apalagi, saat ini proses diskusi sering terjadi secaraonline, sehingga rentan terjadi kesalahan dalam mendokumentasikan hasil diskusi. Maka dari itu, kemampuan untuk mengorganisir proyek dengan rapih baik secaraonlinemaupun langsung sangat penting untuk dimiliki seorangsales.

  • Kemampuan bekerja sama dengan tim

Perlu dipahami bahwa secara keseluruhan, proses penjualan juga bisa terjadi berkat kerja sama dengan tim lain di luar timsales.Selain menjalin hubungan baik dengan konsumen, menjalin hubungan yang baik dengan tim internal juga penting. Dengan saling suportif dan mencoba memahami masalah satu sama lain dapat membantu proses pekerjaan menjadi lebih lancar.

Itulah penjelasan mengenai pekerjaan sebagaisales, tipe-tipesales, dan kemampuan dasar yang dibutuhkan seorangsales. Jangan lupa untuk memperbarui profil JobStreet dengan mengunggah CV atau resume kamu. Perbarui juga profilmu setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik!

Kunjungi situs JobStreet untuk mencari lowongan pekerjaan yang dapat membantumu mencapai kesuksesan karier. Tetap terhubung bersama kami kapan pun dan di mana pun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk kamu. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untukmu. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring, pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.