8 Manfaat Public Speaking untuk Menunjang Karirmu

8 Manfaat Public Speaking untuk Menunjang Karirmu
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 15 November, 2022
Share

Tahukah kamu kalaupublic speakingmerupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki?Soft skillini merupakan salah satu keterampilan paling serbaguna di dunia kerja. Mengapa? Karena ada banyak sekali manfaatpublic speaking.

Keterampilan ini juga tidak hanya diperlukan oleh mereka yang berhadapan langsung dengan publik, sepertisalesataumarketing. Teknik-teknikpublic speakingjuga dapat bermanfaat bagi mereka yang bekerja di luar industri tersebut dan bahkan untuk pencari kerja juga.

Sebelum mengetahui pentingnyapublic speaking, kamu harus mengetahui dulu apa itupublic speaking. Sederhananya,public speakingadalah komunikasi lisan yang dilakukan di depan umum. Contoh kegiatanpublic speakingyang umumnya kita temui adalah pidato dan presentasi. Tetapi, kemampuanpublic speakingtidak hanya digunakan untuk presentasi dan pidato saja, lho.

Seluruh kegiatan yang mengharuskan kamu berbicara di depan banyak orang membutuhkan kemampuanpublic speaking. Nah, penting sekali kan memiliki kemampuan ini. Yuk, lanjut baca agar kamu tahu pentingnya manfaatpublic speaking!

8 Manfaat Teknik Public Speaking untuk Karirmu

1. Menunjang proses wawancara

Ketika sedang mencari kerja, wawancara merupakan salah satu tahap yang sangat penting untuk dilalui. Wawancara kerja adalah kesempatan bagi pemberi kerja untuk menilai apakah kamu cocok untuk posisi yang kamu lamar. Nah, inilah kesempatanmu untuk menunjukan bahwa kamu cocok untuk posisi yang kamu incar. Dengan kemampuanpublic speakingyang baik, kamu tidak hanya bisa menunjukan kecocokan itu, kamu juga dapat terlihat lebih menonjol dibanding kandidat lain!

Walaupun kamu memenuhi kriteria dan syarat lamaran, kamu tetap perlu ‘menjual’ keterampilan dan kemampuanmu kepada pemberi kerja. Di sini lahskill public speaking-mu harus beraksi. Tunjukan kepada pemberi kerja bahwa kamu kandidat paling tepat!

2. Melancarkan penyampaian informasi

Bayangkan kamu bekerja di sebuah kantor. Ketika sedang rapat, kamu ditugaskan untuk mempresentasikan hasil kerjamu. Nah, presentasi seperti apa yang akan kamu berikan? Pasti kamu tidak mau memberikan presentasi yang jelek, kan?

Hasil kerja kerasmu dapat terlihat jelek apabila kamu tidak dapat menyajikannya dengan tepat. Maka, penting sekali kamu memiliki kemampuanpublic speakingyang baik. Dengan keterampilan yang terasah, manfaatpublic speakingkamu yaitu lebih mudah menyampaikan informasi, seperti hasil kerjamu, kepada berbagai pihak dengan baik dan akurat.

Nah, manfaatpublic speakingtidak hanya untuk kamu saja, kemampuan ini juga bermanfaat bagi orang lain di sekitarmu. Keterampilanpublic speakingyang buruk dapat menghalangimu dari memberi informasi yang tepat. Mungkin kamu gugup dan lupa apa yang harus kamu sampaikan. Mungkin kamu berbicara dengan terbata-bata sehingga orang-orang sulit mengerti perkataanmu. Semua ini adalah masalah yang dapat kamu hindari dengan melatih kemampuanpublic speaking-mu.

3. Skill dasar berkomunikasi dengan kolega dan atasan

Kemampuanpublic speakingyang baik akan memudahkan komunikasi dengan rekan kerja dan atasan. Bayangkan kamu sedang menghadiri acara kantor. Tentu kamu perlu mengobrol dengan orang-orang di acara itu. Cara kamu berbicara dengan kolega akan sedikit berbeda dengan caramu berbicara dengan atasan.

Dengan kemampuanpublic speakingyang baik, kamu dapat menemukan titik keseimbangan antara formal dan kasual, serta akrab dan profesional. Apabila kamu terlalu formal, kamu akan terkesan kaku. Terlalu kasual dan akrab? Atasanmu mungkin akan merasa kamu kurang sopan.

Kemampuanpublic speakingmempengaruhi pembawaan dan gaya berbicaramu ketika kamu berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarmu. Maka, penting sekali untuk melatih kemampuan ini agar kamu dapat menunjukkan citra yang kamu inginkan.

4. Memotivasi kolega dan bawahan

Ada saatnya ketika pekerjaan berjalan lancar, ada juga saatnya ketika pekerjaan tidak berjalan lancar. Ketika sedang ada masalah di tempat kerja, suasana cenderung memburuk dan tidak nyaman. Rekan-rekan kerjamu mungkin merasa stres, sedih, atau bahkan marah. Siapa sih yang suka suasana seperti ini? Nah, kemampuanpublic speakingyang baik dapat membantumu memperbaiki suasana ini. Tentu, kamu harus pintar-pintar melangkah. Jangan sampai usahamu justru memperkeruh suasana.

Dengan kemampuanpublicspeakingyang baik, kamu dapat mencairkan suasana yang tegang. Pada situasi seperti ini, pemilihan kata-kata sangatlah penting. Selain itu, caramu berbicara juga penting. Gunakan kemampuanpublic speaking-mu dan apa yang kamu ketahui tentang rekan-rekanmu untuk memotivasi dan membantu mereka menyelesaikan masalah.

5. Membangun komunitas dan jejaring

Kemampuanpublic speakingtidak hanya penting di tempat kerja saja. Membangun koneksi di luar tempat kerjamu sangatlah penting. Koneksi dalam industri akan sangat membantumu ketika kamu ingin membangun kerja sama atau bahkan pindah tempat kerja. Koneksi luar industri juga tak kalah penting!

Hal ini akan sangat membantu bila kamu ingin memulai karir di industri yang baru. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Mungkin kamu nyaman di tempat kerja sekarang, mungkin tidak. Mungkin kamu akan menemukanpassionbaru dan ingin bekerja di industri yang berbeda. Nah, tidak ada salahnya kan membangun jejaring yang luas?

Kemampuanpublic speakingtentu akan membantumu membangun hubungan-hubungan, tetapi kamu harus ingat untuk menjaga dan merawat hubungan dengan baik.

6. Memperlancar kerja sama

Kerjafreelance? Kerja kontrak?Part-time?Full-time? Tidak ada pekerjaan yang benar-benar dikerjakan sendiri. Dalam tahap mana pun, kamu butuh bekerja sama dengan orang lain. Bisa jarang, bisa sering, tetapi pasti ada. Bagaimana pun bentuk kerja sama yang kamu lakukan, kemampuanpublic speakingsangatlah berguna, terutama bila kamu bekerja sama dengan lebih dari satu orang di saat yang sama.

Rapat dan diskusi akan berjalan lancar. Kesepakatan mudah dicapai dan konflik terhindari. Semua ini dapat dicapai jika kamu menggunakan kemampuanpublic speakingdengan baik ketika berinteraksi dengan rekan-rekan kerja.

7. Penting untuk reputasi dan rekognisi

Siapa sih yang ingin reputasi buruk? Semua orang pasti ingin memiliki reputasi yang baik. Namun, membangun reputasi bukan sesuatu yang dapat dicapai dengan sekejap.Skill public speakingyang bagus dapat membantumu meraih reputasi yang baik.

Nah, mulai dari mana? Yang jelas, darifirst impressionatau kesan pertama! Kesan pertama sangat berperan besar dalam membangun reputasi. Apabila kesan pertamamu bagus, kamu akan lebih mudah menjaga dan meningkatkan reputasimu.

Keahlian ini juga dapat mendatangkan rekognisi, lho. Coba bayangkan, kamu sedang menonton seminar yang dibawakan oleh beberapa pembicara. Tentu kamu akan paling ingat dengan pembicara terbaik kan? Kemampuanpublic speaking-mu akan dilihat sebagai nilai plus oleh atasanmu. Siapa tahu, bisa saja kamu mendapat promosi karenaskillini, lho.

8. Mendukung saat kamu jadi mentor dan berbagi ilmu

Nah, kamu naik pangkat. Sekarang kamu memiliki bawahan yang harus kamu bimbing. Membimbing orang itu bukan tugas yang mudah, lho! Untuk menjadi mentor yang baik, kamu tidak bisa hanya memberi instruksi dan perintah saja. Kamu harus benar-benar membimbing, bukan hanya asalkan pekerjaan selesai saja.

Pastikan mereka yang menerima ilmu mengerti betul apa yang mereka kerjakan dan mengapa dikerjakan seperti itu. Sesuaikan cara membimbing berdasarkan karakter masing-masing orang. Di sini lah pentingnyapublic speaking, kamu harus bisa menemukan metode yang tepat agar ilmu yang kamu berikan dapat diterima dengan baik.

Public speakingmenjadi penting sekali ketika kamu harus memberi bimbingan ke beberapa orang di saat yang sama. Kamu harus mencapai keseimbangan antara menjadi pengajar yang menyenangkan dan pengajar yang efektif. Jangan terlalu kaku dan serius. Buatlah lelucon kecil sesekali untuk mencairkan suasana. Namun, pastikan bahan ajar tetap diterima dan dimengerti dengan baik.

Nah, sekarang kamu tahu pentingnya kemampuanpublic speaking. Yuk, kembangkan keterampilanmu! Kamu bisa mengembangkanskillpublic speakingdi SeekMAX ! SeekMAX adalah platform berisi konten pembelajaran dan kursus online oleh para ahli danindustry leaderyang dapat kamu akses dalam aplikasi JobStreet. Kunjungi SeekMAX untuk mendapatkan teknik-teknik, tips, dan trikpublic speaking!

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai rencanakan karir kamu bersama JobStreet! Jangan lupa untuk memperbarui profil-mu di JobStreet sebelum mencari dan melamar kerja dengan mudah dan bebas drama.

Kunjungi Tips Karier untuk membaca artikel serupa. Dapatkan juga akses lebih mudah dan konten SeekMAX dengan mengunduh aplikasi JobStreet di Apple App Store dan Google Play Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi denganbrandJobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.