Bercita-cita Jadi Guru? Siapkan Jenjang Karier dengan Informasi Ini!

Bercita-cita Jadi Guru? Siapkan Jenjang Karier dengan Informasi Ini!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

panduan jenjang karier guru

Apa saja sih pekerjaan seorang guru?

Guru adalah salah satu tenaga kependidikan dengan tugas khusus sebagai profesi pendidik. Ketika memutuskan meniti jenjang karier guru, kamu bertugas untuk membimbing serta mempersiapkan siswa melanjutkan studi dan memasuki dunia kerja dengan memberikan ilmu pengetahuan. Tidak hanya mendidik soal pelajaran di sekolah, kamu juga bisa mengajarkansoft skillsyang dapat menunjang tumbuh kembang siswa, seperti kemampuan kepemimpinan serta kemampuan komunikasi.

Inilah tugas guru, antara lain:

  • Merencanakan serta menyampaikan materi pembelajaran dalam kelas melalui tulisan, diskusi, kuliah, maupun video terpadu.
  • Membuat, menugaskan, serta melakukan penilaian melalui ulangan, esai, ujian, serta proyek lainnya.
  • Berkomunikasi dengan siswa, orang tua, maupun guru bimbingan konseling mengenai kemajuan serta kebutuhan setiap siswa.
  • Memberikan dukungan kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung, termasuk dukungan emosional.
  • Memantau serta mengarahkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, seperti grup paduan suara, klub sepak bola, dan lain-lain.

Berapa kisaran gaji seorang guru?

Menurut Renesia, gaji pokok guru sekolah dasar dan menengah swasta berkisar pada Rp1.200.00,00 hingga Rp2.238.700,00 per bulan.

Gaji seorang guru juga dapat bervariasi, tergantung pada kemahiran, tingkat pendidikan, pengalaman, lokasi, dan jenis sekolah.

Bagaimana jenjang karier guru?

Guru sekolah dasar biasanya bertugas sebagai guru kelas yang mengajar berbagai mata pelajaran sekaligus menjadi wali kelas. Tapi, ada juga guru sekolah dasar yang hanya mengajar mata pelajaran tertentu seperti olahraga, agama, Bahasa Inggris, dan kesenian. Sebagai guru, kamu juga memiliki kesempatan untuk menjabat menjadi wakil kepala sekolah, bendahara sekolah, hingga kepala sekolah, lho!

Bagi guru sekolah menengah, potensi kariermu akan sangat dipengaruhi oleh jumlah angka kredit. Bukannya tidak mungkin bila kamu mendapat tugas tambahan sebagai wali kelas, kepala lab, hingga pembina ekstrakurikuler walaupun kamu telah fokus mengajar salah satu mata pelajaran. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengajar mata pelajaran yang sama di sekolah yang berbeda, untuk memenuhi jumlah angka kredit yang harus dicapai.

Menjadi guru terlihat menyenangkan, ya? Kalau tertarik untuk menjadi guru sekolah dasar dan menengah, kamu bisa melihat peluang kerjanya di sini.

Persyaratan apa saja yang perlu dipenuhi untuk menjadi guru?

Kemampuan utama

Untuk menjadi guru, tentunya kamu harus memiliki beberapa persyaratan berikut ini.

Kemampuan yang wajib dimiliki:

1. Kemampuan pedagogik

Kemampuan pedagogik adalah keterampilan dalam mengelola proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik atau siswa. Terdapat tujuh aspek dalam kompetensi pedagogik yang harus kamu kuasai, yaitu:

  • Karakteristik para peserta didik
  • Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik
  • Pengembangan kurikulum
  • Proses pembelajaran yang mendidik
  • Pengembangan potensi para peserta didik
  • Cara berkomunikasi
  • Penilaian dan evaluasi belajar

2. Kompetensi kepribadian

Kompetensi kepribadian berkaitan dengan karakter personal seorang guru. Bila ingin menjadi guru, pastikan bahwa kepribadianmu mencerminkan citra positif seorang guru; supel, sabar, disiplin, jujur, empati, bertindak sesuai hukum dan norma yang berlaku, dan lain-lain.

Kepribadian positif wajib dimiliki seorang guru karena guru seringkali dituntut untuk menjadi teladan bagi para siswa. Selain itu, siswa sekolah dasar dan menengah memiliki kecenderungan untuk menyerap perilaku di sekitarnya dengan cepat.

3. Kompetensi profesional

Kompetensi profesional merupakan keterampilan dalam menyelesaikan hal-hal teknis yang berkaitan langsung dengan kinerja guru. Inilah indikator kompetensi profesional guru yang harus kamu perhatikan:

  • Menguasai materi pelajaran yang diampu
  • Menguasai Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pelajaran, serta tujuan pembelajaran dari suatu mata pelajaran yang diampu
  • Mampu mengembangkan materi pembelajaran dengan kreatif
  • Mampu bertindak reflektif demi mengembangkan sikap profesional
  • Mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran serta pengembangan diri

4. Kompetensi sosial

Kompetensi sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi serta interaksi secara umum. Kamu perlu memperhatikan kemampuanmu dalam berbicara, baik itu dengan siswa, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas. Inilah indikator kompetensi sosial guru yang harus kamu cermati:

  • Mampu bersikap inklusif, objektif, dan tidak diskriminatif
  • Mampu berkomunikasi dengan efektif dan baik
  • Mampu beradaptasi dan menjalankan tugas sebagai guru di berbagai lingkungan dan latar belakang

Kemampuan pendukung

Untuk mendukung kinerja sebagai guru sekolah dasar dan menengah, ada baiknya kamu melengkapi diri dengan beberapa kemampuan di bawah ini.

Berikut kemampuan pendukung yang baik untuk dimiliki:

1. Kreativitas

Dengan menjadi guru sekolah dasar atau menengah, kamu hampir wajib untuk menjadi pribadi yang kreatif. Kamu harus memastikan bahwa para siswa tetap tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di ruang kelas. Hal ini memudahkan mereka untuk menyerap materi yang diajarkan.

2. Kepemimpinan

Kemampuan dalam memimpin kelas juga perlu dikuasai, lho! Kamu harus mampu untuk mengontrol siswa di kelas, terlebih ketika situasi sedang tidak kondusif karena siswa biasanya sudah mulai mengantuk dan bosan ketika telah memasuki jam makan siang.

3. Percaya diri

Seorang guru tentunya harus bisa mengajar dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi, agar dapat menanamkan kualitas tersebut kepada siswanya. Jika kamu ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan para siswa, bisa saja mereka menjadi malas untuk memperhatikan materi yang disampaikan.

Latar belakang pendidikan

Merujuk pada UU No. 14 Tahun 2005 Pasal 8, seorang guru diwajibkan untuk memiliki kualifikasi akademik, yakni minimal lulus jenjang pendidikan sarjana atau diploma empat. Untuk menjadi guru sekolah dasar, dianjurkan bagi kamu untuk mengambil jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), atau jurusan-jurusan lain yang berfokus pada mata pelajaran tertentu seperti Pendidikan Olahraga, Pendidikan Bahasa Inggris, dan lain-lainSertifikasi dan pelatihan

Sertifikasi guru, atau sergur, adalah pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi standar profesional atau kelayakan dalam kegiatan belajar mengajar. Sergur juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu profesi pendidik. Program sertifikasi ini dapat diikuti oleh seluruh guru di Indonesia.

Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pastikan kamu telah memenuhi persyaratan akademik dan administrasi. Kamu harus melewati seleksi akademik yang meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes minat bakat. Kamu juga harus memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), serta merupakan lulusan sarjana atau diploma empat. Kemudian, kamu dapat mendaftarkan diri pada http://simpkb.id.

Pengembangan lanjutan jenjang karier guru

Kamu pasti ingin memiliki perkembangan yang baik, terutama di dunia karier. Ada dua hal yang dapat kamu lakukan untuk meraihnya, yakni melanjutkan sekolah ke jenjang magister dan doktor, dan membekali diri dengan kemampuan lintas bidang atautransferable skills.

Menjadi guru mengharuskan kamu untuk mengikuti perubahan kurikulum serta perkembangan ilmu pengetahuan. Kamu bisa terus memperbarui diri dengan ilmu-ilmu baru dengan melanjutkan sekolah. Pemerintah telah melakukan perluasan Beasiswa LPDP yang memungkinkan para guru untuk bersekolah hingga S2 dan S3 ke luar negeri, lho!

Asal kamu telah memperoleh surat bukti atauLetter of Acceptance(LoA) bahwa kamu telah diterima di perguruan tinggi tersebut, kamu dapat melanjutkan sekolah S2 ke luar negeri. Tidak hanya itu, kepala dan pengawas sekolah pun bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang S3, walaupun hanya di perguruan tinggi di dalam negeri yang telah ditetapkan pemerintah.

Selain melanjutkan sekolah, kamu juga bisa memaksimalkan serta memanfaatkan kemampuan lintas bidang atautransferable skills, agar bisa bersaing dengan kandidat lain dan menjadi guru terbaik. Kamu bisa cek artikel ini untuk mengetahuitransferable skillsapa saja yang harus kamu kuasai dan cara memanfaatkannya.

Bagaimana cara menulis CV guru?

Ketika kamu sudah mantap ingin menjadi guru, persiapkanlah CV yang pas dan menarik agar dapat dilirik oleh perekrut. Selain menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok, jangan lupa juga untuk mencantumkan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Untuk contoh CV guru, kamu bisa melihatnya di bawah ini atau mengunduhnya di sini.

​​Annisa Cahya

Guru Musik

Jalan Sesama

123 Jakarta

(123) 456-7890

[email protected]

KARIERYamaha Music Studio, Jakarta —Guru Piano Klasik2014 - sekarang
  • Mengajarkan cara bermain piano klasik dari Grade Dasar hingga Grade Menengah secara privat
  • Melatih siswa yang akan tampil dalam konser
SD Nusantara Jakarta —Guru Seni Musik2015 - 2020
  • Mengajarkan dasar seni musik pada siswa kelas 1-3 setiap hari Senin dan Jumat
  • Menjadi pembina ekstrakurikuler paduan suara (2017-2018)
  • Melatih siswa yang akan mengikuti lomba musik
PENDIDIKANUniversitas Negeri Jakarta —Pendidikan Seni Musik2014
  • Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (2012-2013)
  • Ketua Pelaksana Art Festival 2011
SMAN 3 Jakarta —IPS2011
  • Ketua ekstrakurikuler Music Club 2009
  • Anggota Divisi Seni dan Olahraga OSIS SMAN 3 Jakarta 2009
PENDIDIKAN INFORMALYamaha Music Studio —Piano Klasik Grade 52011-2013KETERAMPILAN·        Piano Klasik·        Piano Kontemporer·        Keyboard·        Paduan SuaraPRESTASISolo Pianist Yamaha Private Music Ensemble Concert Tingkat Nasional 2017Pianist Nusantara Charity Concert 2016Pianist  Yamaha Welcoming Students Party 2016Keyboardist Yamaha Charity Event 2016 BAHASABahasa IndonesiaEnglish

Selain menjadi guru, tentunya kamu yang memiliki hobi untuk mengajarkan sesuatu kepada orang lain memiliki alternatif untuk hal tersebut. Kamu bisa menjaditrainer, pelatih musik atau klub sepakbola, bahkan menjadi pembicara di seminar-seminar.

Namun, bila kamu membutuhkan referensi pekerjaan lain selain menjadi guru, pastikan kamu telah membaca artikel ini untuk mempersiapkan diri dengan lebih matang.

Itulah tadi informasi mengenai jenjang karier serta persyaratan menjadi guru sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Jangan lupa untuk memperhatikan detail penting yang dapat membantumu meraih cita-cita sebagai guru sekolah dasar atau menengah. Tetap semangat dan selalu percaya diri, ya!Jika kamu sedang mencari kerja sebagai guru sekolah dasar atau menengah, jangan ragu untuk mengunjungi situs JobStreet, atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store. Selalu perbarui profil JobStreet-mu agar para perekrut tahu bahwa kamu siap untuk bekerja. Jobstreet akan selalu menemanimu dalam mencari pekerjaan yang berarti. Kunjungi laman Tips Karier kami untuk tips, berita, dan informasi lainnya.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.