Cara Daftar Kartu Prakerja 2021

Cara Daftar Kartu Prakerja 2021
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Banyak jalan untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan, khususnya di tahun 2021 ini. Salah satunya, dengan meningkatkan potensi diri. Jika kamu sedang mencari pekerjaan atau sekadar ingin meningkatkan kompetensi kerja, pemerintah Indonesia menawarkan Program Kartu Prakerja.

Program ini meliputi pelatihan kerja dan bantuan dana insentif yang akan kamu dapatkan setelah kamu menyelesaikan pelatihan tersebut. Kamu hanya perlu mendaftar, mengikuti seleksi dan memilih pelatihan bersama Mitra Platform Digital yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Pada semester pertama 2021, pemerintah telah mengalokasikan Rp 10 triliun untuk mendanai 2,7 juta partisipan Kartu Prakerja. Pendaftaran program ini dibuka secara bertahap dengan kuota sekitar 600,000 partisipan per gelombang. Untuk lebih memahami, mari kita bahas panduan penting tentang Program Kartu Prakerja berikut ini.

Apa itu Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja adalah pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, baik karena terkena dampak PHK maupun yang masih bekerja tetapi ingin mengikuti pelatihan. Pekerja yang dimaksud di sini bukan hanya karyawan kantoran melainkan meliputi juga buruh, serta penggerak usaha mikro dan kecil.

Merespon dampak pandemi, untuk saat ini Program Kartu Prakerja memprioritaskan pekerja atau buruh yang di-PHK, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya akibat pandemi. Meskipun kamu tidak termasuk kelompok tersebut, kamu tetap dibolehkan dan dianjurkan untuk mencoba mendaftar.

Manfaat apa yang diberikan Kartu Prakerja?

Berikut adalah 3 manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam program ini:

  1. Pelatihan

Ada sekitar 154 lembaga pelatihan yang menawarkan lebih dari 1,700 pelatihan di program ini. Bisa dibayangkan seberapa banyak variasi ilmu yang bisa kamu asah di sini. Pelatihan yang ditawarkan berbasis daring, hasil kerja sama dengan Mitra Platform Digital yang bisa kamu pilih sendiri.

2. Sertifikat

Setelah menyelesaikan pelatihan yang sudah kamu pilih, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dari Program Kartu Prakerja. Sertifikat ini berlaku selayaknya sertifikat pelatihan pada umumnya sehingga dapat kamu lampirkan di CV atau profil pencarian kerja. Tentu ini bisa jadi nilai tambah ketika perekrut menyeleksi lamaran kerjamu.

3. Insentif

Setelah mengikuti pelatihan pertama, kamu berhak mendapatkan insentif atau bantuan dana. Ada dua jenis insentif yang diberikan di sini. Pertama, insentif biaya mencari kerja yang diberikan per bulan Rp 600 ribu selama 4 bulan. Kedua, insentif pengisian survei senilai Rp 50,000 per survei. Seluruh insentif dicairkan melalui rekening bank/e-walletyang kamu lampirkan dan berhasil melalui validasi sistem.

Apa syarat daftar Kartu Prakerja?

Berikut persyaratan untuk mendaftar di program ini:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Minimal usia 18 tahun
  3. Tidak sedang dalam pendidikan formal
  4. Dalam satu Kartu Keluarga (KK) maksimal 2 NIK yang mendaftar
  5. Bukan termasuk instansi Pejabat Negara, DPR, ASN, TNI, POLRI, Kades dan perangkat desa, pekerja BUMN, atau BUMD.

Bagaimana cara daftar Kartu Prakerja?

Seluruh alur pendaftaran dilakukan secara daring sehingga memudahkan siapapun untuk mendaftar. Berikut alurnya:

1. Daftar akun

Untuk mendaftar kunjungi https://www.prakerja.go.id dan buat akun. Kamu akan dimintai NIK, nomor KK, tanggal lahir, foto asli KTP, dan nomor HP. Sesudahnya, kamu akan dikirimi kode OTP untuk verifikasi nomor HP yang akan kamu gunakan.

2. Tes motivasi dan kemampuan dasar

Tes ini bersifat wajib jika kamu ingin memperoleh seluruh manfaat dari Kartu Prakerja. Pastikan kamu menyiapkan kertas dan pensil atau pulpen sebelum tes. Biasanya tes yang hanya menguji kompetensi dasar ini paling lama memakan waktu 25 menit.

3. Pilih pelatihan

Jika kamu lulus seleksi, kamu akan mendapatkan pagu/saldo untuk “membeli” slot di pelatihan kerja yang kamu inginkan melaluimarketplaceyang sudah bekerja sama dengan Kartu Prakerja

Rincian langkah pembelian ini dapat kamu cek di situs resmi Kartu Prakerja.

4. Ikuti pelatihan sampai habis

Ikuti dan selesaikan semua pelatihan kerja yang telah kamu pilih. Akan amat disayangkan jika kamu tidak menyelesaikan semua pelatihannya. Selain karena rugi kesempatan emas untuk meningkatkan kompetensi, kamu juga akan kehilangan kesempatan mendapatkan sertifikat dan insentif.

Program ini dioperasikan oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja di bawah Kemenko Bidang Perekonomian RI. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir akan keamanan dan keandalan program ini. Setelah kamu mengikuti dan mendapatkan sertifikat, jangan lupa untuk cantumkan di CV dan lamaranmu.

Ini merupakan satu dari banyak jalan menuju pekerjaan yang kamu impikan. Selagi ada kesempatan, tidak ada salahnya mengembangkan kompetensi kerja, apalagi mengingat kamu tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali.

Satu cara lainnya untuk mendekatkan diri ke pekerjaan impianmu yaitu dengan memanfaatkan CV daring gratis dengan membuat profil di JobStreet. Kamu juga bisa beritahu para perekrut bahwa kamu bisa #LangsungKerja agar kamu segera dipanggil wawancara. Selamat mencoba!

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.