Cara Menjadi Karyawan Telesales dan Jenjang Kariernya

Cara Menjadi Karyawan Telesales dan Jenjang Kariernya
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

jenjang karier telesales

Simak penjelasan di bawah ini untuk tahu lebih jauh tentang jalur jenjang karier telesales!

Pernah menerima telepon dari perusahaanproviderinternet yang menawarkan layanannya? Orang yang ada di balik telepon itu adalah karyawantelesales. Dalam sebuah perusahaan, karyawantelesalesbertugas untuk menawarkan produk perusahaan tersebut kepada calon pelanggan. Ia juga harus merespon keluhan atau masukan dari pelanggan yang sudah ada. Meski terlihat sederhana, pekerjaan karyawantelesalessebenarnya tidak semudah yang banyak orang kira.

Apa saja tanggung jawab seorangTelesales?

  • Mengontak calon pelanggan (atau pelanggan yang sudah ada) untuk memberi informasi mengenai sebuah produk atau jasa.
  • Menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai produk yang ditawarkan atau perusahaan tempatnya bekerja.
  • Mengarahkan calon pelanggan ke stafsalesdi lapangan.
  • Memasukkan dan memperbarui informasi pelanggan didatabase.
  • Membuat laporan panggilan (call log) dan melakukan notulensi percakapan yang dilakukan.
  • Menangani komplain sambil mempertahankan reputasi perusahaan.
  • Menjadwalkan pertemuan dengan calon klien/pelanggan.

Berapa estimasi gajitelesales?

Besar gaji ditentukan oleh tinggi posisi dalam pekerjaan serta lama pengalaman seorang karyawan telesales.

  • Pada umumnya, karyawantelesalespemula memiliki perkiraan gaji sekitar Rp3.500.000,00/bulan.
  • Karyawan berpengalaman, sepertisupervisor telesales, akan memiliki perkiraan gaji sekitar Rp7.000.000,00/bulan.

Seperti apa jenjang kariertelesales?

Posisi di bidangtelesalesmemiliki tingkatan sesuai besarnya pengalaman dan tanggung jawab sebagai karyawan. Biasanya, kamu akan memulai sebagai staftelesalesterlebih dahulu. Jika kamu sudah memiliki pengalaman yang cukup, kamu bisa melamar sebagai manajer hinggasupervisor telesales. Berikut adalah tingkatan posisinya sebagai referensi.

Kualifikasi apa yang diperlukan untuk jenjang karier telesales?

Karyawantelesalesmengemban tanggung jawab yang besar untuk mempertahankan reputasi perusahaan di mata pelanggan. Hal tersebut tentunya tidak mudah, mengingat kamu harus menghadapi banyak komplain dari berbagai pelanggan dengan sifat yang berbeda-beda. Karena itu, keterampilan-keterampilan berikut ini sangat diperlukan agar pekerjaanmu berjalan dengan lancar.

Keterampilan Teknis

  1. Mengoperasikan program komputer

Di banyak pekerjaan pada masa sekarang, keterampilan mengoperasikan komputer bukan hanya sebuah nilai tambahan lagi, tetapi sudah merupakan kebutuhan. Seorang karyawantelesalesakan perlu membuat laporan panggilan setiap harinya. Keterampilan mengoperasikan aplikasi Microsoft Office akan sangat membantu untuk kelancaran pekerjaan.

2. MengoperasikanCustomer Relationship Management(CRM)

Perangkat lunak CRM cukup umum digunakan oleh perusahaan untuk mengeloladatabasepelanggan/konsumen. Seperti yang sudah disebutkan di bagian awal, salah satu tanggung jawab karyawantelesalesadalah database yang berisi informasi pelanggan. Karena itu, keterampilan dalam menggunakan perangkat ini sangat penting.

Kemampuan Lintas Bidang atauTransferable Skills

3. Komunikasi

Keterampilan ini penting untuk dimiliki seorang karyawantelesales. Kamu memerlukan kemampuan berkomunikasi yang bagus, baik verbal maupun nonverbal, agar tidak ada kesalahpahaman ingin merespon keluhan, menjawab pertanyaan, atau menawarkan produk.

4. Kesigapan memberikan solusi

Selain menawarkan produk, seorang karyawantelesalesjuga perlu menghadapi keluhan-keluhan pelanggan terhadap layanan perusahaan. Kamu harus terbiasa dalam sigap memikirkan solusi yang tepat untuk tiap keluhan yang diutarakan. Jika keluhannya bukan masalah yang bisa kamu pecahkan sendiri, kamu harus paham betul kepada siapa kamu perlu mendiskusikan solusinya.

5. Negosiasi

Selama bekerja sebagai seorang karyawantelesales, kamu akan hampir selalu berkontak dengan pihak luar perusahaan, terutama calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada, untuk menawarkan produk. Kemampuan negosiasi diperlukan untuk memudahkanmu mencapai target jumlah pelanggan.

6. Pengendalian emosi

Mirip pekerjaancustomer service, kamu akan sering menghadapi banyak pelanggan/calon pelanggan dengan sifat yang berbeda-beda. Selama berkomunikasi dengan mereka, seorang karyawantelesalesjuga membawa reputasi perusahaan, sehingga kamu harus bisa selalu tenang dalam menjawab semua respon, keluhan, dan pertanyaan yang muncul.

7. Kerja sama tim

Selama bekerja, kamu akan butuh banyak bantuan dari orang lain, baik itu rekan kerja, atasan, atau staf (jika kamu memegang posisi manajer atausupervisor). Pikiran yang terbuka dan keterampilan bekerja sama akan membantumu menyelesaikan pekerjaan sesuai target.

8. Pengelolaan stres

Masih banyak yang menganggap bahwa bekerja sebagai karyawantelesalesadalah hal yang mudah. Padahal, bekerja sebagai seorangtelesalesmembutuhkan kestabilan emosi dan mental yang baik, dan tidak semua orang bisa memiliki itu. Di tengah pekerjaan yang sibuk, kamu perlu mengetahui cara mengelola stresmu dengan baik sehingga kesehatan mentalmu tetap terjaga.

Pendidikan

Pada umumnya, lowongan kerja karyawantelesalesmemiliki syarat pendidikan minimal D3 tanpa batasan bidang.

Sertifikasi

Untuk melamar kerja sebagai karyawantelesalesdi Indonesia, kamu tidak memerlukan sertifikasi khusus.

Pengembangan jenjang kariertelesales

Kamu memang tidak perlu memegang sertifikat profesitelesalesuntuk diterima kerja, namun kamu tetap harus mengembangkan diri. Salah satu caranya adalah mengikuti pelatihan terkait bidang telesales/telemarketingatau keterampilan kerja secara umum.

Saat ini, sudah ada banyak pelatihantelesalesprofesional dari berbagai perusahaan seperti yang diadakan oleh Value Consult. Selain Value Consult, masih banyak perusahaan yang mengadakan pelatihan serupa, sehingga kamu bisa memilih pelatihan mana yang paling cocok untukmu.

Selain keterampilan spesifik sebagaitelesales, kamu bisa mengembangkan keterampilan lain melalui pelatihan yang diadakan oleh JobStreet dan FutureLearn. Tanpa dipungut biaya, kamu bisa mengikuti pelatihan keterampilan teknis seperti pemasaran digital, e-commerce, atau pengelolaan SDM, hinggatransferable skillsyang mencakup pengelolaan kesehatan mental, pengembangan karier, atau keterampilan berbahasa Inggris.

Bagaimana cara membuat CVtelesalesyang baik?

Berikut adalah contoh CV karyawantelesalesyang bisa kamu jadikan referensi.

DYAH ROSANTI

(+62)1234567890

[email protected]

DESKRIPSI SINGKATStaftelesalesdengan pengalaman kerja 3 tahun yang mampu bernegosiasi dengan calon pelanggan dan mencapai persetujuan yang menguntungkan kedua pihak. Familiar dengan perangkat lunak CRM dan aplikasi Microsoft Office. Mahir berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris.PENGALAMAN KERJAStaf TelesalesPT ABC (Januari 2018 - Juni 2020)
  • Merespon telepon yang masuk di pusat panggilan dengan volume panggilan yang tinggi.
  • Menyediakan pelayanan yang baik kepada pelanggan baru dan lama.
  • Merespon keluhan dan pertanyaan pelanggan dengan keterampilan berkomunikasi dan negosiasi yang kuat sambil mengedepankan kepuasan pelanggan.
  • Memenuhi target jumlah penambahan pelanggan setiap bulan.
  • Merancang pertemuan dengan calon klien dan mempresentasikan kebijakan-kebijakan serta SOP perusahaan yang kompleks dengan baik.
  • Staf pertama yang mampu menghasilkan pendapatan tertinggi selama 1 bulan untuk 2 proyek berturut-turut.
  • Menyusun laporan panggilan yang akurat setiap harinya, berisi garis besar aktivitas pada hari tersebut.
Staf Magang TelesalesPT ABC (Desember 2016 - November 2017)
  • Mengumpulkan masukan serta keluhan dari pelanggan dan mengusulkan beberapa perubahan untuk melampaui kepuasan pelanggan.
  • Mengarahkan calon pelanggan ke staf sales di lapangan.
  • Menaikkan penilaian pelanggan hingga 15%.
  • Membuat pengecualian yang masuk akal untuk beberapa prosedur guna mengakomodasi kebutuhan pelanggan.
  • Membangun kesetiaan pelanggan dengan menelepon kembali pelanggan yang laporkan masalah pada produk, sehingga pelanggan mengetahui update mengenai masalahnya.
  • Memberi arahan dalam proses verifikasi dan penyelesaian keluhan pelanggan atau pengirim.
  • Memenuhi target pelanggan baru setiap bulan.
KETERAMPILANKomunikasi, Negosiasi, Manajemen Waktu, Microsoft Office Suite (Word, Excel, PowerPoint), AdministrasiLATAR BELAKANG PENDIDIKAN
  • Ilmu KomunikasiSarjanaUniversitas Negeri Jakarta (2012 - 2016)
KETERAMPILAN BERBAHASA
  • Bahasa Indonesia (lisan dan tulis)
  • Bahasa Inggris (lisan dan tulis)

Nah, setelah mengetahui lebih banyak jenjang karier telesales, jangan ragu untuk melamar di posisi tersebut. Setelah selesai menulis CV, langsung unggahlah di profil JobStreet. Jangan lupa juga untuk selalu memperbarui profilmu setiap kamu menyelesaikan sebuah pelatihan dan mendapatkan keterampilan baru. Selain pelatihan, kamu juga bisa menambahkan pengalaman baru yang kamu dapatkan dari kegiatan lain seperti menjadi sukarelawan!

Jika tanggal atau tahun pelatihan dan pengalaman kerjamu dekat satu sama lain, kamu akan dilihat sebagai kandidat yang selalu giat mengembangkan diri dan mencari pengalaman. Dengan memiliki profil yang up-to-date, kamu akan lebih “dilirik” oleh perekrut kerja karena profilmu sudah memberikan gambaran bahwa kamu memiliki etos kerja yang baik. Cukup menguntungkan, bukan?

Selain memperbarui profil, kunjungi pula laman Tips Karier kami jika ingin mendapat lebih banyak tips dan berita dari dunia kerja. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai tren kerja yang up-to-date, unduh juga laporan Mengupas Tren Global Talent dari JobStreet di sini !

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.