Simak penjelasan di bawah ini untuk tahu lebih jauh tentang jalur jenjang karier telesales!
Pernah menerima telepon dari perusahaanproviderinternet yang menawarkan layanannya? Orang yang ada di balik telepon itu adalah karyawantelesales. Dalam sebuah perusahaan, karyawantelesalesbertugas untuk menawarkan produk perusahaan tersebut kepada calon pelanggan. Ia juga harus merespon keluhan atau masukan dari pelanggan yang sudah ada. Meski terlihat sederhana, pekerjaan karyawantelesalessebenarnya tidak semudah yang banyak orang kira.
Besar gaji ditentukan oleh tinggi posisi dalam pekerjaan serta lama pengalaman seorang karyawan telesales.
Posisi di bidangtelesalesmemiliki tingkatan sesuai besarnya pengalaman dan tanggung jawab sebagai karyawan. Biasanya, kamu akan memulai sebagai staftelesalesterlebih dahulu. Jika kamu sudah memiliki pengalaman yang cukup, kamu bisa melamar sebagai manajer hinggasupervisor telesales. Berikut adalah tingkatan posisinya sebagai referensi.
Karyawantelesalesmengemban tanggung jawab yang besar untuk mempertahankan reputasi perusahaan di mata pelanggan. Hal tersebut tentunya tidak mudah, mengingat kamu harus menghadapi banyak komplain dari berbagai pelanggan dengan sifat yang berbeda-beda. Karena itu, keterampilan-keterampilan berikut ini sangat diperlukan agar pekerjaanmu berjalan dengan lancar.
Di banyak pekerjaan pada masa sekarang, keterampilan mengoperasikan komputer bukan hanya sebuah nilai tambahan lagi, tetapi sudah merupakan kebutuhan. Seorang karyawantelesalesakan perlu membuat laporan panggilan setiap harinya. Keterampilan mengoperasikan aplikasi Microsoft Office akan sangat membantu untuk kelancaran pekerjaan.
2. MengoperasikanCustomer Relationship Management(CRM)
Perangkat lunak CRM cukup umum digunakan oleh perusahaan untuk mengeloladatabasepelanggan/konsumen. Seperti yang sudah disebutkan di bagian awal, salah satu tanggung jawab karyawantelesalesadalah database yang berisi informasi pelanggan. Karena itu, keterampilan dalam menggunakan perangkat ini sangat penting.
3. Komunikasi
Keterampilan ini penting untuk dimiliki seorang karyawantelesales. Kamu memerlukan kemampuan berkomunikasi yang bagus, baik verbal maupun nonverbal, agar tidak ada kesalahpahaman ingin merespon keluhan, menjawab pertanyaan, atau menawarkan produk.
4. Kesigapan memberikan solusi
Selain menawarkan produk, seorang karyawantelesalesjuga perlu menghadapi keluhan-keluhan pelanggan terhadap layanan perusahaan. Kamu harus terbiasa dalam sigap memikirkan solusi yang tepat untuk tiap keluhan yang diutarakan. Jika keluhannya bukan masalah yang bisa kamu pecahkan sendiri, kamu harus paham betul kepada siapa kamu perlu mendiskusikan solusinya.
5. Negosiasi
Selama bekerja sebagai seorang karyawantelesales, kamu akan hampir selalu berkontak dengan pihak luar perusahaan, terutama calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada, untuk menawarkan produk. Kemampuan negosiasi diperlukan untuk memudahkanmu mencapai target jumlah pelanggan.
6. Pengendalian emosi
Mirip pekerjaancustomer service, kamu akan sering menghadapi banyak pelanggan/calon pelanggan dengan sifat yang berbeda-beda. Selama berkomunikasi dengan mereka, seorang karyawantelesalesjuga membawa reputasi perusahaan, sehingga kamu harus bisa selalu tenang dalam menjawab semua respon, keluhan, dan pertanyaan yang muncul.
7. Kerja sama tim
Selama bekerja, kamu akan butuh banyak bantuan dari orang lain, baik itu rekan kerja, atasan, atau staf (jika kamu memegang posisi manajer atausupervisor). Pikiran yang terbuka dan keterampilan bekerja sama akan membantumu menyelesaikan pekerjaan sesuai target.
8. Pengelolaan stres
Masih banyak yang menganggap bahwa bekerja sebagai karyawantelesalesadalah hal yang mudah. Padahal, bekerja sebagai seorangtelesalesmembutuhkan kestabilan emosi dan mental yang baik, dan tidak semua orang bisa memiliki itu. Di tengah pekerjaan yang sibuk, kamu perlu mengetahui cara mengelola stresmu dengan baik sehingga kesehatan mentalmu tetap terjaga.
Pada umumnya, lowongan kerja karyawantelesalesmemiliki syarat pendidikan minimal D3 tanpa batasan bidang.
Untuk melamar kerja sebagai karyawantelesalesdi Indonesia, kamu tidak memerlukan sertifikasi khusus.
Kamu memang tidak perlu memegang sertifikat profesitelesalesuntuk diterima kerja, namun kamu tetap harus mengembangkan diri. Salah satu caranya adalah mengikuti pelatihan terkait bidang telesales/telemarketingatau keterampilan kerja secara umum.
Saat ini, sudah ada banyak pelatihantelesalesprofesional dari berbagai perusahaan seperti yang diadakan oleh Value Consult. Selain Value Consult, masih banyak perusahaan yang mengadakan pelatihan serupa, sehingga kamu bisa memilih pelatihan mana yang paling cocok untukmu.
Selain keterampilan spesifik sebagaitelesales, kamu bisa mengembangkan keterampilan lain melalui pelatihan yang diadakan oleh JobStreet dan FutureLearn. Tanpa dipungut biaya, kamu bisa mengikuti pelatihan keterampilan teknis seperti pemasaran digital, e-commerce, atau pengelolaan SDM, hinggatransferable skillsyang mencakup pengelolaan kesehatan mental, pengembangan karier, atau keterampilan berbahasa Inggris.
Berikut adalah contoh CV karyawantelesalesyang bisa kamu jadikan referensi.
DYAH ROSANTI (+62)1234567890 DESKRIPSI SINGKATStaftelesalesdengan pengalaman kerja 3 tahun yang mampu bernegosiasi dengan calon pelanggan dan mencapai persetujuan yang menguntungkan kedua pihak. Familiar dengan perangkat lunak CRM dan aplikasi Microsoft Office. Mahir berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris.PENGALAMAN KERJAStaf TelesalesPT ABC (Januari 2018 - Juni 2020)
|
Nah, setelah mengetahui lebih banyak jenjang karier telesales, jangan ragu untuk melamar di posisi tersebut. Setelah selesai menulis CV, langsung unggahlah di profil JobStreet. Jangan lupa juga untuk selalu memperbarui profilmu setiap kamu menyelesaikan sebuah pelatihan dan mendapatkan keterampilan baru. Selain pelatihan, kamu juga bisa menambahkan pengalaman baru yang kamu dapatkan dari kegiatan lain seperti menjadi sukarelawan!
Jika tanggal atau tahun pelatihan dan pengalaman kerjamu dekat satu sama lain, kamu akan dilihat sebagai kandidat yang selalu giat mengembangkan diri dan mencari pengalaman. Dengan memiliki profil yang up-to-date, kamu akan lebih “dilirik” oleh perekrut kerja karena profilmu sudah memberikan gambaran bahwa kamu memiliki etos kerja yang baik. Cukup menguntungkan, bukan?
Selain memperbarui profil, kunjungi pula laman Tips Karier kami jika ingin mendapat lebih banyak tips dan berita dari dunia kerja. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai tren kerja yang up-to-date, unduh juga laporan Mengupas Tren Global Talent dari JobStreet di sini !