Cari Tahu Mengenai HR Generalist dan Jenjang Kariernya di Sini!

Cari Tahu Mengenai HR Generalist dan Jenjang Kariernya di Sini!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Cara Menjadi HR Generalist dan Jenjang Kariernya

Jenjang Karier HR Generalist

Dalam sebuah tim personalia atau HRD (Human Resource Development), HR Generalist atau HRD Umum adalah bagian yang sangat penting. Mereka bertugas melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan dan melapor ke Manajer HR atau Direktur HR.

HR Generalist kadang juga disebut Eksekutif Administratif, Eksekutif HR, atau Admin HR. Profesi ini akan sangat cocok bagi kamu yang akan memulai karier dalam bidang HR, sebelum melanjut ke jenjang karier lainnya yang lebih spesifik.

Apa saja tanggung jawabHR generalist?

  • Merekrut, mewawancarai, dan menggaji karyawan
  • Membantusupervisormengelola karyawan dan hubungan dengan para karyawan
  • Membuat kebijakan berkaitan dengan karyawan dan mengevaluasi performa karyawan
  • Mengorganisir dan menjalankan program pelatihan karyawan dan mengedukasi karyawan mengenai hal atau kebijakan baru dalam perusahaan
  • Mengadministrasikan gaji dan tunjangan karyawan
  • Menjembatani komunikasi dengan karyawan

Berapa estimasi gaji HRgeneralist?

Besarnya gaji seorang HRgeneralistbervariasi berdasarkan industri.

  • Perkiraan gaji di industri retail: Rp8.000.000-Rp10.000.000/bulan
  • Perkiraan gaji di industri FMCG: Rp6.000.000-Rp10.000.000/bulan
  • Perkiraan gaji di industri manufaktur: Rp5.500.000-Rp8.000.000/bulan

Bagaimana jenjang karier seorang HRgeneralist?

Seorang HRgeneralistdapat melanjutkan karier sebagai HR specialist setelah memiliki pengalaman di bidang tertentu dalam HR. HRspecialistmemiliki tugas-tugas yang serupa dengan HRgeneralist, namun mereka akan diberi tanggung jawab untuk menangani proyek khusus.

Selain menjadi Specialist, HRgeneralistjuga dapat menjadi Manajer HR dan Direktur HR setelah memiliki pengalaman yang cukup untuk posisi tersebut. Pengalaman dan kinerja sangat berpengaruh dalam karier di bidang HR. Kalau kamu tertarik untuk mengejar karier di bidang HRD, kamu dapat menemukan lowongan kerja di sini.

Persyaratan untuk menjadi HRgeneralist

Keterampilan

  • Komunikasi Verbal dan Non-VerbalHRgeneralistharus berkomunikasi dengan karyawan dan calon-calon karyawan, karena itu mereka membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang bagus, baik secara verbal maupun tertulis. Mereka juga butuh kemampuan mendengar yang baik untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan karyawan dan calon karyawan.
  • Keterampilan InterpersonalSebagai jembatan komunikasi, penting sekali untuk seorang HRgeneralistuntuk menjadi seseorang yang ramah dan dapat membuat karyawan dan rekan kerja nyaman.
  • Keterampilan Manajemen dan PerencanaanUntuk mengelola sumber daya manusia dengan baik, seorang HRgeneralistharus dapat mencatat dan mengatur karyawan dengan teliti. HRgeneralistjuga harus dapat mengolah data karyawan dan calon karyawan dan merencanakan pelatihan untuk mereka.
  • Pengambilan Keputusan HRgeneralistumumnya akan membuat banyak keputusan mengenai calon karyawan, maka HRgeneralistharus dapat menentukan siapa kandidat terbaik untuk suatu pekerjaan. HRgeneralistjuga harus membuat keputusan mengenai bagaimana menyelesaikan perselisihan antar karyawan dan bagaimana melatih karyawan baru.
  • Menjaga Kerahasiaan

HRgeneralistmengetahui banyak informasi yang rahasia dan sensitif mengenai karyawan perusahaan, seperti detail kontak, gaji, dan kinerja mereka. Seorang HRgeneralistyang baik harus dapat menjaga kerahasiaan informasi tersebut.

Latar belakang pendidikan

Pada umumnya, pekerjaan ini membutuhkan gelar sarjana di bidang manajemen, psikologi, manajemen sumber daya manusia, atau gelar lainnya yang relevan. Hal ini karena pekerjaan HRgeneralistmembutuhkan kemampuan manajemen serta komunikasi yang baik. Dengan kemampuan yang mumpuni, pengelolaan SDM dapat berjalan dengan lancar.

Sertifikasi dan pelatihan

Seorang HRgeneralistdi Indonesia memerlukan sertifikasi kompetensi kerja yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Sumber Daya Manusia atau LSP-MSDM. LSP-MSDM merupakan lembaga mitra Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bertanggung jawab dalam melaksanakan proses sertifikasi profesi, meninjau ulang standar kompetensi, dan membuat materi uji kompetensi di bidang pengelolaan SDM. Dengan memiliki sertifikat kompetensi, HRgeneralistberhak mendapatkan pengakuan atas kompetensi yang ia miliki, termasuk kemampuannya dalam mengelola sumber daya manusia.

Seorang HRgeneralistdapat memperoleh sertifikasi kompetensi kerja melalui LSP-MSDM yang telah terdaftar di BNSP. Pilihlah salah satu LSP-MSDM yang terdekat di daerahmu untuk memudahkan proses uji kompetensi dan sertifikasi. Walaupun masing-masing LSP-MSDM pastinya memiliki persyaratan serta teknis uji kompetensinya sendiri, namun tidak akan berbeda jauh antara satu sama lain.

Klik di sini untuk mengetahui daftar LSP-MSDM yang telah terdaftar di BNSP.

Pengembangan jenjang karier HRgeneralist

Seiring dengan perkembangan yang pesat dalam segala bidang, sangat penting bagi seorang HRgeneralistuntuk terus menyesuaikan diri. Hal tersebut dapat dicapai dengan mempelajari keterampilan baru serta mengasah keterampilan yang sudah dimiliki.

Selain itu, HR generalist juga bisa melanjutkan pendidikan di bidang yang relevan, yakni mengambil studi S2. Ada banyak program studi yang dapat menunjang kariermu sebagai HRgeneralist, antara lain Human Capital Management Program, Human Resources Development, serta Manajemen Sumber Daya Manusia.

Seorang HRgeneralistjuga bisa meningkatkan karier dengan cara mengikuti pelatihan. JobStreet bisa memfasilitasimu melalui pelatihan keterampilan kerja secara gratis melalui kolaborasi terbaru kami dengan FutureLearn.

Bagaimana cara menjadi HRgeneralist?

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan sebelum melamar pekerjaan di bidang HRD.

1. Raih Gelar Sarjana (S1)

Untuk menjadi HRgeneralistatau posisi lain dalam HR kamu akan membutuhkan gelar sarjana di bidang manajemen, psikologi, manajemen sumber daya manusia, atau gelar relevan lainnya. Gelar sarjana tersebut akan mengajarkanskill-skillyang dibutuhkan di bidang kerja ini.

2. Raih Gelar Pascasarjana (S2)

Beberapa orang akan melanjutkan studi dalam bidang manajemen sumber daya manusia. Dengan melanjutkan pendidikan, mereka dapat belajar mengenai ilmu bisnis, manajemen, psikologi, dan komunikasi yang lebih dalam.

3. Cari Pengalaman

Untuk mendapatkan posisi Eksekutif Administratif atau HRgeneralist, kamu butuh pengalaman kerja di divisi HR. Kamu dapat mulai sebagai asisten HRD atau staff HRD. Temukan berbagai lowongan staff HRD di sini.

4. Dapatkan Sertifikasi dan Pelatihan

Sertifikasi kompetensi kerja dan seminar pelatihan kerja dapat menambah kualifikasi dan pengalamanmu di bidang ini.

5. Perbarui Resume atau CV

Jangan lupa untuk memperbarui resume atau CV sebelum melamar pekerjaan. Buatlah dengan jujur dan pastikan semua informasi di CV atau resume-mu akurat.

Bagaimana cara membuat CV HRgeneralist?

Berikut adalah contoh format CV untuk HRgeneralistyang bisa kamu gunakan.

Miranda Purba

+6212345678910

Jalan Sejahtera No. 123, Jakarta

[email protected]

DESKRIPSI SINGKATSaya berpengalaman dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dengan tugas utama mewawancarai calon karyawan serta mengorganisir program pelatihan karyawan baru.PENGALAMAN KERJAPT Jaya Abadi Senior HR Generalist, 2017-sekarang
  • Membantusupervisormengelola karyawan di divisi MSDM dan keuangan
  • Membuat kebijakan di divisi MSDM
  • Mengadministrasikan gaji dan tunjangan karyawan
  • Mengorganisir program pelatihan karyawan baru “Outing Day” (2018-sekarang)
  • Mengedukasi karyawan mengenai hal atau kebijakan baru dalam perusahaan
PT Sumber MakmurHR Generalist, 2015 - 2017
  • Merekrut serta mewawancarai calon karyawan dari berbagai divisi
  • Membantusupervisormengelola karyawan
  • Menjembatani komunikasi dengan karyawan
  • Mengorganisir dan menjalankan program pelatihan karyawan
KETERAMPILAN
  • Manajemen sumber daya manusia.
  • Aplikasi Komputer
Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint).
  • Soft-skills
Komunikasi Verbal dan Tertulis, Kerjasama Tim, Pengambilan Keputusan, Berpikir Strategis,Planning, dan Manajemen.PENDIDIKANSarjana PsikologiUniversitas NusantaraKursus dan Pelatihan Manajemen Sumber Daya ManusiaAnything CourseSERTIFIKASI
  • Sertifikat Kompetensi Kerja
Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Human Resources Planning, Recruitment and Selection
Certified Professional in Human Resources Management (CPHRM)
  • Human Resources Administration Recruitment and Selection
Human Resources Business Professional (HBRP)KETERAMPILAN BERBAHASA
  • Bahasa Indonesia
Mahir
  • Bahasa Inggris
Mahir (IELTS 7.5 - 2020)

Buatlah CV dengan desain yang menarik dan mudah dimengerti. Pastikan konten CV-mu akurat dan mutakhir.

Setelah membuat CV, langsunguploadke JobStreet dan jangan lupa untuk memperbarui profil agar perekrut dapat melihat potensimu. Perbaruilah profilmu setiap mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Tunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik!

Jangan lupa untuk mengunjungi situs JobStreet untuk mencari lowongan pekerjaan. Kamu juga dapat mencari lowongan melalui aplikasi JobStreet. Unduh aplikasinya melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.