Ingin Berkarir Sebagai HR? Pelajari 9 Skill untuk Memudahkan Tugas HRD!

Ingin Berkarir Sebagai HR? Pelajari 9 Skill untuk Memudahkan Tugas HRD!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Bagi para pencari kerja, HRD merupakan istilah yang cukup umum diketahui. Human Resource Department atau HRD adalah divisi yang melakukan dan menyusun proses perekrutan calon karyawan. Mereka adalah “pintu pertama” yang harus dilalui oleh kandidat dalam mencari kerja. Salah satu tugas HRD adalah melakukan dan menyusun alur proses perekrutan calon karyawan.

Tidak hanya itu, seorang HRD juga bertanggung jawab atas manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan. HRD harus memastikan bahwa karyawan di bawah suatu perusahaan dapat terus mengembangkan kemampuannya dengan melaksanakan pelatihan secara berkala. Tugas lain dari HRD adalah melakukan manajemen kinerja dan evaluasi, memberikan perlindungan dan kompensasi, termasuk menyelesaikan konflik internal antar karyawan.

Menjadi HRD tentunya bukan hal yang mudah maupun tidak mungkin untuk dicapai. Kamu dapat memulainya dengan mengantongi pendidikan yang relevan pada bidanghuman resourceseperti psikologi, manajemen, maupun hukum. Namun, bagi yang tidak memiliki latar belakang pendidikan bidanghuman resource, jangan khawatir! Kamu tetap memiliki kesempatan yang sama asal membekali diri dengan keterampilan yang wajib dimiliki.

Terdapat 9 kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh para calon HRD. Kemampuan tersebut terdiri atas hard skillsdansoft skills. Baca terus artikel ini untuk tahu cara menguasainya!

Hard skills yang wajib dikuasai

Hard skill merupakan keterampilan atau pengetahuan khusus yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan. Hard skill digunakan untuk beradaptasi dengan perkembangan bidang. Sebagai HRD, tentunya hard skills akan sangat membantu kamu dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan bidanghuman resource, seperti perekrutan melalui bidangonline platformseperti JobStreet.

  1. Memahami peraturan dan hukum ketenagakerjaan yang berlaku

Ini merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai ketika kamu bercita-cita menjadi seorang HRD. Regulasi mengenai ketenagakerjaan biasanya berfungsi sebagai landasan utama bagi perusahaan dalam menetapkan kebijakan terhadap karyawan. Hal ini meliputi jumlah jatah cuti, asuransi kesehatan, kontrak kerja, tunjangan, dan masih banyak lagi.

HRD juga harus selalu “melek” dengan pembaruan hukum ketenagakerjaan yang berlaku agar tidak salah dalam mengatur kebijakan dan keputusan perusahaan. Di Indonesia, hukum ketenagakerjaan diatur dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yang beberapa muatannya telah diperbarui dalam UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

  1. Memahami bisnis, nilai, dan budaya perusahaan

Memiliki wawasan yang mendalam mengenai bidang industri bisnis, nilai-nilai, dan budaya perusahaan merupakan hal yang tidak kalah penting. Sebagai seorang perekrut, tentunya kamu bertanggung jawab dalam memilih kandidat terbaik yang cocok dengan karakteristik perusahaan. Memahamivalueperusahaan dapat membuat kamu menjadi lebih selektif terhadap karyawan yang dirasa sudah tidak sejalan lagi. Kedua faktor itulah yang dapat menjaga kualitas sumber daya karyawan yang dimiliki perusahaan, sekaligus meningkatkan daya saing perusahaanmu dengan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang serupa.

  1. Memiliki kemampuan merekrut yang baik

Merekrut kandidat terbaik tentunya memiliki banyak tahapan yang harus dilalui. Seorang HRD harus melakukanscanningCV serta dokumen-dokumen pendukung yang dikirim oleh para kandidat secara teliti dan cermat. Ini merupakan tahapan yang paling krusial bagi proses perekrutan karena saat inilah “nasib” kandidat ditentukan. Jika salah menilai dan menyortir, perusahaan dapat kehilangan calon karyawan yang paling sesuai dengan karakteristik perusahaan. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan proses rekrutmen dengan menanyakan pertanyaan kritis yang dapat membantu kandidat menonjolkan diri.

  1. Menguasai penggunaan teknologi

Seorang HRD pastinya wajib mengikuti perkembangan teknologi, apalagi pada dunia yang serba digital seperti saat ini. Untuk memudahkan pekerjaanmu, terdapat beberapasoftwareyang dapat membantu kamu mengelola karyawan. Human Resource Information System atau HRIS adalahsoftwareyang mampu mengotomatisasi, menyimpan, dan memproses pengelolaan informasi karyawan di satu sistem terpusat. HRIS dapat membantu pengoptimalan kinerja karyawan yang menguntungkan perusahaan.

Beberapa fungsi HRIS adalah mengatur penggajian, rekrutmen, manajemen performa, manajemen kompetensi, manajemen waktu kerja, jenjang karir, dan pengembangan kompetensi karyawan. Selain HRIS, kamu juga dapat menggunakansoftwarelainnya untuk mengelola informasi atau data karyawan. Beberapasoftwareyang dapat dipertimbangkan adalah gtHR Software HR, Manatal, Zoho Recruit, Bamboo HR, Lever, dan JazzHR.

  1. Mengetahui jenisassessmentterbaik bagi perusahaan

Assessmentadalah penilaian terhadap karyawan yang dilakukan oleh perusahaan dalam periode waktu tertentu.Assessmentberfungsi sebagai “jembatan” bagi perusahaan untuk mengidentifikasi jalur karir atau tahapan karir karyawan. Hal ini membantu HRD dalam menentukan apakah karyawan tersebut memenuhi syarat untuk menduduki posisi tertentu atau menerima promosi naik jabatan.Assessmentjuga dipercaya dapat mempererat hubungan antara karyawan dengan perusahaan. Beberapa jenisassessmentyang dapat kamu pertimbangkan adalahassessment center, field review, management by objectives(MBO), dan lain-lain.

Soft skills yang penting dimiliki

Soft skill adalah kemampuan intrapersonal yang cukup penting untuk dimiliki oleh setiap orang, terlepas dari bidang pekerjaan yang dijalaninya. Soft skill identik dengan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Memiliki dan mengembangkan soft skills tentunya dapat mendukung karirmu sebagai HRD.

  1. Memiliki kemampuan komunikasi dan intrapersonal yang baik

Sebagian besar tugas ataujob descriptionseorang HR melibatkan interaksi dengan manusia. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik tentunya akan sangat membantu ketika kamu diminta untuk berbicara di depan publik. Misalnya ketika kamu harus membuka acara program pelatihan karyawan,office gathering, office anniversary, dan acara-acara kantor lainnya.

Kemampuan interpersonal juga tentunya tidak kalah pentingnya untuk dikuasai. Kemampuan ini meliputi pemilihan diksi yang tepat bagi masing-masing acara dan suasana, bersikap empati ketika mendengar keluh kesah karyawan, dan memiliki kemampuanproblem solvingsekaligus menjadi pribadi yang solutif.

  1. Memahami manajemen konflik dan penyelesaian masalah

Konflik karyawan merupakan suatu hal yang sangat wajar terjadi dan tidak dapat dihindari. Bagi sebagian karyawan, masalah atau perselisihan yang terjadi dapat diselesaikan dengan kepala dingin oleh kedua belah pihak. Namun, tidak jarang juga bagi HRD untuk turun tangan dalam menyelesaikan masalah yang lebih rumit.

Inilah saat di mana seorang HRD harus memiliki pemahaman yang mendalam soal konflik, termasuk cara terbaik dalam mengatasinya. Semakin cepat HRD mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah, semakin cepat pulawork flowdan situasi di kantor menjadi normal. Namun, pastikan kamu mengambil keputusan yang paling adil bagi kedua belah pihak, ya!

  1. Bersikap netral

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, memiliki sifat netral merupakan tugas pokok seorang HRD. Dalam memberikan solusi, HRD harus bisa menempatkan dirinya secara profesional dan mempertimbangkan seluruh aspek pendukung konflik. Hal ini meliputi keterlibatan dan kepentingan para pihak yang berseteru, hingga faktor internal seperti watak dan sifat karyawan.

Hal ini dilakukan agar HRD tidak mengambil keputusan yang salah. Cobalah untuk mendengarkan cerita dari masing-masing pihak, hindari provokasi dari pihak yang lebih dominan, dan jangan melakukan penilaian hanya berdasarkan beberapa sudut pandang saja.

  1. Memiliki kemampuan negosiasi

Sebagai seseorang yang bertanggung jawab atas proses rekrutmen, tentu saja negosiasi merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh HRD. Kemampuan ini akan sangat bermanfaat ketika kamu hendak menanyakan gaji yang diharapkan atau rentang gaji, terutama kepada para kandidat senior yang telah memiliki pengalaman kerja yang cukup lama. HRD bertanggung jawab untuk menemukan “titik tengah” yang bersifat saling menguntungkan dari segala persetujuan dan kontrak kerja antara calon karyawan dengan perusahaan.

Bekali diri dengan pelatihan tambahan

Setelah menguasai 9 kemampuan dasar yang telah dijelaskan, kamu juga dapat menambah nilaiplusdirimu dengan mengambil pelatihan tambahan. Ada banyak sekalionline platformyang dapat membantumu mengembangkan karir. Fiturnya pun beragam, mulai dari webinar, kelas virtual, hingga materi dalam bentuk video yang dapat kamu akses di manapun dan kapanpun.

FutureLearn adalah situs kuliah online gratis yang memiliki partner universitas ternama dari berbagai negara, seperti Inggris, New Zealand, Swiss, Irlandia, Australia, dan masih banyak lagi. Kamu dapat mengambilcourseyang dapat membantu pengembangan karir HRD seperti HR Fundamentals, International Human Resources Management: An Introduction, Human Resources: Hiring and Managing Talent in the 21st Century, dan masih banyak lagi!

Memiliki impian untuk menjadi seorang HRD bukanlah hal yang mustahil. Walaupun diharuskan untuk menguasai beragam kemampuan dan memiliki latar belakang yang selaras dengan bidanghuman resource, pastikan juga kamu tetap memiliki transferable skills agar terlihat lebih menonjol dibandingkan kandidat lain. Jangan lupa untuk terus percaya diri dan pantang menyerah!

Itulah tadi 9 kemampuan dasar yang wajib dikuasai oleh para HRD. Cek lowongan kerja di JobStreet untuk menemukan pekerjaan HRD maupun pekerjaan lain yang dapat mendorong keterampilan di bidangmu saat ini. Bagi parafresh graduate, kamu juga bisa menemukan tips dan cara membuat CV yang menarik dengan membaca artikel ini.

Jangan lupa untuk selalu perbarui profil JobStreetmu setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Tetaplah terkoneksi bersama kami kapan pun dan di mana pun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store. Kunjungi laman Tips Karir untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.