Ingin jadi Sales Executive? Yuk Baca Artikel Ini!

Ingin jadi Sales Executive? Yuk Baca Artikel Ini!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

jenjang karier sales executive

Cari Tahu Jenjang Karier Sales Executive!

Sales executivebertanggung jawab atas penjualan dalam suatu perusahaan. Seorangsales executivebiasanya menjadi penghubung antara perusahaan dan konsumen atau perusahaan dan perusahaan lain.

Tanggung jawabsales executivesecara umum meliputi:

  • Berkomunikasi dan bernegosiasi dengan klien dan calon klien
  • Melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi potensi dan kebutuhan konsumen
  • Membuat dan mencapai  target penjualan
  • Meninjau dan menganalisis penjualan perusahaan
  • Mengembangkan peluang bisnis baru dan strategi penjualan

Berapa estimasi gajisales executive?

Besarnya gaji seorangsales executivebervariasi, namun secara umum berkisar antara Rp4.000.000,00 hingga Rp15.000.000,00 per bulan. Kisaran gajisales executivejuga bervariasi berdasarkan industri. Berikut perkiraannya berdasarkan industri:

  • IndustriE-Commerce: Rp13.000.000,00-Rp15.000.000,00 per bulan
  • Industri Logistik dan Pergudangan: Rp9.000.000,00 hingga Rp13.000.000,00 per bulan
  • Industri Manufaktur: Rp7.500.000,00 hingga Rp12.000.000,00 per bulan
  • Industri Trading: Rp9.000.000,00 hingga Rp15.000.000,00 per bulan
  • Industri Konstruksi: Rp10.000.000,00 hingga Rp15.000.000,00 per bulan
  • Industri Petrokimia: Rp14.000.000,00 hingga Rp23.000.000,00 per bulan
  • Industri Otomotif: Rp5.000.000,00 hingga Rp8.000.000,00 per bulan

Beberapa hal mempengaruhi gajisales executive, seperti pengalaman, besarnya perusahaan, dan Upah Minimum Regional (UMR). Hal-hal ini perlu kamu pertimbangkan ketika ingin membangun karier sebagaisales executive.

Bagaimana jenjang karier seorang Sales Executive?

Sebagaisales executive, perkembangan kariermu sangat bergantung pada prestasi penjualan dan pengalamanmu. Semakin berpengalaman dan sering memenuhi target, kamu akan diberi tanggung jawab untuk berkomunikasi dan bernegosiasi dengan klien yang lebih besar. Kesuksesan dalam mencapai target juga sangat berpengaruh apabila kamu ingin mengajukan kenaikan gaji. Umumnya, jenjang kariersales executiveadalah sebagai berikut.

Dengan pengalaman yang cukup dan tepat, kamu dapat melanjutkan karier sebagai sales manager atau area sales manager. Setelah berpengalaman menjadisales manager, kamu bahkan dapat melanjutkan sebagai national sales manager. Kemudian, kamu dapat melanjutkan sebagai sales director atau head of sales. Kemajuan karier dalam bidangsalessangat terikat dengan angka penjualan dan kemampuan negosiasimu.

Apa saja yang dibutuhkan untuk menjadisales executive?

Keterampilan

Ada beberapa keterampilan yang akan kamu butuhkan sebagaisales executive. Beberapa keterampilan itu meliputi:

  • Kemampuan berkomunikasi

Keberhasilanmu untuk menjual produk atau jasa sangat bergantung dengan kemampuan komunikasi. Kamu akan membutuhkan kemampuan berkomunikasi verbal dan tertulis yang bagus untuk menjalankan pekerjaanmu sebaik mungkin. Gunakanlah bahasa yang profesional namun personal sehingga kamu dapat membangun hubungan yang awet, dekat, dan tetap profesional.

  • Negosiasi

Selain kemampuan berkomunikasi, kamu juga butuh kemampuan bernegosiasi yang baik. Kemampuan negosiasi akan membantumu membangun hubungan dengan klien dan mencapai target penjualan perusahaan. Negosiasi yang kamu lakukan juga harus fleksibel. Kamu harus dapat beradaptasi sesuai dengan jenis klien yang sedang kamu hubungi. Setiap klien berbeda-beda dan kamu harus menyesuaikan pendekatanmu dengan karakter mereka masing-masing.

  • Pengetahuan mengenai pasar

Sebagai seorangsales executive, kamu harus mengetahui tren terbaru dan perubahan yang terjadi di pasar. Tidak memperhatikan keadaan pasar terkini dapat memberi dampak buruk kepada performamu. Keadaan pasar akan mempengaruhi pendekatan dan strategi penjualan yang efektif. Karena itu, kamu harus betul-betul memperhatikan pasar dan beradaptasi sesuai dengan apa yang sedang terjadi di pasar.

  • Pemahaman mengenai produk dan perusahaan

Selain memiliki pengetahuan mengenai pasar, kamu juga harus memiliki pemahaman mengenai barang atau jasa yang kamu tawarkan ke klien.  Kamu harus mengetahui seluk beluk produk perusahaanmu sehingga kamu bisa sukses menjualnya ke klien. Kebanyakan perusahaan akan memberikan pelatihan dasar mengenai produk mereka sehingga kamu belajar mengenai produk yang akan kamu jual.

  • Manajemen waktu

Sebagai penghubung antara perusahaan dan klien, kamu akan perlu banyak berinteraksi dengan pihak internal perusahaanmu dan para klien. Untuk dapat menjadi penghubung yang efektif, kamu harus bisa mengatur waktu sedemikian rupa sehingga komunikasi dengan klien dapat berjalan seefektif dan seefisien mungkin.

  • Kemampuan bercerita

Ketika kamu hendak menjual suatu produk, kamu tidak hanya sedang menjual produk tetapi juga cerita dibalik produk tersebut. Kamu perlu kemampuan bercerita yang memadai untuk berhasil menjual cerita dari produk tersebut kepada klien. Kamu tidak cukup hanya menjual produk secara langsung, tapi kamu juga harus membuat klien percaya dengan produk yang kamu tawarkan. Apabila klien percaya dengan produk dan cerita dibalik produk tersebut, tentu kamu akan membangun hubungan yang tahan lama dengan klien tersebut. Ceritakan filosofi dibalik produk tersebut dan bagaimana produk tersebut dapat membantu hidup mereka.

Pendidikan

Untuk menjadisales executive, kamu membutuhkan gelar sarjana di bidang bisnis, pemasaran, manajemen, ekonomi, atau bidang lainnya yang berkaitan. Untuk naik ke jenjang karier selanjutnya, seorangsales executivemungkin perlu melanjutkan pendidikan untuk mendapat gelar magister di bidang manajemen bisnis.

Sertifikasi dan Pelatihan

Umumnya lowongan kerja hanya membutuhkan gelar sarjana dan tidak mewajibkan sertifikasi apapun. Namun, memiliki sertifikasi dapat membuat kamu lebih unggul dibanding kandidat lain. Selain itu, untuk mendapatkan sertifikasi biasanya kamu perlu mengikuti pelatihan dan ujian. Dalam beberapa industri, memiliki sertifikasisaleskhusus industri tersebut merupakan suatu hal yang sangat berguna. Sertifikasi tersebut menunjukan bahwa kamu benar-benar menguasai produk yang dijual. Salah satu contohnya adalah Sertifikasi Profesi yang dikeluarkan oleh Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI). Apabila kamu bekerja dalam bidangsalesdi industri asuransi, memiliki sertifikasi tersebut sangat berguna karena akan menunjukan bahwa kamu sangat paham dan kompeten dalam bidang asuransi.

Kemampuanmu sebagaisales executivedinilai dari strategi dan angka penjualanmu sehingga kemampuanmu umumnya tidak dinilai menggunakan sertifikasi. Namun, kamu dapat mengikuti seminar atau pelatihan di bidang penjualan untuk mengasah kemampuan dan menambah pengetahuanmu.

Pengembangan jenjang kariersales executive

Berikut adalah tips-tips yang dapat kamu ikuti untuk mengembangkan karier di bidang sales.

  • Raih gelar sarjana (S1) dan magister (S2)

Untuk menjadisales executivekamu akan membutuhkan gelar sarjana di bidang bisnis, pemasaran, manajemen, ekonomi, atau bidang lainnya yang berkaitan. Gelar magister di bidang bisnis atau bidang terkait lainnya dapat membantumu mengembangkan karier.

  • Magang dan pelatihan

Kegiatan magang dan pelatihan akan membuatmu lebih menonjol dibanding kandidat lain, terutama jika kamu adalah seorangfresh graduate. Carilah kegiatan magang dan pelatihan untuk menambah pengalamanmu di bidangsalesataumarketing. Kamu juga dapat melatih keterampilanmu dengan pelatihan keterampilan kerja. JobStreet berkolaborasi dengan FutureLearn untuk memberikan kamu kesempatan untuk melatih keterampilan kerja secara gratis.

  • Kumpulkan pengalaman

Apabila kamu tidak memiliki pengalaman, mulailah mencari lowongansales representativeatau staf bidangsales. Dengan pengalaman dan performa yang memuaskan, kamu dapat melanjutkan karier sebagaisales executive.

  • Perbarui Resume atau CV

Jangan lupa untuk memperbarui resume atau CV sebelum melamar pekerjaan. Buatlah dengan jujur dan pastikan semua informasi di CV atau resume-mu akurat. Selain itu, pastikan juga untuk memperbarui profilmu sehingga perekrut dapat melihat keterampilan dan kemampuanmu.

Contoh resumesales executive

Tunjukan pengalaman dan sertifikasimu di CV atau resume-mu. Buatlah resume atau CV yang menarik dan mudah dimengerti. Sebelum mengirim CV atau resume, pastikan informasi yang tertulis akurat dan terkini. Berikut adalah contoh resume yang dapat kamu buat.

Safira Handayani

+6281266641777/ [email protected]

Jl. Ki Hajar Dewantara No. 4, Denpasar

KarierSales RepresentativePT Meta Kirana, Tbk (2017 - saat ini)
  • Melakukan pengenalan dan penjualan produk
  • Berkomunikasi dengan klien
  • Mengurus administrasi untuk klien
Sales Promotion Girl (SPG)PT Evana Indah, Tbk (2015 - 2017)
  • Menawarkan produk
  • Mempromosikan produk
  • Mencatat penjualan
Kemampuan
  • Mengoperasikan Microsoft Office
  • Bahasa Inggris tulis dan lisan (IELTS 2021 - 7.5)
Pendidikan Terakhir
  • Sarjana Bisnis
Universitas Mulia (2014-2017)

Setelah membuat CV, langsunguploadke JobStreet dan jangan lupa untuk memperbarui profil agar perekrut dapat melihat potensimu. Perbaruilah profilmu setiap mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Tunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik!

Jangan lupa untuk mengunjungi situs JobStreet untuk mencari lowongan pekerjaan. Kamu juga dapat mencari lowongan melalui aplikasi JobStreet. Unduh aplikasinya melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.