Cek Info Lengkap Network Engineer dan Jenjang Kariernya!

Cek Info Lengkap Network Engineer dan Jenjang Kariernya!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

jenjang karier network engineer

Di era serba digital, komputer dan jaringan internet merupakan dua hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Mulai dari bekerja, belajar, belanja, bahkan hingga kursus musik dan konsultasi dengan dokter bisa dilakukan secara daring. Oleh karena itu, teknisi jaringan komputer ataunetwork engineermenjadi salah satu pekerjaan yang mengambil banyak perhatian.

Jika kamu berminat memulai karier sebagainetwork engineerdan masih penasaran soal prospek kerja serta kemampuan yang diperlukan, yuk simak artikel berikut!

Apa saja yang dilakukanNetwork Engineer?

Network engineeradalah seseorang yang bertanggung jawab atas perbaikan, pemeliharaan sebuah jaringan. Untuk menjadinetwork engineerprofesional, kamu harus memiliki pemahaman strukturhardwaresecara umum, cara komponen saling bekerja sama, dan diagnosis masalah yang dialami. Pada realitanya,network engineerprofessional sangat dicari oleh seluruh bidang industri, baik perusahaan teknologi informasi (TI) maupun non-TI.

Berikut adalah tugasnetwork engineer:

  • Membuatplanningdan topologi jaringan seperti alokasi IP address, VLAN, routing, dan lain-lain
  • Mendukung upaya pemakaian jaringan
  • Memimpin pengadaan peralatan
  • Membangun jaringan yang aman dan efisien
  • Mengaplikasikan keamanan jaringan, seperti membuat aturanfirewallyang memblok akses kenetworkatauwebsitetertentu
  • Membuatbandwidth managementagarbandwidthterdistribusi kepadauserdengan baik
  • Melakukanon-sitedanremote supportdalam masalah-masalah tertentu

Berapa estimasi gajiNetwork Engineer?

Perkiraan rata-rata gaji seorangnetwork engineeradalah Rp5.000.000,00 hingga Rp12.000.000,00 per bulan. Namun, rentang gaji tersebut juga akan sangat dipengaruhi oleh faktor seperti Upah Minimum Regional (UMR), pengalaman, tingkat pendidikan, reputasi perusahaan, hingga besarnya proyek yang dijalani atau besarnya perusahaan.

Bagaimana jenjang karier seorangNetwork Engineer?

Tingkat Junior (pengalaman kerja < 2 tahun)

Tingkat Senior (pengalaman kerja 2 - 10 tahun)

Tingkat Manager (pengalaman kerja > 10 tahun)

Apa saja kriteria untuk menjadiNetwork Engineer?

Selain mengantongi ilmu dalam bidang IT,networking, dan komputer, tentu saja kamu harus memiliki keterampilan lain agar dapat terlihat lebih menonjol daripadanetwork engineeryang lain.

Keterampilan untuk jenjang karierNetwork Engineer

Berikut adalah keterampilan yang wajib dimiliki seorangnetwork engineer.

  1. Keterampilan interpersonal

Setiap pekerjaan membutuhkan keterampilan interpersonal untuk meningkatkan karier. Bagi seorangnetwork engineer, penting bagi kamu untuk memiliki keterampilan seperti kreativitas, integritas, serta ketekunan dalam melakukan pekerjaan atau proyek, agar dapat menghasilkan yang terbaik. Dengan memiliki keterampilan berkomunikasi dengan orang lain, kamu dapat melaksanakan tugas dengan baik sekaligus menjadi pribadi yang bernilai.

2. Keterampilan teknis

Ini merupakan keterampilan yang paling penting, karena keterampilan teknis adalah keterampilan yang berkaitan langsung dengannetworking. Sebagainetwork engineer, kamu perlu menguasai keterampilan seperti mampu merakit, memperbaiki, hingga menginstalasi sistem operasi dan aplikasi pada komputer, mampu membangun jaringan telepon menggunakan teknologi PBX maupun VoIP, mampu membuat website mulai dari bahasa HTML, PHP, hingga Ajax/Javascript, mampu mengadministrasi perangkat Cisco Switch dan Router, dan lain-lain.

3. Komunikasi yang baik

Dalam dunia kerja, seorangnetwork engineertentunya harus menguasai kemampuan dalam berkomunikasi yang baik agar dapat menjalin hubungan tanpa kesalahpahaman, entah itu dengan atasan,stakeholders, maupun pelanggan. Komunikasi yang bermutu tentu dapat menumbuhkan kepercayaan klien kepadaengineer.

4. Kemampuan menganalisis

Kemampuan ini akan sangat berguna bagi seorangnetwork engineerdalam melakukan diagnosis pada perangkat yang ditanganinya. Pasalnya, menganalisis atau menelaah masalah yang ada padahardware, software,hinggaserverinternet merupakan tugas utama seorangnetwork engineer. Dengan memiliki kemampuan analisis yang baik, kamu dapat menghemat waktu dan tenaga untuk langsung mengatasi masalah dari akarnya.

5. Kemampuan berpikir strategis

Dalam memperbaiki perangkat yang bermasalah, tentunya kemampuan berpikir secara strategis memiliki peran yang sangat penting. Maksud dari strategis adalah mempertimbangkan berbagai macam cara dan memilih yang paling menguntungkan bagi perusahaan, tanpa merugikanstakeholdersyang lainnya.

Pendidikan dan pelatihan

Bagi yang tertarik untuk menjadinetwork engineer, umumnya kamu harus menempuh pendidikan sarjana di jurusan yang relevan. Terdapat dua jurusan yang bisa kamu ambil, yaitu teknik komputer dan teknik elektro. Di jurusan tersebut, kamu akan mendapatkan pendidikan serta pelatihan mengenai komputer dan jaringan.

Selain itu, di samping pendidikan formal, ada baiknya bagi kamu untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman lewat kursus-kursusonline. Berikut adalah beberapa contoh kursus yang mungkin dapat membantu kamu menjadinetwork engineerprofessional!

The Open University

The Open University

Coventry University

Selain kursusonlinedi atas, kamu bisa mengunjungi lama FutureLearn untuk mencari pelatihan yang tepat agar keterampilanmu sebagainetwork engineermeningkat.

Sertifikasi

Bagi seorangnetwork engineer, memiliki sertifikat keahlian sangat berpengaruh besar pada karier. Dengan memiliki sertifikat, keahlianmu sebagainetwork engineertidak dapat diragukan lagi. Katanya, dengan memiliki sertifikat tertentu, kamu juga akan memiliki nilai lebih di mata perekrut, lho!

Salah satu sertifikat yang wajib dimilikinetwork engineeradalahCisco Certification Network Associateatau CCNA. CCNA merupakan sebuah program sertifikasi di industri jaringan komputer yang dikeluarkan oleh Cisco System, perusahaan yang saat ini secarade-factomenjadi standar teknologi jaringan komputer di dunia. CCNA merupakan sertifikasi tingkat menengah. Artinya, kamu sudah dianggap mampu mengelola jaringan levelmedium-highskalaenterprise. Sertifikasi CCNA dapat diperoleh setelah memperoleh pelatihan serta mengambil ujian. Setelah memperoleh sertifikasi CCNA, kamu dapat meningkatkan kemampuanmu ke jenjang berikutnya dengan mengambil sertifikasiCisco Certified Network Professionalatau CCNP, kemudian sertifikasiCisco Certified Internetwork Expertatau CCIE.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sertifikasi CCNA, kamu bisa klik di sini.

Cara menulis resume untukNetwork Engineer

Selain menempuh pendidikan di bidang yang berkaitan serta memiliki sertifikasi yang dibutuhkan, kamu dapat memperluas koneksi atau membangunpersonal brandingdi media sosial untuk memperoleh pekerjaan. Namun, kamu juga perlu mencantumkan pengalaman yang kamu peroleh selama mengenyam pendidikan dan meniti karier agar dapat dilirik oleh perekrut. Jadi, pastikan untuk menunjukkannya lewat resume yang berkualitas, seperti berikut ini!

Budi Santoso

(Detail Kontak)

KarierSenior Network EngineerPT Citra Sejahtera (Mei 2017 - saat ini)
  • Merancang jaringan fungsional (LAN, WLAN, WAN)
  • Mengatur dan memasang perangkat lunak, server, router, dan perangkat jaringan lainnya
  • Memantau kinerja dan integritas jaringan
  • Mendelegasikan tugas kepada anggota tim
  • Memantau kinerja anggota tim
  • Memberikan saran teknis dan rekomendasi untuk mendukung pengembangan jaringan
  • Membuat panduan (user guide)yang berhubungan dengan jaringan komputer bagi pelanggan
  • Melakukanmonitoring, troubleshooting,dan perbaikan jaringan internal perusahan
Junior Network EngineerPT Kilau Cahaya (April 2015 - April 2017)
    • Mengentri data program
    • Mengatur dan memasang perangkat keras dan perangkat lunak jaringan sesuai instruksi
    • Memberikan laporan status jaringan kepadasupervisordan/atausenior network engineer
  • Menguatkan dan mengawasifirewallsesuai dengan prosedur keamanan TI yang ditetapkan
IT SupportPT Samudera (Agustus 2015 - Januari 2016)
  • Memastikan seluruh perangkat yang digunakan user dapat dipakai tanpa hambatan
  • Memperbaiki perangkat yang rusak
  • Melakukan pembaruan sistem operasi secara berkala
Keterampilan
  • Merakit dan memperbaiki komputer
  • Mengatur server,trafficdanbandwidth
  • Merancang jaringan VoIP
  • Penguasaan Bahasa Inggris
PendidikanSarjana Teknik ElektroUniversitas Diponegoro, Semarang (2010-2015)

Demikian pembahasan lengkap seputar pekerjaan sebagainetwork engineerbeserta prospek kariernya di masa depan. Jangan lupa untuk membuat desain resume atau CV yang menarik, namun pertahankan gaya yang singkat dan padat. Bila masih memerlukan tips untuk membuat resume baginetwork engineer, kamu bisa menemukannya di sini.

Setelah membuat resume, kamu bisa langsunguploadresume tersebut dan perbarui profil Jobstreet-mu. Bila belum mendaftar, jangan ragu dan segera daftarkan diri kamu di sini ! Agar lebih mudah, kamu bisa mengunduh aplikasi JobStreet di Google Play Store atau Apple App Store.

Untuk informasi seputar proses rekrutmen dan pendaftaran kerja di berbagai industri, kamu bisa mengunjungi halaman Tips Karier kami. Bila ingin memperoleh informasi tentang tren pekerjaan saat ini, kamu bisa men-downloadlaporan kami: Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.