Ingin Tahu Prospek Kerja Guru TK? Yuk Ketahui Jenjang Kariernya!

Ingin Tahu Prospek Kerja Guru TK? Yuk Ketahui Jenjang Kariernya!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Seseorang yang bekerja sebagai tenaga pendidik tentunya mengemban tanggung jawab yang besar. Mulai dari profesi guru hingga dosen, karier ini bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Seorang tenaga pendidik pastinya akan dihadapkan dengan berbagai tantangan. Mulai dari merencanakan materi pembelajaran, memimpin kegiatan belajar di kelas, membimbing proses perkembangan siswa-siswi, hingga menjalin hubungan baik dengan orang tua murid. Dalam menjamin proses pendidikan berkelanjutan, peran seorang guru taman kanak-kanak sangatlah krusial sebagai langkah dasar untuk membekali setiap murid meniti pendidikan di masa yang akan datang.

Selain itu, seorang guru taman kanak-kanak tidak hanya bertugas untuk memberikan pembelajaran di ruang kelas secara efektif. Mengajarkansoft skillsseperti pendidikan budi pekerti, kemandirian, empati, komunikasi, bahkan kepemimpinan merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh pendidik pra-sekolah dasar.

Jika kamu tertarik untuk meniti karier sebagai guru TK, sebaiknya kamu memahami berbagai tanggung jawab, kualifikasi dan sertifikasi yang dibutuhkan, serta jenjang karier yang dapat diraih melalui profesi ini. Yuk mulai baca penjelasan di bawah!

Apa saja tanggung jawab guru TK?

Seorang guru TK akan dihadapkan dengan anak-anak berusia 4-6 tahun yang baru mengenal dan menyesuaikan dirinya dengan kegiatan belajar mengajar. Pada usia sedini ini, setiap anak perlu mendapatkan pendidikan yang interaktif dan stimulatif agar potensi pertumbuhannya dapat berkembang secara optimal.

Di bawah ini merupakan tugas umum seorang guru TK dalam memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi setiap muridnya:

  • Menyusun rencana pembelajaran harian, mingguan, dan bulanan secara berkala.
  • Membuat rancangan program dan aktivitas khusus yang akan diadakan untuk memperingatieventtertentu.
  • Membimbing, membantu, dan mengarahkan murid dalam proses pembelajaran di kelas.
  • Membuatworksheetdan bahan ajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran.
  • Mengamati dan mengevaluasi sikap, perkembangan sosial, dan kesehatan fisik murid.
  • Membuat dan mengarsipkan laporan setiap anak didik mengenai proses belajar, potensi minat bakat, perilaku sosial, dan prestasi yang diraih.
  • Mengenal dan membangun hubungan baik dengan setiap anak didik agar dapat memperoleh kemampuan dalam mendidik anak sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.
  • Menjaga hubungan baik dengan orang tua murid untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan anak dalam proses pembelajaran.
  • Mengadakan rapat dan konsultasi dengan orang tua murid untuk melaporkan proses belajar, minat dan bakat, perilaku, serta prestasi anak.
  • Mengambil langkah solutif dan cepat ketika murid menghadapi berbagai hambatan dalam proses pembelajaran.
  • Berkoordinasi dengan staf kurikulum untuk merancang optimalisasi program dan target pembelajaran yang dibutuhkan untuk menjamin perkembangan murid.

Berapa kisaran gaji seorang guru TK?

Sebelum mengambil langkah untuk berkarier sebagai guru taman kanak-kanak, pastinya kamu ingin mengetahui estimasi gaji yang bisa kamu peroleh. Berikut adalah beberapa faktor yang pada umumnya memengaruhi gaji profesi guru TK:

  • Upah minimum regional (UMR)
  • Jenis instansi sekolah
  • Jenjang pendidikan terakhir
  • Pengalaman kerja yang dimiliki
  • Sertifikasi yang dimiliki

Estimasi gaji yang dapat diperoleh seorang guru TK dapat berkisar dari Rp1.200.000-Rp3.500.000. Rentang gaji tersebut pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh lokasi dan jenis institusi pendidikan. Jika kamu bekerja di sekolah negeri, gaji yang diperoleh akan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait jenis golongan dan pangkat tenaga pendidik. Sementara itu, jika kamu bekerja di sekolah swasta, biasanya pertimbangan mengenai upah guru akan ditentukan sesuai dengan kebijakan dan panduan yang dimiliki oleh yayasan atau institusi terkait.

Apa saja sih prospek kerja guru TK?

Untuk menjamin keberlangsungan masa depan kariermu, kamu harus memahami berbagai macam profesi tenaga pendidik yang dapat dijalani dalamlistdi bawah ini:

Kualifikasi apa saja sih yang harus dimiliki?

Keterampilan wajib

  1. Kemampuan pedagogik

Kemampuan pedagogik adalah keterampilan dalam mengelola proses pembelajaran membangun interaksi dengan peserta didik atau murid. Terdapat tujuh aspek dalam kompetensi pedagogik yang harus kamu kuasai, yaitu:

  • Pemahaman karakteristik peserta didik
  • Konsep dan teori belajar didasari prinsip pembelajaran yang mendidik
  • Kemampuan pengembangan kurikulum
  • Kemampuan menjalankan proses pembelajaran yang mendidik
  • Pengembangan potensi para peserta didik
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Kemampuan memberikan penilaian dan evaluasi belajar

2.Kompetensi kepribadian

Kompetensi kepribadian berkaitan dengan karakter personal seorang guru. Bila ingin menjadi guru, pastikan bahwa kamu dapat mencerminkan citra yang positif. Sebagai seorang guru, kamu akan menjadi teladan bagi para murid. Menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang supel, sabar, disiplin, jujur, empati, serta bertindak sesuai hukum dan norma yang berlaku merupakan berbagai contoh karakter baik yang dapat dimiliki oleh seorang guru.

3.Kompetensi profesional

Kompetensi profesional merupakan keterampilan dalam menyelesaikan hal-hal teknis yang berkaitan langsung dengan kinerja guru. Inilah indikator kompetensi profesional guru yang harus kamu perhatikan:

  • Menguasai materi pelajaran yang diampu
  • Menguasai Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pelajaran, serta tujuan pembelajaran dari suatu mata pelajaran yang diampu
  • Mampu mengembangkan materi pembelajaran dengan kreatif
  • Mampu bertindak reflektif demi mengembangkan sikap profesional
  • Mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran serta pengembangan diri

4. Kompetensi sosial

Kompetensi sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi serta interaksi secara umum. Kamu perlu memiliki keterampilan dalam berbicara. Baik itu dengan siswa, staf tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara umum. Inilah indikator kompetensi sosial guru yang harus kamu miliki:

  • Mampu bersikap inklusif, objektif, dan tidak diskriminatif
  • Mampu menjalin komunikasi dengan baik dan efektif
  • Mampu beradaptasi dan menjalankan tugas sebagai guru di berbagai lingkungan yang memiliki latar belakang yang beragam.

5. Pengoperasiangadgetdan perangkat lunak

Pada zaman digitalisasi dan pandemi Covid-19, kinerja seorang guru sangat bergantung pada kekuatan teknologi. Pembelajaran jarak jauh menjadi hal yang umum dilakukan untuk memastikan proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Mulai dari menggunakan aplikasi pertemuan virtual, website interaktif pembelajaran jarak jauh, hingga aplikasi kelas daring. Masifnya era digitalisasi ini akan menjadi penentu utama proses pendidikan anak di masa depan. Jadi, tidak ada salahnya kamu untuk menjelajahi internet untuk menemukan berbagai situs dan aplikasi yang dapat membantumu memaksimalkan proses kegiatan belajar.

Latar belakang pendidikan

Merujuk kepada UU No. 14 Tahun 2005 Pasal 8, seorang guru diwajibkan untuk memiliki kualifikasi akademik, yakni minimal lulus jenjang pendidikan sarjana atau diploma empat. Kamu dapat menyelesaikan masa studi ini selama empat tahun. Untuk menjadi guru sekolah taman kanak-kanak, sebaiknya kamu mengambil jurusan spesifik yaitu Jurusan Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK).

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menempuh jurusan-jurusan lain yang berfokus pada mata pelajaran tertentu seperti Pendidikan Olahraga, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Seni. Selain itu, beberapa institusi pendidikan juga memiliki preferensi khusus seperti mengharuskan guru TK memiliki gelar Sarjana Ilmu Psikologi.

Sertifikasi dan pelatihan guru

Sertifikasi guru, atau sergur, adalah pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi standar profesional atau kelayakan dalam kegiatan belajar mengajar. Sergur juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu profesi pendidik. Program sertifikasi ini dapat diikuti oleh seluruh guru di Indonesia.

Untuk mendapatkan informasi terkait mengenai sertifikasi dan pelatihan guru, pastikan kamu mengunjungi laman resmi di bawah ini:

Pengembangan jenjang karier guru TK

Menjadi guru mengharuskan kamu untuk menghadapi tuntutan perubahan zaman. Hal ini akan berkaitan dengan perubahan kurikulum serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, sebagai guru kamu harus proaktif dalam memperkaya pengetahuanmu mengenai berbagai macam isu dan situasi terkini. Selain itu, dengan perkembangan digitalisasi, metode dan minat murid dalam mengikuti proses belajar pun akan mengalami perubahan yang signifikan.

Berikut beberapa website interaktif yang dapat kamu gunakan untuk merancang aktivitas belajar menjadi lebih menarik:

Bagaimana cara membuat CV atau resume yang tepat?

Sebelum menghadapi tahapan wawancara kerja, kamu perlu menyertakan CV atau resume dalam berkas lamaranmu. Pastikan kamu membuat CV atau resume yang singkat, padat, dan informatif agar peluangmu untuk dilirik sebagai kandidat potensial oleh perekrut semakin besar!

Berikut adalah contoh format yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

Nana Kento Aji(+628-1234-5678)[email protected] ini saya berprofesi sebagai tenaga pendidikfreelancebagi anak usia 4-6 tahun. Dengan pengalaman selama 2 tahun dalam kegiatan belajar dan mengajar, saya memperoleh kemampuan dan pengalaman dalam mengelola efisiensi waktu, merancang rencana pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta kemampuan bekerja sama dengan staf kurikulum, orang tua siswa, juga rekan sejawat sebagai upaya memaksimalkan potensi tumbuh kembang anak. Besar harapan saya untuk dapat terus berkontribusi sebagai tenaga pendidik, khususnya di institusi pendidikan jenjang taman kanak-kanak.KarierFreelance Guru Les Matematika DasarKhusus anak usia 6-8 tahun (September 2019 - saat ini)
  • Mengajarkan Matematika dasar pada lima orang siswa kelas 1-3 setiap hari Senin dan Jumat.
  • Membuat silabus pembelajaran dan mengorganisasi jadwal.
  • Mengevaluasi dan melaporkan hasil belajar kepada orang tua murid.
Guru TKQueSera Preschool, (Juli 2020 - Juli 2021)
  • Menyusun rencana pembelajaran harian, mingguan, dan bulanan.
  • Membuat rancangan programworkshopketerampilan tahunan.
  • Membimbing, membantu, dan mengarahkan murid dalam proses pembelajaran di kelas.
  • Membuat game dan metode pembelajaran interaktif.
Asisten Guru Kelas 1Sigasina Private Elementary School (Juli 2019 - Juli 2020)
  • Membuat dan mengarsipkananecdotal recordsetiap siswa.
  • Membantu guru kelas utama menyusun rencana pembelajaran harian.
  • Membuatworksheetdan mencari referensi bahan ajar.
Kemampuan
  • Penguasaan Bahasa Inggris (IELTS 2020 - 7.5)
  • Penguasaan Microsoft Office, Google Classroom, Zoom
  • Penguasaan aplikasi pembelajaran interaktif (Kahoot! dan Nearpod)
Pendidikan Terakhir
  • S1 Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak
Universitas Pendidikan Scire (2015-2019)IPK: 3.45Webinar dan Workshop
  • Webinar Manajemen Sekolah di Masa Pandemi
diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Jaya Negara (2020)
  • Workshop Manajemen Emosi Anak Usia Dini
diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2019)

Kembangkan kariermu bersama JobStreet!

Jangan lupa untuk memperbarui profil JobStreet dengan mengunggah CV atau resume yang telah kamu buat. Perbaruilah profilmu setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik!

Kunjungi situs JobStreet untuk mencari lowongan pekerjaan yang dapat mengantar kamu mencapai kesuksesan karier. Tetap terkoneksi bersama kami kapan pun dan di mana pun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.