Ini Dia Skill yang Harus Kamu Miliki untuk Menjadi Seorang Content Creator!

Ini Dia Skill yang Harus Kamu Miliki untuk Menjadi Seorang Content Creator!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Jika kamu kreatif dan senang bekerja di media digital, mungkin kamu ingin mempertimbangkan karir di bidangcontent creation. Kata-kata, gambar, dan video adalah konten yang digunakan bisnis untuk memasarkanbrandmereka.Content creatoradalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memproduksi materi yang melibatkan konsumen melalui cerita tertulis dan visual. Kamu perlu mengembangkan kualitas tertentu dan mempelajari beberapa keterampilan utama untuk menjadi pembuat konten. Memahami tugascontent creatordan persyaratan pekerjaannya dapat membantumu mengejar posisi ini dengan lebih mudah. Baca terus artikel ini untuk mengetahui perancontent creatorserta mengetahui apa yang menjadi tantangan seorangcontent creator.

Apa saja pekerjaan yang termasuk ke dalam kategori content creator?

Timcontent creationbentuknya sangat beragam. Ada yang kecil dengan hanya beberapa kreator (atau satu kreator) yang mengambil banyak peran. Ada juga tim yang jauh lebih besar dengan tanggung jawab yang lebih khusus dan bahkan banyak orang yang menangani pekerjaan yang sama. Seiring bertambahnya ukuran timcontent creation, kemampuan sebuah brand untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi juga meningkat.

Jika kamu tertarik untuk memiliki karir di bidang pembuatan konten, berikut adalah pekerjaan yang termasuk ke dalam kategori content creator:

  • Production Assistant

Asisten produksi adalah seseorang yang memastikan timcontent marketinglainnya memiliki apa yang mereka butuhkan untuk melakukan tugas mereka. Asisten produksi mungkin bertanggung jawab untuk melakukan koordinasi bersama penulis dangraphic designer, memberikan data kepada analis dan melacak konten terjadwal. Asisten produksi bekerja di berbagai industri, jadi untuk bekerja dengancontent marketing, kamu mungkin ingin mencari posisi yang secara spesifik merupakan bagian dari timcontent marketing.

  • Graphic Designer

Seoranggraphic designermenggabungkan seni dan desain untuk membuat konten yang menarik. Desainer grafis bekerja di berbagai industri, tidak hanya dalamcontent marketing, namun mereka juga bisa menjadi anggota terpenting dalam timcontent marketing. Desainer grafis dalam timcontent marketingdapat membuat infografis, visual untuk situs web, membuat karya seni untuk artikel, atau bahkan mendesain animasi untuk video.

  • Content Specialist

Content Specialistadalah seseorang yang mungkin mengelola banyak bagian dari proses pemasaran konten, tergantung pada perusahaan dan kebutuhannya. Beberapa spesialis konten bekerja pada sistem dan perangkat lunak yang memungkinkan konten untuk menjangkau publik, sementara yang lain bekerja untuk membuat konten itu sendiri.

  • Content Editor

Seorangcontent editorbertugas untuk mengedit karya orang lain dan biasanya merupakan bagian dari timcontent marketingyang lebih besar, sehingga mereka memastikan apa yang dibuat oleh penulis dan orang lain dalam tim itu akurat dan efektif. Mereka juga memverifikasi konten mengikuti panduan gaya perusahaan atau klien sehingga ada konsistensi dalam konten.

  • Copywriter

Copywriter adalah seseorang yang membuat konten tertulis untuk digunakan dalam proyek marketing. Beberapacopywriterbekerja dalam periklanan atau bentuk pemasaran yang lebih terbuka, sementara yang lain bekerja di bidang pemasaran konten, yang berarti konten yang mereka buat lebih informatif daripada ditargetkan untuk penjualan. Seorangcopywritermungkin menulis artikel, teks infografis, buletin, teks situs web, dan berbagai jenis salinan lainnya.

  • Social Media Strategist

Seorangsocial media strategistberspesialisasi dalam membuat kampanye media sosial. Ahli strategi media sosial mungkin membuat rencana tentang cara menggunakan media sosial untuk mencapai tujuan tim pemasaran konten secara keseluruhan dan klien atau atasan mereka, serta membuat kalender konten yang direncanakan untuk media sosial dan menyusun konten tersebut.

Skillapa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorangcontent creator?

Content creatormenghasilkan media untuk audiens target dengan tujuan mengubah pengunjung(viewers)menjadi pelanggan(subscribers). Untuk melakukan hal ini, mereka perlu memahami audiens dan industri mereka, menerapkan strategi pemasaran, dan memiliki keterampilan yang tepat untuk membantu mereka melakukan tugas ini. Mempraktikkan keterampilan ini secara teratur dan mencari masukkan dapat membantu kamu mengembangkan keterampilan sebagai pembuat konten. Berikut adalah keterampilan yang kamu butuhkan untuk menjadi seorangcontent creator:

  1. Komunikasi

Pembuat konten perlu menyampaikan pesan dengan cara yang jelas dan menarik. Apa pun media yang digunakan untuk membuat konten, kamu memerlukan keterampilan komunikasi yang kuat. Misalnya, pembuat konten video dan audio membutuhkan keterampilan komunikasi verbal yang baik dan keterampilan menulis yang kuat untuk membuat skrip untuk produksi mereka. Pembuat konten yang mengembangkan materi tertulis membutuhkan pemahaman yang kuat tentang tata bahasa, struktur kalimat, dan format penulisan.

2. Rasa ingin tahu

Karena perubahan dalam industri ini terjadi dengan cepat, pembuat konten membutuhkan rasa ingin tahu untuk memberikan keahlian yang berkelanjutan. Pembuat konten menggunakan rasa ingin tahu mereka untuk tetap mengikuti perkembangan berita, inovasi, dan tren industri. Hal ini membantu mereka menawarkan konten segar dan bermanfaat kepada pelanggan mereka. Rasa ingin tahu juga membantu mereka dalam menyusun dan membagikan “konten levelexpert”di dalam industri mereka. Perusahaan yang dianggap sebagai pakar industri membantu membangun otoritas dan kepercayaanbrand.

3. Memahami audiens

Sebagai pembuat konten, penting bagi kamu untuk memahami apa yang diinginkan audiens dan tantangan apa yang mereka hadapi sehari-hari. Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan audiens, kamu dapat mengembangkan solusi yang bermanfaat melalui konten yang menarik. Konten yang bagus tidak hanya membangun hubungan, namun juga menghubungkan perusahaan dengan konsumennya yang dapat mengarah pada loyalitas brand. Pada akhirnya, mengetahui cara meneliti audiens target dapat membantumu membuat konten yang lebih baik yang menarik dan mempertahankan pelanggan.

4. Mengembangkan suaramu

Mengembangkan suaramu atau suara perusahaanmu dapat membuat kontenmu menonjol dari persaingan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki suara yang berkembang sehingga perspektif dan wawasan unik yang diberikan dapat menarik orang untuk kembali keplatformatau perusahaanmu. Sebagai pembuat konten, penting untuk menemukan cara yang tidak biasa atau menghibur untuk menginformasikan dan melibatkan pelanggan.

5. Kemampuan analitikal

Sebagai pembuat konten, merupakan hal yang sangat penting untuk fokus pada metrik tertentu dengan memastikan kontenmu menjangkau calon pelanggan dan mengarahkan lalu lintas ke perusahaanmu. Beberapa metrik yang menjadi fokus perusahaan mencakuptrafficsosial mediamu, tampilan konten,trafficorganik, dan apakah pelanggan mengirimkan informasi kontak mereka di situs web perusahaan. Pembuat konten menggunakan keterampilan analitis mereka untuk mengukur metrik ini dan untuk menentukan metode pengoptimalan konten terbaik. Misalnya, jika kamu berfokus pada metrik tampilan konten, kamu dapat meneliti konten yang menarik bagi audiensmu atau mempertimbangkan bagaimana kamu dapat membuat judul konten yang menarik untuk menghasilkan lebih banyak penayangan.

Bagaimana cara untuk menjadi content creator?

Jika kamu merasa tertarik untuk menjadicontent creatordan memiliki skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut, kamu bisa mulai mencoba langkah awal untuk menjadi content creator:

  1. Buatlah blog pribadi

Ketika kamu bisa secara konsisten menulis dan memproduksi konten untuk dirimu sendiri, kamu bisa mendapatkan pengalaman dalam penerbitan digital, yang merupakan platform terbesar yang digunakan pembuat konten. Kamu juga membentuk kebiasaan meneliti, mengembangkan, dan menulis konten secara teratur.

2. Ikuticontent creatorlain

Carilahinfluenceryang secara teratur memposting konten untukbranddan bisnis mereka sendiri yang merupakan pembuat konten terdepan di industri mereka. Pembuat konten terdepan dapat memberikan informasi berharga dalam pasar mereka, yang dapat menjadi inspirasi dalam pekerjaanmu sendiri.

3. Kerjafreelance

Setelah kamu mendapatkan pengalaman bekerja untuk tim konten dalam bisnis, kamu dapat menawarkan keahlianmu ke industri apa pun. Lanjutkan membaca dan meneliti tren di industri yang kamu buat.

Itulah tadi hal-hal penting yang kamu harus perhatikan ketika mau menjadi content creator. Tetap produktif di tengah masa pandemi dengan memperkaya keterampilanmu agar semakin dekat dengan kesuksesan karier yang kamu impikan. Jangan lupa untuk selalu memperbarui profil kamu setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah saatmu untuk tampil sebagai kandidat terbaik!

Tetaplah terkoneksi bersama kami kapanpun dan di manapun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store. Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.