Ini Dia Tips Sukses Pengembangan Karier di Industri Bisnis Retail!

Ini Dia Tips Sukses Pengembangan Karier di Industri Bisnis Retail!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Bisnis retail di Indonesia merupakan salah satu sektor industri dengan laju pertumbuhan yang paling menjanjikan se-Asia. Hal ini karena industri retail merupakan sektor utama yang mendukung keberlangsungan berbagai sektor industri lainnya. Mulai dari industri pangan, elektronik, otomotif, pakaian, kosmetik, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Meskipun dilanda pandemi, banyak perusahaan retail berhasil menghindari krisis berkepanjangan dengan bertransisi dari model ritel konvensional secaraoffline, dengan menghadirkan ritelonline. Dengan memanfaatkan sekitar 171.26 juta penduduk Indonesia sebagai pengguna internet, bisnis retail menunjukkan prospek karier yang menjanjikan dengan optimalisasi pemasaran produk secara digital.

Jika saat ini kamu tertarik atau sedang menjalani sebuah profesi di bidang retail, jangan lewatkan peluang meraih kesuksesan karier yang kamu impikan. Lalu, apa saja yang perlu diketahui agar perjalananmu meraih kesuksesan tersebut semakin mudah? Yuk, mulai persiapkan rencana pengembangan karier kamu di bidang industri retail dengan membaca artikel ini!

Apa itu bisnis retail?

Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan arti retail sebagai  usaha bersama dalam bidang perniagaan dalam jumlah kecil kepada pengguna akhir. Jadi, pengertian retail adalah proses bisnis yang berfokus pada transaksi penjualan barang kepada konsumen untuk dikonsumsi pribadi dan tidak diperjualbelikan kembali. Karena itu, kesuksesan bisnis perusahaan di bidang ini sangat ditentukan oleh kinerja aktivitas beragam profesi yang ada di dalamnya.

Beragam profesi di bidang bisnis retail

Terdapat banyak opsi profesi yang dapat kamu pilih untuk berkarier di bidang retail. Beberapa profesi tersebut memiliki prospek jenjang kariernya masing-masing. Berikut adalah beberapa pilihan karier yang dapat kamu jalani:

  1. Sales

  • Tingkat Junior (pengalaman kurang dari 3 tahun)

Staff Sales – Lihat lowongan di JobStreet

  • Tingkat Menengah (pengalaman 3-8 tahun)

Sales Manager – Lihat lowongan di JobStreet

  • Tingkat Senior (pengalaman lebih dari 8 tahun)

Head of Sales – Lihat lowongan di JobStreet

2. Marketing

  • Tingkat Junior (pengalaman kurang dari 3 tahun)

Staff Marketing – Lihat lowongan di JobStreet

  • Tingkat Menengah (pengalaman 3-8 tahun)

Marketing Manager – Lihat lowongan di JobStreet

  • Tingkat Senior (pengalaman lebih dari 8 tahun)

Senior Marketing Manager – Lihat lowongan di JobStreet

3. Customer service

  • Tingkat Junior

Customer Service Representative – Lihat lowongan di JobStreet

  • Tingkat Menengah (pengalaman 4-8 tahun pengalaman)

Customer Service Specialist – Lihat lowongan di JobStreet

  • Tingkat Senior (pengalaman 8 tahun atau lebih)

Customer Service Manager/Director – Lihat lowongan di JobStreet

4. Warehouse Logistic

Karena bisnis retail pasti memiliki gudang untuk penyimpanan barang, Karena itu, tersedia berbagai prospek profesi berjenjang di gudang logistik bisnis retail yang dapat kamu jadikan opsi berkarier. Berikut di antaranya:

5. Digital marketing

Tidak terbatas pada profesi di atas saja, seiring dengan perkembangan teknologi dan perkembangan bisnis retail secaraonline, hadir juga profesi digital marketing dan beberapa profesi lainnya yang berfokus untuk mengembangkan konten sosial media dan e-commerce yang dimiliki bisnis retail tersebut. Misalnya profesi di bawah ini:

6. Teknisi teknologi dan informasi e-commerce

Selain digital marketer, platform online seperti website yang dimiliki bisnis retail juga perlu dikembangkan oleh teknisi IT. Selain agar terlihat menarik dan mudah digunakan, beragam profesi teknisi IT ini berperan penting untuk memastikan kenyamanan pengalaman transaksi pelanggan dan menentukan strategi bisnis selanjutnya agar target penjualan tercapai. Berikut beberapa profesi tersebut:

Baca Juga: Prospek Kerja untuk Bidang IT di Indonesia

Tips pengembangan karier di industri retail

Perlu diketahui, memiliki profesi di bidang bisnis ini mengharuskan kamu untuk menjalani berbagai tugas dan permasalahan yang berhubungan dengan pelanggan agar target penjualan perusahaan dapat dicapai. Karena itu, kamu perlu menyusun strategi yang tepat jika ingin sukses bekerja secara efisien dan efektif. Berikut beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan untuk pengembangan karier di bidang industri retail:

  1. Menyiapkan perencanaan karier

Memasuki dunia kerja atau berpindah karier di bidang industri baru merupakan hal yang membingungkan sekaligus menakutkan untuk banyak orang, apalagi jika kamu belum terlalu memahami bidang industri retail secara menyeluruh.

Setelah melihat banyaknya opsi profesi di bisnis retail yang bisa kamu jadikan target yang ingin dicapai, kamu perlu mempersiapkan banyak hal khususnya menentukan jenjang karier yang ingin kamu tekuni.

Agar lebih mudah untuk menentukan, sebaiknya kamu membuat perencanaan yang dimulai dari mengenal kelebihan dan potensi diri, mengidentifikasi prospek dari setiap profesi di bidang retail yang tersedia, melakukan riset gaji, mempelajari resiko yang mungkin timbul, hingga menentukan tujuan jangka panjang dan pendek yang ingin kamu capai melalui profesi tersebut.

Agar semakin mudah lagi, JobStreet telah menyediakantemplateperencanaan karier yang dapat menjadi panduan kamu dalam menentukan persiapan untuk terjun di bidang bisnis retail.

2. Pahami cara perusahaan menjual produk mereka

Setiap perusahaan memiliki produk yang bervariasi, termasuk juga cara dan strategi penjualannya. Ditambah lagi, karena banyak perusahaan retail telah memasarkan produknya secaraonline, memahami cara kerja platform atau marketplace yang digunakan perusahaan akan membuat kamu mendapatkan ‘nilai plus’ di mata atasanmu.

Agar potensi kontribusimu untuk tumbuh kembang perusahaan semakin dilirik oleh perusahaan, pastikan untuk terus memperkayaskilldan pengalaman, khususnya di bidang sales atau marketing. Bersama JobStreet, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk melatih keterampilan kerja secara gratis dengan mengikuti kelas dan pelatihan di FutureLearn. Mulai dari pengetahuan tentang kemampuan analisis data, digital marketing, fintech dan e-commerce, hingga pengembangan UX/UI.

3. Mengetahui kultur kerja agar lebih mudah beradaptasi

Selain kualifikasi dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang, menunjukkan kepribadian, sikap, dan nilai yang sesuai dengan perusahaan dapat menjadi ‘nilai plus’ di mata atasan. Karenanya, jika kamu akan bekerja di sebuah perusahaan retail, pastikan mencari informasi mengenai hal tersebut di website atau sosial media perusahaan.

Dengan menunjukkan kemampuan beradaptasi dan mengikuti kultur kerja yang dimiliki oleh perusahaan, kamu dapat menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja dan juga atasanmu agar proses penyelesaian setiap pekerjaan semakin mudah dan maksimal.

4. Meningkatkantransferable skills

Kemampuan interpersonal yang baik sangat dibutuhkan oleh pekerja di bidang mana pun, terutama untuk profesi di bidang retail yang harus berhadapan langsung dengan konsumen yang memiliki karakter yang beragam. Dengan mengasah keterampilan ini, kamu dapat memberikan kontribusi kepada pemenuhan kebutuhan konsumen dan membangun nama baik perusahaan.

Hal ini akan membantumu memenuhi tanggung jawab, mempermudah membangun hubungan dengan konsumen dan rekan kerja, serta menambah nilai plus dalam performa kerja di mata manajemen. Berikut keterampilan lintas bidang yang perlu kamu asah untuk kesuksesan pengembangan karier di bidang retail:

  • Kecerdasan emosional

Menempatkan diri sebagai pendengar dan komunikator yang baik sangat penting untuk dimiliki dalam proses merencanakan memasarkan produk, menanggapi saran dan masukan konsumen, hingga menghadapi keluhan konsumen.

Dalam menghadapi situasi tersebut, kecerdasan emosional merupakan faktor yang berperan penting untuk memastikan bahwa kamu dapat bertindak dengan baik sesuai dengan situasi yang dihadapi. Kamu harus memiliki keterampilan untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi diri sendiri agar proses transaksi dan interaksi dengan konsumen dapat berjalan dengan lancar dan profesional, bagaimanapun kondisinya.

  • Mengenal dan menghindari bias

Untuk mendapatkan segmentasi pasar untuk pemasaran produk yang luas, kamu perlu menarik minat pembelian dari beragam konsumen yang memiliki usia, gender, agama, ras, identitas suku, dan afiliasi yang berbeda-beda. Hal yang harus kamu hindari adalah, menilai atau berprasangka terhadap seseorang karena latar belakang atau identitas tertentu yang ia miliki. Seseorang yang bekerja di bidang retail bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman transaksi yang maksimal dan adil pada setiap konsumennya, tanpa menunjukkan sikap diskriminatif yang dipengaruhi oleh bias pribadimu.

Dengan meninggalkan bias, kamu dapat membuat keputusan yang bijak dalam proses penjualan setiap produk. Sebaliknya, jika kamu menyikapi konsumen berdasarkan prasangka yang belum tentu benar, kamu bisa saja membuat keputusan buruk yang akan mempengaruhi nama baik dan penjualan perusahaan. Hal ini juga dapat memberikan impresi buruk atas kinerjamu.

  • Kemampuanmultitasking

Seorang yang bekerja di bidang retail harus memiliki keterampilanmultitasking, yaitu mampu mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan. Karena dalam kesehariannya, kamu diharuskan untuk berinteraksi dengan konsumen, memahami data penjualan, melakukan input data dan informasi, hingga menghadirkan solusi penyelesaian masalah sesuai dengan sistem dan kebijakan yang dimiliki oleh perusahaan. Tanggung jawab ini membutuhkan ketelitian dan fokus yang tinggi. Jika terdapat kesalahan dalam menyikapi pekerjaan ini, kepercayaan konsumen atas perusahaan bisa saja mengalami kerugian penjualan yang signifikan.

  • Kemampuan manajerial

Ketika perusahaan harus membuat perencanaan dengan target penjualan tertentu, kemampuan untuk menentukan target jangka pendek maupun jangka panjang serta merancang strategi untuk meraih target tersebut menjadi penting. Jadi, pastikan kamu mempelajari siklus penjualan, tren pasar, hingga potensi pertumbuhan kebutuhan konsumen di masa depan.

Dengan ini, kamu dapat produktif berkontribusi untuk peningkatan penjualan produk perusahaan dan meningkatkan performa kinerjamu secara berkelanjutan.

5. Memilih pendidikan lanjutan

Pada umumnya, lowongan pekerjaan tingkatentry-levelataujuniordi bidang industri retail dibuka untuk kandidat lulusan SMA, SMK, D3 dan S1 di bidang yang terkait dengan posisi yang akan kamu lamar. Namun, jika kamu ingin mendapatkan peluang yang lebih besar untuk meraih posisi di tingkat menengah atau bahkan senior, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pendidikan lanjutan pada program S-2. Kamu dapat mempertimbangkan program studi Manajemen Industri atau Manajemen Bisnis. Dengan menempuh pendidikan tersebut, tidak hanya menambah pengetahuan baru, kamu juga akan memperkaya diri dengan keterampilan dan pengalaman yang akan membantu untuk bekerja secara optimal dan efisien.

Itulah berbagai hal yang perlu kamu ketahui agar dapat memulai langkahmu dalam meraih kesuksesan karier di bidang retail. Jadi, tunggu apa lagi? Mari mulai membuka profil JobStreet untuk melamar posisi yang kamu impikan sekarang juga!

Jika kamu sudah memiliki akun, jangan lupa untuk selalu memperbarui profil setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalahtalentterbaik!

Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips terbaik membuat CV, mempersiapkan wawancara, berita industri, dan informasi lainnya. Tetap terkoneksi bersama kami kapanpun dan di manapun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.