Ini Loh, 5 Jenis Pekerjaan Marketing yang Sering Diminati!

Ini Loh, 5 Jenis Pekerjaan Marketing yang Sering Diminati!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Ketika berbicara tentang bidangmarketing, apa yang ada di benak kamu? Kebanyakan dari kita mungkin akan menganggap pekerjaanmarketingmeliputi proses pemasaran. Meski secara garis besar hal ini benar adanya, perlu diketahui bahwamarketingtidak sesederhana itu jika dijabarkan lebih lanjut.

Tapi, jangan khawatir! Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa itumarketing,contoh pekerjaan yang ada, serta kualifikasi seperti apa yang dibutuhkan untuk memulai karier di bidangmarketing!

Apa ItuMarketing?

Seperti yang dijelaskan di awal, bidangmarketingberhubungan dengan proses pemasaran. Bagaimanapun juga, kata “marketing”memang memiliki arti “memasarkan” dan “pemasaran”.’ Jadi, wajar saja jika kamu membayangkan kamu perlu mempromosikan suatu produk atau layanan yang disediakan perusahaan ketika berbicara seputar pekerjaan di bidangmarketing.

Namun, perlu disadari, proses pemasaran dan promosi suatu layanan atau produk tidak bisa dilakukan secara sederhana. Ada banyak tenaga ahli yang dibutuhkan (dengan latar belakang yang berbeda-beda) untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian, mereka pun akan menggunakan cara sertaplatformyang berbeda. Nantinya, segala hal yang dilakukan oleh tenaga ahli ini akan membentuk suatu upayamarketingperusahaan.

Perbedaan AntaraSalesdanMarketing

Apakah kamu masih sering sulit membedakan antarasalesdanmarketing?Dua bidang ini memang bertujuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Namun, dalam praktiknya, keduanya memiliki banyak perbedaan, seperti berikut ini!

  • Timmarketingmenjual layanan/produk ke banyak pihak secara bersamaan. Timsalesmenjual produk ke satu perusahaan atau pelanggan.
  • Timmarketingakan fokus padabrandingdan reputasi guna memikat hati pelanggan. Timsalesberpaku pada interaksi serta hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan.
  • Timmarketingakan melakukan analisis tentang sekelompok orang sebagaitarget marketmereka, sedangkan timsalesakan mencari tahu informasi seputar pelanggan tertentu.
  • Timmarketingakan memberikan penawaran untuk meningkatkan ketertarikan, kepercayaan, serta loyalitas pelanggan untuk meningkatkan penjualan jangka panjang, sedangkan timsalesmemberikan penawaran untuk meningkatkan penjualan pada waktu tertentu saja.

Meskipun begitu, keduanya memiliki hubungan yang erat. Bahkan, upayamarketingmungkin tidak dapat berdiri tanpasales,begitu juga sebaliknya.

Berbagai Contoh Pekerjaan di BidangMarketing

Banyak pekerjaan yang ada di bidangmarketing.Seperti yang disebutkan sebelumnya, pekerjaan ini punya cara yang berbeda-beda dan membutuhkan kualifikasi yang berbeda pula. Berikut adalah jenis-jenis pekerjaan di bidangmarketing!

  • Brand Marketing — Pekerjaan di bidang ini fokus pada menjagapublic imageyang dimiliki suatu perusahaan agar terus baik di hadapan masyarakat. Kemampuan yang dibutuhkan adalah komunikasi yang baik,public relations(hubungan masyarakat), sertabrand management.
  • Product Marketing — Pekerjaan yang dilakukan seputar bagaimana suatu produk, layanan, atau perusahaan dipromosikan. Maka dari itu, kamu perlu menguasai perencanaan strategi serta cara komunikasi yang baik.
  • Content Marketing — Pemasaran yang dilakukan adalah lewat pembuatan konten yang relevan bagi calon pelanggan. Untuk melakukan ini, kamu harus memiliki kemampuan dalam pembuatan konten, kemampuan menulis yang andal, serta cara komunikasi yang baik.
  • Graphic Designer — Pekerjaan yang dilakukan meliputi pembuatan desain atau konten visual untuk mendukung proses pemasaran. Umumnya, para graphic designer wajib menguasai aplikasi desain dan memiliki referensi yang tinggi terkait konten visual.

Demikian tadi ulasan seputar karier di bidangmarketingyang perlu kamu ketahui.Kesimpulannya, para ahlimarketingmemang dibutuhkan di hampir seluruh perusahaan. Maka dari itu, pastikan kamu mencari kerja secara lebih efektif lagi agar dapat bersaing dengan paratalentlainnya dengan kualifikasi yang serupa.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat profil di situs penyedia pekerjaan yang terpercaya, seperti JobStreet. Kami telah lama menghubungkan para perusahaan dengan jutaantalentyang tepat. Oleh karena itu, terus perbarui profil JobStreet dan tambahkan tagar #LangsungKerja agar dapat lebih dilirik oleh berbagai perusahaan.

Tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk mengunjungi situs JobStreet atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store maupun Apple App Store.

Ingin mendapatkan berbagai berita dan informasi menarik lainnya tentang pekerjaan di bidangmarketingserta tips dalam pencarian pekerjaan? Kunjungi Halaman Tips Karier kami sekarang juga!

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.