Inilah Cara Perkenalan Diri Terbaik Saat Interview Sales!

Inilah Cara Perkenalan Diri Terbaik Saat Interview Sales!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Memiliki karir dalam bidang retail mengharuskanmu menghadapi berbagai tugas yang berhubungan dengan pelanggan. Mulai dari memecahkan masalah, mempromosikan produk dan layanan, hingga menentukan teraihnya target penjualan. Dalam industri ini, tugas seorangsalessangat berperan penting dalam proses tercapainya seluruh tugas tersebut. Bahkan, potensi untuk memperoleh prospek penghasilan dan pencapaian kerja tersebut sangat bergantung berdasarkan kinerja individual seorangsales.

Setelah kamu menyusun resume dan membuat surat lamaran, inilah saatnya untuk fokus mempersiapkan dirimu menghadapi tahap wawancara. Dalam interview untuk posisisales, sangat penting untuk menunjukkan keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan organisasimu.

Lalu, bagaimana cara terbaik mempersiapkan dirimu agar membuat kesan pertama yang kuat pada perekrut dan membuatmu lebih menonjol dari kandidat lainnya?

Yuk perhatikan berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum menghadapiinterviewuntuk posisisales!

Baca juga : Jenjang Karier Sales Team Lead dan Kualifikasinya

Mencari informasi menyeluruh tentang tugas seorangsales

Hal yang paling penting disiapkan sebelum menghadapi wawancara adalah memperkaya pengetahuanmu tentang seluk beluk perusahaan yang telah kamu lamar. Tunjukkanlah dedikasimu untuk memahami sepenuhnya tugas seorangsalesdengan mencari tahu informasi di bawah ini:

  1. Mempelajari produk atau jasa yang akan kamu jual

Dengan memahami semua produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan, kamu dapat menawarkan hal tersebut kepada konsumen dengan lebih efektif dan komunikatif. Karena itu, untuk memberikan kesan baik kepada perekrut, pastikan kamu memiliki pengetahuan menyeluruh mengenai fitur, manfaat, dan nilai unik dari produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.

2.Pahami cara perusahaan menjual produk atau jasa mereka

Setiap perusahaan memiliki produk dan layanan yang bervariasi, termasuk juga cara dan strategi penjualannya. Jadi, pastikan kamu mempelajariplatformataumarketplaceyang digunakan perusahaan, siklus penjualan, tren pasar, hingga potensi pertumbuhan kebutuhan konsumen di masa depan. Dengan mempelajari hal ini, perekrut dapat melihat potensi kontribusimu untuk tumbuh kembang perusahaan.

3.Mengetahui kultur kerja agar lebih mudah beradaptasi

Selain kualifikasi dan keterampilan yang dimiliki oleh kandidat, perekrut juga mengutamakan kandidat yang menunjukkan kepribadian, sikap, dan nilai yang sesuai dengan perusahaan. Karenanya, pastikan mencari informasi mengenai hal tersebut diwebsiteatausocial mediaperusahaan.

Dengan menunjukkan kecocokanmu dengan aspek tersebut, perekrut akan semakin yakin jika kamu adalah kandidat terbaik yang dapat beradaptasi dan mengikuti kultur kerja yang dimiliki oleh perusahaan.

4.Pelajarigoalsperusahaan di bidang industri retail

Selain visi dan misi, sebuah perusahaan di bidang industri retail pasti memilikigoalspenjualan jangka panjang dan pendek agar perusahaannya unggul di bidang industri tersebut. Jika kamu ingin perekrut semakin yakin untuk mempekerjakanmu, pastikan kamu mempelajari caramu mengaplikasikan kemampuanmu dalam meraih berbagai tujuan tersebut. Dengan ini, perekrut dapat memiliki gambaran jelas tentang caramu berkontribusi untuk kesuksesan perusahaan.

Apa saja pertanyaan yang biasa keluar saatinterview?

Beberapa orang seringkali mendadak bingung ketika perekrut mengajukan pertanyaan. Untuk menghindari hal ini dan tampil sebagai kandidat terbaik, yuk pelajari contoh pertanyaan yang biasa keluar saat interview posisisalesdan tips menjawabnya:

  1. “Cobalah untuk perkenalkan dirimu”

Ketika memperkenalkan diri, penting untuk memberikan jawaban yang jelas, singkat, dan tepat sasaran agar memberikan kesan pertama yang baik kepada perekrut. Untuk memastikan kamu memberikan perkenalan diri secara efektif dan berkesan, cobalah untuk menggunakan teknikelevator pitch.Dengan teknik ini, kamu dapat merangkum seluruh latar belakang dan pengalamanmu dalam waktu 30-60 detik. Pastikan kamu merangkum secara singkat pengalaman kerja, pencapaian yang telah diraih, tujuan karir, serta keterampilan menonjol yang kamu miliki.

2.“Mengapa kamu tertarik untuk menjadisales?”

Seorangsalesmembutuhkan optimisme, ketekunan, dan kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan penjualan dan konsumen. Dalam prosesnya, sebuah percobaan penjualan dapat memiliki potensi keberhasilan dan juga kegagalan. Potensi tersebut sangat bergantung dengan kemampuan yang dimiliki oleh seorangsales.

Pertanyaan ini menjadi kesempatanmu untuk menunjukkan kepada perekrut bahwa kamu memiliki motivasi dan antusiasme untuk menghadapi berbagai tantangan. Fokuslah untuk menjelaskan motivasimu untuk mencapai tujuan penjualan yang dibutuhkan perusahaan, contoh pengalamanmu menyelesaikan suatu permasalahan, dan pemahamanmu tentang tanggung jawab yang harus dijalani oleh seorangsales.

3.“Apakah kamu dapat berkolaborasi dengan tim?”

Selain bergantung dengan kemampuan setiap individu, kesuksesan penjualan seorangsalesjuga bergantung dengan kerjasama tim yang dipimpin oleh Sales Team Lead. Karena kamu perlu memastikan bahwa target yang ditetapkan oleh pemimpin tersebut selalu terpenuhi, penting untuk membangun kepercayaan dan komunikasi yang baik dengan rekan tim dan atasanmu.

Pastikan jawabanmu menggambarkan komitmen untuk berkolaborasi dalam mencapai tujuan bersama. Berikan juga contoh caramu menghargai rekan kerja sesama tim, serta pengalamanmu menyelesaikan permasalahan untuk kepentingan bersama.

4.“Bagaimana cara kamu menghadapi kegagalan penjualan?”

Sebagaisalesperson, kegagalan penjualan merupakan tantangan paling umum yang akan kamu hadapi. Di mata perekrut, hal yang terpenting adalah caramu menghadapi kegagalan tersebut. Agar kamu dapat menunjukkan dirimu sebagaitalentyang berkualitas, pastikan kamu memberikan jawaban yang menunjukkan optimismemu dalam menghadapi kegagalan. Kegagalan dapat menjadi kesempatan untukmu mengembangkan kemampuan dan keterampilanmu untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Jadi, pastikan jawabanmu menggambarkan keterbukaan menerima saran dari atasan, serta komitmen kamu untuk belajar dari kesalahan untuk meningkatkan kinerjamu.

5.“Mana yang lebih penting untukmu: pelanggan baru atau pelanggan jangka panjang?”

Mendapatkan klien baru membantu perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Sementara itu, mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan juga sama pentingnya untuk memastikan penjualan produk atau jasa perusahaan berjalan secara berkelanjutan. Tentunya, kedua hal ini sangat penting untuk kesuksesan perusahaan di industri retail.

Sebuah perusahaan memiliki produk yang variatif, biasanya produk tersebut memilikigoalsyang dapat diraih dalam jangka waktu yang singkat dan panjang. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu dapat menjelaskan setiap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, lalu menekankan keterampilanmu dalam menjangkau pelanggan baru dan mempertahankan jejaring jangka panjang dengan pelanggan tersebut.

Tips tambahan agar interview berjalan lancar

Setelah mempelajari berbagai pertanyaan yang sering muncul,ingatlah tips berikut ini agar kamu semakin siap dalam menghadapi perekrut saat wawancara:

  1. Teruslah mengasah kemampuan wawancaramu!

Percuma saja kamu sudah membuat strategi dengan berlatih contoh jawaban yang kamu akan sampaikan, namun tidak berlatih berbicara secara langsung. Dengan melakukan latihan yang tepat untuk menghadapi proses wawancara, kamu dapat melatih intonasi dan suaramu, mengontrol nada dan emosi yang akan ditunjukkan, serta lebih membiasakan dirimu agar tidak gugup saat menjawab nanti.

2.Kesan pertama sangat penting!

Sebagai seorangsales, kamu perlu memberikan kesan pertama yang positif kepada pelanggan untuk memastikan hubungan baik dengan klien dapat terjalin. Dengan membuat kesan pertama yang berkesan kepada perekrut, kamu dapat menunjukkan keterampilan dan potensimu dalam meraih tujuan penjualan perusahaan saat kamu mulai bekerja nanti.

3.Berinisiatiflah untuk bertanya!

Ingatlah bahwa proses wawancara dapat menjadi awal langkahmu mencapai kesuksesan karir. Jangan lewatkan momen terbaik untuk tahu lebih banyak informasi dari perekrut langsung yang mengenal seluk-beluk keseluruhan perusahaan. Dengan mengetahui hal ini, kamu juga dapat mempertimbangkan apakah perusahaan ini memberi kemudahan dalam penyusunan perencanaan karirmu, dan sesuai dengan tujuan karir ideal yang diinginkan.

Jadikanlah momen ini untuk menunjukkan semangat dan ketertarikanmu untuk mempelajari banyak hal tentang perusahaan tersebut dengan mengajukan berbagai pertanyaan penting untuk membangun impresi baik di hadapan perekrut.

Itulah berbagai hal penting yang harus kamu pahami agar kesempatanmu mendapatkan pekerjaan sebagaisalessemakin besar. Pastikan untuk mengeksplorasi berbagai lowongan sales yang kamu diinginkan dengan mengunjungi laman berikut.

Mari mulai perjalananmu meraih kesuksesan karir bersama JobStreet sekarang juga! Jika kamu sudah memiliki profil, jangan lupa untuk memperbarui profil kamu setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah saatmu untuk tampil sebagai kandidat terbaik!

Kunjungi situs JobStreet untuk mencari lowongan pekerjaan yang dapat mengantar kamu mencapai kesuksesan karir. Tetap terkoneksi bersama kami kapan saja dan di mana saja dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Interview pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.