IPK Kamu Rendah? Simak Cara Melamar Kerja dan Memulai Karir Berikut!

IPK Kamu Rendah? Simak Cara Melamar Kerja dan Memulai Karir Berikut!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Memiliki IPK di atas rata-rata memang menjadi sesuatu yang membanggakan dan dapat meningkatkan peluangmu untuk dilirik perusahaan ketika melamar pekerjaan. Namun, seseorang yang memiliki nilai A penuh dan IPK tinggi tidak selalu berarti ia memiliki kreatifitas, keterampilan komunikasi, dan keterampilan bersosialisasi yang merupakan beberapa aspek yang sama pentingnya dengan kemampuan akademis dalam dunia kerja.

Jika kamu memiliki IPK yang rendah, kamu tidak perlu khawatir! Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang lebih memperhatikan aspek lain seperti pengalaman kerja, pengalaman organisasi, kemampuan komunikasi, sertaskillyang kandidat miliki. Selain itu, luasnyanetworkingyang kamu miliki juga dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di industri yang kamu inginkan. Ingin tahu bagaimana cara melamar kerja dengan IPK rendah? Yuk baca terus artikel ini!

Cara Memulai Karir dengan IPK Rendah

Memiliki IPK rendah bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan pekerjaan sama sekali. Meskipun ada beberapa perusahaan yang memiliki persyaratan IPK minimal 3.00, banyak juga perusahaan yang bahkan tidak menanyakan IPK-mu berapa ketika masa rekrutmen. Dengan IPK rendah, kamu dapat lebih menunjukkan pengalaman magang, pengalaman organisasi, sertaskillyang kamu miliki dalam bidang yang kamu sukai dan kuasai. Berikut adalah cara melamar kerja untuk lulusan baru dengan IPK rendah:

  • Melamar pekerjaan magang di perusahaan-perusahaan terkenal

Untuk membuatmu lebih menonjol dari kandidat lain yang memiliki nilai akademis yang sempurna, kamu dapat mulai mencari pekerjaan magang di perusahaan-perusahaan terkenal untuk mengisi bagian pengalaman di resume. Pekerjaan magang dapat menjadi tempat untuk mempelajari dan memperdalamhard skilldi bidang yang ingin kamu tempuh. Pekerjaan magang juga dapat memberikanmu kesempatan untuk mengembangkansoft skillyang dibutuhkan nantinya di pekerjaan tetapmu seperti manajemen, organisasi, pemecahan masalah, danteamwork.

Kamu juga bisa mencoba melamar pekerjaan magang di perusahaan-perusahaan terkenal. Jika diterima, kamu bisa meningkatkan peluang untuk dilirik perusahaan yang kamu inginkan untuk pekerjaanfull-timedi masa depan. Memiliki satu atau lebih pengalaman magang di perusahaan-perusahaan terkenal juga dapat menunjukkan bahwa kamu cukup kompeten, memiliki keinginan belajar yang tinggi, dan dapat dipercaya secara profesional. Selain itu, ini juga bisa menunjukkan bahwa meskipun lulusan baru, kamu mampu bekerja mandiri dan dapat diandalkan.

  • Manfaatkan kegiatan organisasi dan ekstrakurikuler

Jika pernah mengikuti kegiatan organisasi atau ekstrakurikuler di kampus, kamu dapat mencantumkan pengalaman dan pencapaianmu dalam resume. Memiliki pengalaman organisasi dan ekstrakurikuler dapat memberikan nilai tambah di mata perekrut. Selain itu, pengalaman organisasi juga dapat menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang memiliki semangat untuk mengeksplor hal-hal baru di luar pengalaman akademis di kampus.

Memiliki pengalaman organisasi dan ekstrakurikuler juga berarti kamu sudah memiliki dasarsoft skillyang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan seperti kemampuan kepemimpinan, perencanaan kegiatan, serta kemampuan pemecahan masalah. Pastikan kamu mencantumkan jabatan, masa jabatan, serta deskripsikan pengalaman di organisasi kampus yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

  • Perbanyak pengalaman dari pekerjaanfreelance

Dengan semakin berkembangnya teknologi, opsi pekerjaan juga semakin luas dan tidak terbatas dengan pekerjaanfull-timedi satu perusahaan. Sekarang sudah banyak tenaga kerja yang mengeksplor opsi karir lain seperti pekerjaanfreelance. Selain memiliki jadwal yang lebih fleksibel, pekerjaan freelance juga dapat membantu pekerja untuk memiliki lebih banyak kontrol terhadap banyaknya pekerjaan yang diambil.

Jika kamu lulusan baru yang memiliki IPK rendah, mencoba mengambil pekerjaan freelance dapat memberikan kesempatan untuk mengasahskillteknis yang sudah kamu kuasai serta memperbanyak pengalaman kerjamu dari proyek yang diambil. Sekarang ini, banyak jenis pekerjaanfreelanceyang dapat kamu eksplor di berbagai industri seperti desainer grafis di industri kreatif, konsultan nutrisi di industri makanan dan minuman,personal trainerdi industri kesehatan, dan tutor di industri pendidikan.

  • Ambil sertifikasi di bidang yang disukai

Sertifikasi adalah sebuah penetapan yang diberikan oleh organisasi, lembaga, atau asosiasi profesi terhadap seseorang yang telah memenuhi standar kompetensi tertentu. Untuk dapat memperbesar kesempatan dilirik perekrut ketika melamar pekerjaan penuh waktu pertamamu, kamu perlu berlatih keterampilan baru di bidang yang akan kamu lamar atau mengasah kembali keterampilan yang sudah kamu miliki agar tetap relevan. Dengan mendaftarkan diri ke berbagai pelatihan kerja dan melalui proses sertifikasi, kamu dapat mengasahskillyang sudah kamu miliki atau mempelajariskillbaru yang dibutuhkan di pekerjaan yang diinginkan dan mendapatkan sertifikat sebagai bukti kompetensimu.

Lembaga yang menyediakan sertifikasi adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Ketika mengambil sertifikasi, pastikan kamu memilih pelatihan dari lembaga yang sudah terkenal sehingga lebih dapat dipercaya kredibilitasnya seperti lembaga yang terdaftar di sistem Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

  • Perluasnetworkingdari sekarang

Selain memperbaiki dan mengisi resume dengan pengalaman magang, pengalaman organisasi, serta sertifikasi pelatihan kerja, membangun networking dapat membantu untuk memperbesar kesempatan mendapatkan pekerjaan pertama jika kamu memiliki IPK rendah. Membangun networking artinya menjalin hubungan dengan kolega yang dapat kamu ajak bertukar informasi, ide, dan peluang profesi di bidang tertentu.

Dengan memiliki relasi profesional yang luas, kamu dapat memiliki kesempatan untuk berkonsultasi soal karir dan mendapatkanreferralyang sangat menguntungkan untuk terjun ke pekerjaan pertamamu walaupun kamu memiliki IPK yang rendah.

Tips Memaksimalkan Peluang dengan Pelatihan

Memiliki sertifikasi dalamskillyang kamu kuasai dan dibutuhkan untuk pekerjaan yang kamu lamar dapat menjadiboosterdalam resume walaupun kamu memiliki IPK yang rendah. Selain dari Lembaga Sertifikasi Profesional yang disebutkan di atas, kamu juga bisa mengasah skill yang kamu miliki atau mempelajari skill baru dengan berbagai pelatihan dari JobStreet dan FutureLearn dan mendapatkan sertifikasi yang dapat dipercaya. Ada banyak pelatihan untuk berbagai keterampilan dari JobStreet dan FutureLearn yang dapat kamu coba mulai dari keterampilan teknis seperti pemasaran digital,coding, robotic,bahkancyber security. Kamu juga bisa mempelajari transferable skills yang sangat berguna nantinya di dunia kerja, sepertiskillmanajemen dan berpikir kritis.

Selain itu, mengikuti pelatihan kerja juga dapat meningkatkan kemampuan adaptasi karena kamu akan dituntut untuk dapat membangun relasi dan berbaur dengan lingkungan baru selama proses pelatihan. Lakukanlah observasi terhadap demografi peserta dan mentor di pelatihan kerja untuk mengetahui cara paling efektif untuk membangun komunikasi dengan mereka.

Agar dapat memaksimalkan hasil dari pelatihan yang kamu ikuti, terapkanlah tips-tips berikut:

  • Mencatat materi dari pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan kerja, kamu tentunya tidak ingin lupa dengan materi yang didapat selama proses sertifikasi. Cara ini dapat membantumu mengingat kembali pembelajaran yang kamu dapatkan. Dengan menuliskannya kembali, apa yang ditangkap dari sesi hari tersebut akan lebih melekat di ingatanmu dibandingkan hanya dengan mengambil foto atauscreenshotlalu membacanya.

  • Mengaplikasikan keterampilan yang didapat secara langsung

Setelah mengikuti dan mencatat materi dari pelatihan kerja, kamu perlu tahu cara mengaplikasikan secara langsung pengetahuan dan keterampilan yang kamu dapat. Sebagai contoh, mulailah dengan mempraktikkan transferable skills di kehidupan sehari-hari seperti mencoba mencari cara paling efektif ketika menemukan masalah. Sedangkan untuk keterampilan teknis, kamu dapat mencoba membuat proyek mandiri yang dapat kamu masukkan ke dalam portofoliomu.

  • Meminta masukan dari mentor

Selain mempraktikkan materi yang kamu dapat, mintalah masukan dari mentor untuk memaksimalkan pelatihan kerja. Meminta masukan dengan pikiran yang terbuka dari seseorang yang lebih berpengalaman akan membantumu untuk mengembangkan potensi dan menghindari melakukan kesalahan yang sama.

Tips MemperluasNetworkinguntukFresh Graduate

Sebagai lulusan baru, memperluas networking adalah salah satu hal yang dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan pekerjaan pertamamu. Menjalin relasi profesional dapat kamu lakukan dengan mengikuti komunitas yang sesuai dengan minatmu atau mengikutiwebinaratau sertifikasionline. Berikut adalah beberapa tips memperluas networking untuk lulusan baru:

  • Meminta dukungan dari dosen

Jika kamu ingin memulai membangunnetworkingsetelah lulus, jangan ragu untuk menjaga kontak dan meminta dukungan dosenmu. Meskipun kamu tidak berniat untuk menjalani karir di bidang pendidikan, surat rekomendasi dari dosen akan sangat berguna untuk melamar pekerjaan. Selain mendapatkan surat rekomendasi dari seseorang yang mengenal karakter dan tahu soal potensimu di luar IPK, dosen juga dapat menjadi salah satu pintu untuk mendapatkan proyek pertamamu melalui kegiatan kolaborasi kampus dengan berbagai pihak.

  • Menjaga hubungan dengan terus membangun komunikasi

Membangun networking yang baik berarti membangun komunikasi dua arah. Mulailah dengan hal sederhana namun konsisten seperti mendukung proyek yang melibatkan kolegamu, menanyakan kabar, memberikan selamat ketika mereka mendapatkan pencapaian baru, atau menawarkan diri jika kolegamu membutuhkan bantuan. Membangunnetworkingdapat dimulai dengan menjaga hubungan dengan teman kuliahmu yang pernah berada di satu organisasi atau kegiatan kampus yang sama.

  • Membangundigital presenceyang kuat

Salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan walaupun IPK-mu rendah adalah membangunpersonal brandingdandigital presenceyang kuat.Digital presenceadalah bagaimana kamu menampilkan diri, minat, dan keterampilanmu di internet–bisa melaluiwebsitepribadi, portofolio profesional, dan akun sosial mediamu. Sekarang ini,personal brandingbisa menjadi salah satu faktor penting di mata perekrut. Kamu dapat menunjukkan minat, tujuan karir, hobi, atau aktivitas bermanfaat yang senang kamu lakukan ketika membangundigital presence-mu. Pastikan juga kamu memiliki profil profesional yang menampilkan pengalaman kerja, pengalaman organisasi, dan skill yang kamu miliki contohnya dengan membuat profil JobStreet.

Itulah berbagai cara melamar kerja dan memulai karir jika kamu memiliki IPK yang rendah. Sambil mencari posisi magang atau menunggu panggilan kerja, pastikan kamu tetap produktif dan perkaya keterampilanmu agar semakin dekat dengan kesuksesan karier yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk memperbarui profil setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus.

Kemudian, jangan lupa untuk kunjungi laman Tips Karier kami. Di sana, kamu akan menemukan berbagai tips seputar cara melamar kerja, jenjang karir tertentu, dan tips-tips lainnya mengenai pekerjaan.

Untuk akses yang lebih mudah, unduh aplikasi JobStreet di Google Play Store dan juga Apple App Store. Dengan begitu, kamu bisa melihat lowongan kerja baru langsung dari HP!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.