Jenjang Karier Sales Team Lead dan Kualifikasinya

Jenjang Karier Sales Team Lead dan Kualifikasinya
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Jenjang Karier, Gaji, dan CV Sales Team Lead

Sales team lead adalah seseorang yang bertanggung jawab atas kinerja staf sales di sebuah perusahaan. Ialah orang yang perlu merancang bagaimana cara membuat tim sales berhasil. Sebagai pemimpin, seorang sales team lead harus bisa menjaga keteraturan alur kerja sambil menjaga hubungan dengan anggota timnya.

Simak penjelasan di bawah ini untuk tahu lebih jauh tentang tanggung jawab, jenjang karier, hingga lowongan kerja sales team lead!

Apa saja tanggung jawab seorang sales team lead?

  • Membantu Sales Manager dalam merancang strategi untuk meningkatkan penjualan.
  • Merekrut, melatih, dan memantau kinerja tim staf sales.
  • Menetapkan target penjualan dan memastikan bahwa target tersebut selalu terpenuhi.
  • Mengatur alur pekerjaan dan menetapkan tenggat waktu.
  • Selalu menginformasikan diri mengenai tren penjualan yang terbaru serta perkembangannya.
  • Menyiapkan laporan penjualan mengenai progres, kendala, dan solusi yang diusulkan.

Berapa estimasi gaji sales team lead?

Besar gaji ditentukan oleh tinggi posisi dalam pekerjaan serta lama pengalaman seorang sales team lead.

  • Sales Team Lead memiliki perkiraan gaji sekitar Rp5.000.000 hingga Rp6.500.000 per bulan.
  • Sales Executive memiliki perkiraan gaji sekitar Rp10.000.000 hingga Rp15.000.000 per bulan.
  • Sales Manager memiliki perkiraan gaji sekitar Rp25.000.000 hingga Rp30.000.000 per bulan.

Seperti apa jenjang karier sales team lead?

Sebelum menjadi seorang sales team lead, kamu tentunya harus sudah memiliki pengalaman kerja di bidang sales. Setelah mengakumulasikan pengalaman yang cukup sebagai sales team lead, kamu juga bisa melamar untuk posisi yang lebih tinggi. Berikut adalah jenjang karier beserta lowongan kerja sales team lead sebagai referensi.

Pengalaman: <3 tahun

Lihat lowongan di JobStreet.

Kualifikasi apa yang diperlukan untuk menjadi sales team lead?

Seorang sales team lead bertanggung jawab atas hasil yang diberikan oleh tim staf sales yang dipimpinnya. Kinerja dari timnya akan dilihat sebagai cerminan dari kemampuan seorang sales team lead dalam mengatur alur kerja dan memimpin tim secara keseluruhan. Selain itu, sales team lead juga dibutuhkan untuk membantu sales manager dalam merancang rencana penjualan yang efektif.

Lumayan sibuk, bukan? Karena itu, kamu perlu memerlukan beberapa keterampilan di bawah ini jika ingin melamar untuk posisi sales team lead.

Keterampilan Teknis

  1. Mengoperasikan perangkat lunak Microsoft Office

Seiring dengan perkembangan zaman, keterampilan ini sangat penting untuk dimiliki tidak hanya oleh seorang sales team lead, tapi juga sebagian besar pekerja di industri mana pun.

Kamu perlu membiasakan diri menggunakan Word dan Excel untuk memudahkanmu dalam membuat laporan (Word) dan memasukkan berbagai macam data (Excel). Sebagai pemimpin tim yang otomatis berarti representasi tim pimpinanmu, kamu juga perlu menguasai PowerPoint untuk melaksanakan presentasi di depan para atasan.

  1. Customer ServiceMeskipun sales team lead memang sudah tidak perlu “turun ke lapangan”, ia juga tetap harus memiliki pengetahuan yang memadai mengenai bidangcustomer service. Sebagai pemimpin, kamu diharapkan mampu memberikan bimbingan kepada anggota tim, dan hal tersebut tidak akan bisa dilakukan jika kamu sendiri tidak memiliki pemahaman yang mumpuni, bukan?

Kemampuan Lintas Bidang atauTransferable Skills

  1. KomunikasiDi bidang ini, kesalahpahaman sekecil apapun dapat berakibat fatal terhadap tingkat penjualan perusahaan. Sebagai sales team lead, kamu harus bisa menjaga alur komunikasi yang baik antar anggota tim dan divisi sales yang lain, sehingga informasi yang pada akhirnya akan sampai ke konsumen merupakan informasi yang akurat.
  2. Kerjasama timSebagai pemimpin sebuah tim, pastinya kamu harus bisa bekerjasama dengan anggota tim. Untuk memastikan kamu dan tim selalu bisa mencapai target, sangat penting untuk memiliki pikiran yang terbuka dan selalu mendengarkan saran ataupun kritik dari para anggota. Kamu juga diharapkan mampu menyediakan solusi yang efektif ketika ditemukan kendala.
  3. ManajemenKeterampilan yang satu ini juga salah satu yang paling dituntut ada di seorang sales team lead. Agar kerja staf sales selalu lancar, pemimpinnya tentu harus tahu bagaimana cara agar tim sales-nya berhasil: membagi tugas dan menetapkan tenggat waktu yang baik tanpa seenaknya. Dengan begitu, hubungan baikmu dengan para anggota tim pun juga akan tetap terjaga.
  4. Kesigapan memberikan solusiSeperti sudah sekilas disebutkan di nomor 2, seorang sales team lead dituntut bisa menawarkan solusi yang tepat ketika ditemukan kendala. Hal tersebut memang tidak bisa ditentukan sendiri dan harus melalui diskusi. Tetapi, seseorang tetap perlu memulai perencanaannya, dan orang tersebut adalah sales team lead.

Pendidikan

Pada umumnya, lowongan kerja sales team lead tidak memiliki jenjang pendidikan minimal. Tetapi, perekrut kerja akan lebih menyukai kandidat yang sudah bergelar Sarjana dan/atau telah mengikuti sejumlah pelatihan di bidang manajemen bisnis, atau bidang lain yang masih terkait.

Sertifikasi

Untuk melamar kerja sebagai sales team lead di Indonesia, kamu tidak memerlukan sertifikasi khusus.

Pengembangan jenjang karier sales team lead

Untuk terus mengembangkan diri dan karier-mu, sangat disarankan untuk mengikuti berbagai macam pelatihan, baik itu pelatihan spesifik di bidangsalesmaupun pelatihan keterampilan kerja pada umumnya.

Salah satu pilihannya adalah mengembangkan keterampilanmu melalui pelatihan gratis yang diadakan oleh JobStreet dan FutureLearn. Diplatformtersebut, kamu bisa mengikuti pelatihan berbagai keterampilan teknis seperti e-commerce, pemasaran digital, atau pengelolaan SDM. Kamu juga bisa melatihtransferable skillsuntuk mengelola kesehatan mental, mengembangkan kariermu, berbahasa Inggris, atau mengetahui cara memimpin yang baik dan efektif.

Bagaimana cara membuat CV sales team lead yang baik?

Berikut adalah contoh CV sales team lead yang bisa kamu jadikan referensi.

AHMAD RIZKI

(+62)1234567890

[email protected]

DESKRIPSI SINGKATSeorang sales team lead berpengalaman yang berhasil meningkatkan penjualan perusahaan sebanyak 15% di tahun pertama. Familiar dengan program-program Microsoft Office Suite. Mampu berkomunikasi lancar menggunakan bahasa Inggris.PENGALAMAN KERJASales Team LeadPT ABC (Januari 2018 - Juni 2021)
  • Meningkatkan penjualan perusahaan sebanyak 15% di tahun pertama dan berhasil mempertahankan selama 3 tahun.
  • Membantu Sales Manager dalam merancang strategi untuk meningkatkan penjualan.
  • Merekrut, melatih, dan memantau kinerja tim staf sales.
  • Menetapkan target penjualan dan memastikan bahwa target tersebut selalu terpenuhi.
  • Mengatur alur pekerjaan dan menetapkan tenggat waktu dengan mempertimbangkan beban kerja tiap anggota tim.
  • Menyerahkan laporan penjualan yang selalu sesuai target setiap bulannya.
  • Mendapat penghargaan “Team Leader” terbaik dalam 2 tahun berturut-turut.
Staf SalesPT ABC (Desember 2016 - November 2017)
  • Berkontribusi dalam merancang strategi penjualan bersama Sales Team Lead.
  • Menghasilkan peningkatan penjualan perusahaan sebanyak 5% di bulan pertama.
  • Melakukan negosiasi dengan mengutamakan preferensi calon konsumen serta persentase keuntungan untuk perusahaan.
  • Selalu melakukanfollow-upkepada calon konsumen yang sudah ditawarkan produk.
  • Mengelola data konsumen dengan menjunjung tinggi privasi.
  • Membuat laporan evaluasi mengenai hasil penjualan produk.
  • Menjalin hubungan baik antara konsumen rutin dengan perusahaan.
KETERAMPILANDirect-selling, Strategi Pemasaran, Komunikasi, Negosiasi, Manajemen Waktu, Microsoft Office Suite (Word, Excel, PowerPoint)LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
  • Ilmu KomunikasiSarjanaUniversitas Negeri Jakarta (2012 - 2016)
KETERAMPILAN BERBAHASA
  • Bahasa Indonesia (lisan dan tulis)
  • Bahasa Inggris (lisan dan tulis)

Tanpa menunggu lama, langsung unggah CV-mu di profil JobStreet setelah selesai dibuat. Jangan lupa juga untuk selalu memperbarui profil setiap menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan keterampilan kerja baru.

Profil yang selalu diperbarui akan membantumu lebih dilirik oleh perekrut kerja. Jika tanggal atau tahun pengalaman-pengalamanmu dekat satu sama lain, perekrut kerja akan melihatmu sebagai kandidat yang selalu giat belajar dan mengembangkan diri.

Selain memperbarui profil, kunjungi juga laman Tips Karier kami untuk mendapatkan lebih banyak tips dan berita dari dunia kerja. Jika kamu mau tahu lebih jauh tentang tren kerja terbaru, langsung unduh laporan Mengupas Tren Global Talent dari JobStreet di sini !

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.