Berikut Jenjang Karier Teknisi Maintenance

Berikut Jenjang Karier Teknisi Maintenance
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

jenjang karier teknisi maintenance Hampir semua industri, terutama yang berhubungan dengan mesin dan listrik, membutuhkan seorang teknisimaintenanceatau pemeliharaan untuk memastikan bahwa fungsi-fungsi kelistrikan tetap berjalan dengan baik. Jika tidak, aktivitas produksi dan pengerjaan tugas akan terhambat dan mempengaruhi kinerja perusahaan. Profesi ini merupakan profesi yang lumayan banyak dijumpai, tetapi sebenarnya apa sih yang bisa kita ketahui lebih jauh tentang jenjang karier teknisimaintenance? Mari simak artikel berikut untuk tahu jawabannya!

Apa saja yang dilakukanTeknisi Maintenance?

Bertanggung jawab mengenai hal-hal yang berkaitan kelistrikan, seperti sistem, peralatan, dan mesin merupakan tugas utama seorang teknisimaintenance. Namun, untuk menjalankan tugas tersebut, dibutuhkan turunan tugas-tugas lainnya. Seperti melakukan perawatan, membuat dan memasang desain sistem elektronik, mengurus masalah kelistrikan, serta berkoordinasi dengan bidang lain yang ada di perusahaan agar proses pemeliharaan berjalan dengan lancar.

  • Melakukan perawatan alat-alat elektronik, mesin, sistem

Setiap alat-alat produksi yang berkaitan dengan kelistrikan nantinya akan dioptimalisasi kembali fungsinya melalui proses pemeliharaan. Gunanya adalah untuk memastikan bahwa peralatan dan sistem tidak mengalami kerusakan sehingga perusahaan dapat melakukan proses produksi dengan aman. Biasanya proses produksi akan berhenti untuk sementara waktu selagi teknisimaintenancemelakukan pemeliharaan mesin.

  • Membuat dan melakukan tes desain sistem dan produk elektronik

Seorangmaintenancememiliki tugas untuk meningkatkan fungsi peralatan elektronik dengan mendesain arus kelistrikan dari rancangan yang sudah ada. Selain itu, teknisimaintenancejuga membuat prototipe untuk mencoba desain dan menyelesaikan masalah yang mungkin muncul di waktu mendatang.

  • Mengurus dan memperbaiki masalah kelistrikan

Merespon dengan cepat keluhan pengguna mesin dan peralatan merupakan salah satu tanggung jawab seorang teknisimaintenance. Jika terdapat kendala dalam sebuah mesin atau alat produksi, teknisi akan langsung mencari tahu  penyebab kerusakan dan memperbaikinya.

  • Mengawasi pembuatan dan pemasangan desain kelistrikan

Setelah rancangan kelistrikan mereka disetujui, teknisimaintenanceakan mengawasi jalannya produksi dan juga pemasangan desain tersebut. Teknisimaintenancejuga dapat memastikan apa hasil produksi dan pemasangan sesuai dengan standar manufaktur dan spesifikasi tertentu.

  • Bekerja sama dengan manajer proyek dan departemen lain

Dalam sebuah proyek, seorang teknisi maintenance yang dibawahi oleh manajer proyek yang akan memastikan bahwa target-target proyek tercapai. Tidak hanya dengan manajer proyek, teknisimaintenancejuga harus bekerja sama dengan departemen lain untuk mengkoordinasi waktu maintenance agar tidak bentrok dengan waktu produksi.

Berapa gaji teknisimaintenance?

Kisaran gaji profesi teknisimaintenanceadalah Rp3.500.000,00 hingga Rp15.000.000,00. Tentunya besaran gaji ini dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan, sertifikasi, besarnya perusahaan, dan pengalaman kerja.

Bagaimana jenjang karier teknisimaintenance?

Jalur karier seorang teknisimaintenancediawali dengan staf junior, dilanjut sebagai staf senior, dan kemudian sebagaisupervisor. Tingkatan ini tentu saja melalui berbagai pertimbangan seperti pengalaman bekerja, latar belakang pendidikan, sertifikasi, dan besarnya perusahaan.

Tingkat Junior (1-2 tahun pengalaman)

Tingkat Menengah (3-5 tahun pengalaman)

Tingkat Senior (>5 tahun pengalaman)

Persyaratan apa yang harus dipenuhi teknisi maintenance?

Persyaratan untuk teknisimaintenancemasih beragam. Beberapa lowongan teknisimaintenancememerlukan kandidat dengan minimal pendidikan SMK Jurusan Teknik Listrik atau setara, namun tidak sedikit juga yang memerlukan gelar S1 Teknik Elektronik atau Teknik Elektronika. Selain itu, memiliki sertifikasi profesi juga berperan penting untuk meningkatkan kesempatan untuk direkrut. Keterampilan dasar dan tambahan merupakan penunjang performa seorang teknisimaintenancejuga, lho!

Keterampilan untuk jenjang karier teknisimaintenance

Berikut adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk jenjang karier:

Kemampuan dasar

  • Memahami arus kuat dan lemah serta teknik dasar kelistrikan
  • Mampu menggunakan alat-alat, perlengkapan, dan sistem mekanik maupun elektrik
  • Memahami matematika tingkat lanjutan, seperti trigonometri, dan kalkulus
  • Mampu membaca diagram wiring
  • Mampu melakukan troubleshooting elektrik pada alat
  • Memahami preventive maintenance dan corrective maintenance

Kemampuan tambahan

  • Berpikir Analitis

Dalam mendesain sistem atau mencoba prototipe baru dibutuhkan kemampuan dalam berpikir analitis agar dapat menentukan apa yang benar-benar dibutuhkan perusahaan agar performa perlengkapan serta mesin dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, kemampuan berpikir analitis juga dibutuhkan ketika terdapat permasalahan pada alat produksi. Seorang teknisimaintenanceharus dapat kritis dalam menemukan dan mengatasi permasalahan.

  • Inovatif

Agar alat dapat berfungsi lebih baik lagi di masa depan, seorang teknisi harus dapat berpikir inovatif. Mereka akan mencari aspek-aspek di dalam desain peralatan atau mesin yang bisa ditingkatkan. Dengan begitu, teknisimaintenancebisa mengantisipasi keluhan atau kerusakan di masa depan.

  • Komunikasi

Karena kebanyakan profesi ini mengharuskan bekerja di dalam tim, setiap anggotanya harus dapat mengkomunikasikan ide, rencana proyek, kepada anggota lainnya. Untuk itu, kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan. Untuk mendukung perkembangan tim juga, seorang anggota harus dapat mengkomunikasikanfeedbackterhadap tim dengan baik sehingga tim dapat termotivasi untuk bekerja lebih baik di proyek selanjutnya.

  • Multitasking

Satu orang teknisi bisa saja mengurus lebih dari satu permasalahan ataupun proyek sekaligus. Kemampuan mengorganisasi tugas-tugas yang harus dilakukan sangat penting dalam posisi ini.

Pendidikan

Untuk menjadi teknisimaintenanceminimal diperlukan ijazah SMK atau setara yang jurusannya merupakan teknik listrik atau teknik mesin. Selanjutnya, jika kamu tertarik dengan prospek kerja ini, ada beberapa jurusan lanjutan yang akan mendukung profesi sebagai teknisimaintenance. Tiga diantaranya adalah diploma teknik listrik atau elektro, S1 teknik elektro atau teknik elektronika, hingga S2 teknik elektro.

Sertifikasi dan pelatihan

Sebagai tambahan, teknisimaintenancejuga bisa mengikuti sertifikasi dan pelatihan dari berbagai lembaga sertifikasi yang menyediakan pelatihan untuk pemeliharaan kelistrikan. Salah satu lembaga sertifikasinya adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Elektronika Indonesia (LSP-EI) yang memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Program sertifikasi profesi yang disediakan LSP-EI sangat beragam, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau pilihanmu. Lembaga sertifikasi profesi lain yang menyediakan pelatihan di bidang listrik adalah Khawatama Learning Center. Sama seperti LSP-EI, Khawatama juga memiliki lisensi dari BNSP. Kamu bisa mengetahui lebih jauh mengenai Khawatama di sini.

Apa ada studi lanjutan untuk teknisimaintenance?

Seorang teknisi maintenance memang sebagian besar waktunya dihabiskan di lapangan. Tapi itu tidak menutup kemungkinan untuk kamu yang merupakan lulusan SMK Teknik Listrik untuk melanjutkan jenjangnya ke S1 Teknik Elektro atau Teknik Elektronika. Kamu bisa memilih konsentrasi arus besar ataupun arus kecil sesuai kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu dapat memahami lebih jauh lagi tentang kelistrikan dari sisi akademik.

Jika kamu merupakan lulusan S1 Teknik Elektro atau Teknik Elektronika, kamu bisa mengambil Magister Teknik Elektro untuk mempersiapkan dirimu ke level profesi selanjutnya,maintenance supervisor. Dengan gelar ini, para perekrut akan melihat bahwa kamu memiliki passion dan prospek di dalam bidang tersebut.

Bagaimana cara membuat CV teknisi maintenance?

Seperti resume atau CV pada umumnya, kamu harus menampilkan pengalaman yang paling relevan dengan profesi yang kamu sedang incar. Jika kamu berencana untuk mendaftar sebagai teknisimaintenance, hal yang penting kamu tunjukkan adalah seberapa banyak pengalamanmu di dalam bidang tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu pernah bekerja sebagai seorang ilustratorfreelance, sebaiknya tidak dicantumkan di CV dan simpanlah untuk melamar di posisi yang relevan. Selain itu, karena profesi sebagai teknisimaintenancesangat bergantung pada jam terbangmu, menunjukkan pengalaman-pengalaman magang dan sertifikasi sangat dianjurkan agar kamu dapat menonjol dari kandidat lainnya.

Kamu bisa melihat lebih jelas contoh CV teknisimaintenancedi bawah ini..

BAYU ARKAN

Teknisi Maintenance

Nomor ponsel: 123-456-7890

Email: [email protected]

TENTANG DIRI SAYASaya adalah teknisimaintenanceyang memiliki spesialisasi di bidang pemeliharaan sistem otomasi industri dan sedang mencari pekerjaan purnawaktu di perusahaan berbasis manufaktur.PENDIDIKAN
  • S1 Teknik Elektro Universitas X (2010-2014)
  • SMK Teknik Listrik (2008-2010)
PENGALAMAN KERJAStaff Maintenance Senior Future Electronica Corps | 2017-2021- Membuat jadwalmaintenancepreventif- Mengatasi permasalahan peralatan dan kelistrikan perusahaan - Melakukan optimalisasi peralatan dan kelistrikan perusahaan - Membuat desain kelistrikan dan prototipe Staff Maintenance Junior Red Manufacture | 2014-2017 - Melakukan perbaikan untuk correctivemaintenance- Merencanakan keperluan peralatan dan alat untukmaintenance- Membuat laporan hasilmaintenanceharian, mingguan, dan bulanan KETERAMPILAN - Memahami pengoperasian sistem Programmable Logic Controller (PLC) - Menguasai sistem instrumentasi dan kontrol elektronik - Mahir dalam perakitan alat kelistrikan - Memahami K3 industri dan lingkunganLATIHAN DAN MAGANGLembaga Sertifikasi Profesi Elektronika Indonesia Teknisi Pemeliharaan Peralatan Pelatihan mengenai kelistrikan di bidang pemeliharaan - Menyelesaikan pelatihan bulan Juli 2017 dan mendapatkan sertifikat dari LSP-EI yang sudah memiliki lisensi Badan Pelatihan Nasional Profesi (BNSP)Shopfree Company Maintenance Intern Pengalaman magang sebagai stafmaintenancetahun 2014 - Membuat jadwalmaintenancegudang Shopfree - Membantu menyusun laporanmaintenanceharian

Nah, setelah mengetahui lebih banyak jenjang karier teknisi maintenance, jangan ragu untuk melamar di posisi tersebut. Kamu bisa pantau terus lowongan kerja yang ada setiap saat dengan mengunjungi situs JobStreet atau mengunduh aplikasi JobStreet di Google Play Store dan Apple App Store.

Jangan lupa untuk perbarui profilmu di halaman profil JobStreet dan tunjukkan kepada dunia bahwa kamu siap direkrut! Jika masih bingung, jangan khawatir. Kamu bisa melihat artikel serupa di halaman Tips Karier kami. Untuk melihat laporan tren talent, kamu bisa mengakses Laporan Mengupas Tren Talent Global JobStreet di sini.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.