Jenjang Manufacturing Toolmaker dan Persyaratannya

Jenjang Manufacturing Toolmaker dan Persyaratannya
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Jenjang Karier, Gaji, dan CV Manufacturing Toolmaker

Jenjang Manufacturing Toolmaker

Apa itu Jenjang Manufacturing Toolmaker?

Manufacturing toolmaker, terkadang disebut juga “machinist”, adalah orang di balik seluruh peralatan yang digunakan dalam proses manufaktur. Mulai dari pembuatan perkakas hingga pemeriksaan berkala, posisi inilah yang memegang tanggung jawabnya. Biasanya, manufacturing toolmaker selalu dicari oleh industri makanan dan minuman, teknik mesin, hingga penerbangan.

Baca artikel ini untuk tahu lebih lanjut mengenai jenjang manufacturing toolmaker!

Apa saja tanggung jawab seorang manufacturing toolmaker?

  • Merancang dan membuat berbagai perkakas yang dibutuhkan untuk produksi barang.
  • Melaksanakan pemeriksaan secara berkala terhadap perkakas yang sedang digunakan.
  • Membuat modifikasi perkakas jika dibutuhkan.
  • Memperbaiki perkakas yang rusak atau mengalami malfungsi.
  • Membuat laporan mengenai penggunaan perkakas.

Berapa estimasi gaji manufacturing toolmaker?

Pada umumnya, gaji seorang manufacturing toolmaker pemula berkisar sekitar Rp2.500.000 hingga Rp5.320.000 per bulan. Besaran gaji tidak ditentukan berdasarkan tingkatan posisi, melainkan tingkat kesulitan pekerjaan yang diberikan.

Seperti apa jenjang karier manufacturing toolmaker?

Posisi manufacturing toolmaker tidak memiliki tingkatan khusus. Kamu bisa langsung melamar untuk pekerjaan tersebut, tanpa harus bekerja di posisi lain terlebih dahulu, selama kamu memenuhi kriterianya.

Lihat lowongan posisi manufacturing toolmaker di JobStreet.

Kualifikasi apa yang diperlukan untuk menjadi seorang manufacturing toolmaker?

Manufacturing toolmaker memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan bahwa proses manufaktur dapat berjalan dengan lancar. Jika ada kesalahan sedikit saja pada peralatan yang digunakan, prosesnya akan sangat terhambat. Maka dari itu, seorang manufacturing toolmaker perlu memiliki beberapa keterampilan di bawah ini demi kelancaran pekerjaannya.

Keterampilan Teknis

Mengoperasikan program komputer umum

Di masa sekarang, keterampilan dalam menggunakan program komputer sudah merupakan kebutuhan dan bukan “nilai plus” lagi. Menjadi seorang manufacturing toolmaker juga bukan berarti kamu bebas dari membuat berbagai laporan. Kamu akan perlu melaporkan berbagai macam hal, mulai dari perkembangan pembuatan perkakas hingga kendala-kendala yang ada selama masa pemakaian.

Mengoperasikan perangkat lunakComputer-aided Design(CAD)

Karena pekerjaan seorang manufacturing toolmaker mencakup tahap desain, perangkat lunak CAD sangat penting untuk dikuasai. CAD adalah perangkat lunak yang berguna untuk membuat desain produk secara digital, baik bagi model 2D ataupun 3D.

Tentu saja kamu tetap boleh membuat desain di atas kertas, tetapi cara tersebut akan kalah cepat ketimbang jika kamu menggunakan CAD. Desain yang digambar di atas kertas juga seringkali sulit dituangkan ke dalam bentuk 3D. Karena itu, keterampilan menggunakan perangkat lunak CAD akan sangat membantumu dalam bekerja.

Keterampilan matematika

Ketika berkecimpung di dunia teknik, tentunya kamu tidak akan lepas dari matematika. Bahkan mulai dari membuat desain awal, kamu sudah harus menentukan ukuran tiap bagian perkakas sesuai dengan kebutuhan klien. Karena itu, kamu harus sudah memiliki keterampilan matematika yang memadai untuk melamar kerja di posisi ini.

Pengetahuan di bidang IT

Seperti matematika, pengetahuan IT juga sangat penting untuk bekerja sebagai manufacturing toolmaker. Ketika membuat perkakas, kamu akan perlu menggunakan berbagai macam mesin dan program komputer, sehingga memiliki tingkat pengetahuan tertentu di bidang IT adalah suatu kewajiban.

Kemampuan Lintas Bidang atauTransferable Skills

Kesigapan dalam memberikan solusi

Selain membuat peralatannya, seorang manufacturing toolmaker juga bertanggung jawab untuk melakukan pemantauan berkala terhadap perkakas yang ia buat. Ketika ditemukan masalah, kamu akan diperlukan untuk segera menemukan penyebab dan solusinya. Jika kamu kurang sigap, proses manufaktur akan menjadi terhambat dan menimbulkan kerugian.

Ketelitian

Karena alat-alat yang dihasilkan akan dipakai untuk keperluan produksi barang, seorang manufacturing toolmaker harus selalu teliti dan hati-hati dalam proses pembuatan. Sikap tersebut harus dimiliki karena pekerjaan ini menyangkut keselamatanmu dan orang lain. Jangan sampai perkakas yang kamu hasilkan memiliki cacat yang tidak terdeteksi hingga menimbulkan kecelakaan, baik kecil maupun besar, ketika sedang dipakai. Penting untuk selalu menjaga konsentrasi selama melakukan pekerjaanmu.

Kerja sama tim

Tidak mungkin untuk seorang manufacturing toolmaker bekerja sendirian. Satu perkakas membutuhkan banyak bagian lainnya untuk dipasang-pasang dan menjadi perkakas yang utuh. Jika kamu harus mengerjakan sekian banyak perkakas sendiri, tentunya akan sangat melelahkan bukan? Karena itu, kamu juga perlu memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim untuk melamar di posisi ini.

Pengelolaan stres

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, manufacturing toolmaker adalah salah satu pekerjaan yang memiliki resiko cukup tinggi, sehingga dibutuhkan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi pula selama bekerja. Untuk itu, kamu perlu bisa mengelola stres agar konsentrasi tetap terjaga. Merasakan stres tentunya wajar, namun jangan sampai tidak terkontrol sampai memberi efek negatif kepada para rekan kerja.

Pendidikan

Pada umumnya, lowongan kerja manufacturing toolmaker memiliki syarat pendidikan minimal D3 di program studi teknik industri atau bidang lain yang terkait.

Sertifikasi

Untuk melamar kerja sebagai manufacturing toolmaker di Indonesia, kamu tidak memerlukan sertifikasi khusus.

Pengembangan jenjang karier manufacturing toolmaker

Meski kamu tidak perlu memegang sertifikat profesi untuk melamar kerja, kamu tetap perlu giat mengembangkan diri. Untuk memulai, kamu bisa mulai mencari-cari berbagai pelatihan mengenai keterampilan di bidang teknik industri, kemampuan lintas bidang atautransferable skills, maupun keterampilan kerja secara umum.

Salah satuplatformpelatihan untuk mengembangkan keterampilanmu adalah pelatihan JobStreet dan FutureLearn. Secara gratis, kamu sudah bisa mengikuti pelatihan keterampilan teknis sepertimachine-learningatau AI,robotics, pengelolaan SDM, hinggatransferable skillsyang mencakup cara berpikir kritis, kemampuan manajemen, serta keterampilan berbahasa Inggris.

Bagaimana cara membuat CV manufacturing toolmaker yang baik?

Berikut adalah contoh CV manufacturing toolmaker yang bisa kamu jadikan referensi.

ZULKIFLI RAHMAT

(+62)1234567890

[email protected]

DESKRIPSI SINGKATManufacturing toolmaker yang berpengalaman khususnya di bidang industri makanan dan minuman serta otomotif. Memiliki kemampuan khusus di desain model 3D menggunakan program CAD.PENGALAMAN KERJAManufacturing ToolmakerPT ABC (Januari 2018 - Juni 2020)
  • Membuat model 3D perkakas rumit menggunakan program CAD.
  • Memantau pemakaian perkakas dan mengidentifikasi malfungsi mesin (jika ada).
  • Membuatblueprintperkakas sesuai kebutuhan pabrik klien.
  • Memantau pekerjaan anggota tim dan membuat laporan progres.
  • Merancang dan mengajukan modifikasi perkakas atau mesin yang sudah dibuat jika diperlukan.
  • Merancang program khusus untuk diaplikasikan ke mesin yang membutuhkan fungsi spesifik.
  • Menyusun laporan mengenai pemakaian perkakas: progres, kendala (jika ada), dan usulan solusi untuk kendala yang ditemukan (jika ada).
  • Membuat bagian-bagian inti perkakas.
  • Merancang desain perkakas yang efektif dan aman dengan biaya produksi yang ditekan.
Manufacturing ToolmakerPT ABC (Desember 2016 - November 2017)
  • Membersihkan perkakas secara berkala.
  • Mengukur kecepatan mesin pemotong cokelat serta tingkat presisi pemotongannya.
  • Memantau pemakaian perkakas dan mengidentifikasi malfungsi mesin (jika ada).
  • Memastikan bahwa perkakas sudah dilumasi dengan baik setiap sebelum pemakaian.
  • Merancang prosedur bekerja yang efektif berdasarkanblueprintyang diberikan.
  • Mendesain model 3D perkakas dasar menggunakan program CAD.
  • Menyusun laporan mengenai pemakaian perkakas: progres, kendala (jika ada), usulan solusi untuk kendala yang ditemukan (jika ada).
  • Membuat berbagai alat penghubung kecil untuk menyatukan tiap bagian perkakas.
KETERAMPILANProgram CAD, Desain Produk, Teknik Industri, Microsoft Office Suite (Word, Excel, PowerPoint)LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
  • Teknik IndustriDiploma 3Universitas Negeri Jakarta (2012 - 2016)
KETERAMPILAN BERBAHASA
  • Bahasa Indonesia (lisan dan tulis)
  • Bahasa Inggris (lisan dan tulis)

Setelah selesai menulis CV, unggahlah di profil JobStreet tanpa menunggu lama. Jangan lupa juga untuk selalu perbarui profilmu setiap kamu menyelesaikan sebuah pelatihan dan mendapat keterampilan baru. Selain sertifikat pelatihan, kamu juga bisa menambahkan pengalaman baru yang kamu dapatkan dari berbagai kegiatan lain, contohnya menjadi sukarelawan.

Memiliki profil yangup-to-dateakan menguntungkanmu dalam jangka panjang, apalagi jika kamu baru mulai mencari pekerjaan. Tanggal pelatihan dan/atau pengalaman kerja yang dekat satu sama lain akan membuatmu dilihat sebagai kandidat yang giat. Kamu akan lebih dilirik oleh perekrut kerja karena profilmu sudah memberikan gambaran bahwa kamu memiliki etos kerja yang baik. Sangat menguntungkan, bukan?

Selain memperbarui profil, kunjungi juga laman Tips Karier kami untuk mendapatkan lebih banyak tips dan berita dari dunia kerja. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai tren kerja yang paling baru, unduh laporan Mengupas Tren Global Talent dari JobStreet di sini !

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.