Karier Menjanjikan, Marketing Executive Ngapain Aja, Sih

Karier Menjanjikan, Marketing Executive Ngapain Aja, Sih
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Posisi di bidangmarketing,atau pemasaran, dapat dikatakan merupakan salah satu posisi yang cukup diminati di perusahaan pada umumnya. Jenis pekerjaan yang diperlukan untuk keperluanmarketingpun beragam. Salah satu posisi yang kerap mengambil banyak perhatian adalahMarketing Executivelantaran pekerjaan dan tanggung jawab yang dijalani.

Tapi, apa saja yang dikerjakan oleh seorangMarketing Executive?Apa kemampuan yang diperlukan dan bagaimana prospek kariernya? Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Apa Saja Tanggung Jawab SeorangMarketing Executive?

Marketing Executivebertugas membuat dan mengembangkan strategimarketingsuatubrandatau pun perusahaan. Nantinya, strategimarketingtersebut perlu dipresentasikan atau dibagikan padastakeholders,dengan harapan untuk dapat membantu kemajuan bisnis perusahaan.Dalam melakukan hal tersebut, seorangMarketing Executivepun perlu menganalisis target audiens agar dapat membuat suatu strategi yang tepat sasaran.

Sebenarnya, dalam setiap perusahaan, pekerjaan seorangMarketing Executivedapat berbeda-beda, tergantung kebutuhan perusahaan tersebut. Namun, berikut rangkuman tugas atau tanggung jawab seorangMarketing Executivesecara umum:

  • Menganalisis target audiens agar strategi menjadi optimal lantaran tepat sasaran
  • Membuat, menyampaikan, dan membagikan strategi kepada berbagai pihak yang terkait untuk meraih tujuan perusahaan tertentu
  • Membuat perencanaancampaignsecaraofflinemaupunonlinedengan bekerja sama dengan tim lain untuk mendukung kelancaran rencana.
  • Bekerja sama dengan timPublic Relationsuntuk menyebarkanpress releaseke media dan membantu membangun reputasi perusahaan yang baik
  • Memantau jalannya rencanamarketingagar sesuai dengan tujuan awal yang telah disetujui
  • Memastikan pekerjaan terkaitmarketingyang dilakukan tim lain tetap berhubungan dengan rencana dan tujuan awal
  • Mengawasi dan memahami perkembangan tren di masyarakat secaraonlinedanoffline
  • Mengevaluasi strategi yang sudah dilakukan sebelumnya sebagai pembelajaran di masa depan
  • Menganalisis kembali strategi sebelumnya dengan strategi selanjutnya untuk melihat potensi keberhasilan strategi tersebut

Berapa estimasi gajiMarketing Executive?

Perkiraan rata-rata gaji seorangMarketing Executivedi Indonesia adalah sekitar Rp5.000.000-Rp10.000.000 juta per bulan. Rentang gaji tersebut disesuaikan kembali dengan pengalaman kerja, industri pekerjaan, dan juga lokasi kerja.

Bagaimana jenjang karier seorangMarketing Executive?

Berada di dalam sebuah tim marketing memberikanmu kesempatan yang cukup luas dalam berkarier. Setelah menjadiMarketing Executive,kamu dapat naik jabatan menjadi seorangMarketing Manager,yang tentunya juga seiring dengan kenaikan gaji.

Dengan menjadiMarketing Executive,kamu bisa terjun ke ranah media sosial dan jugaPublic Relations, mengingat banyaknya pekerjaan yang bersinggungan dengan subjek tersebut. Bagaimana? Apa kamu tertarik dengan prospek kerjanya? Kamu bisa cek lowongan sebagai Marketing Executivedi sini.

Apa syarat untuk menjadiMarketing Executive?

Keterampilan

  • Public Speaking

KemampuanPublic Speakingdiperlukan oleh seorangMarketing Executiveuntuk dapat menyampaikan ide-ide dan memasarkan produk kepada publik. Selain komunikasi, percaya diri yang tinggi juga diperlukan dalam mengembangkan kemampuanPublic Speaking.

  • Kemampuan Menganalisis

Apalah arti seorangMarketing Executivetanpa kemampuan menganalisis yang dimilikinya?Skillini dapat dikatakan sebagaiskillpenting yang harus dimiliki olehMarketing Executive.Pasalnya, menganalisis atau menelaah data, fakta, atau informasi yang terkait strategi pemasaran merupakan tugas utama seorangMarketing Executive. Adapun yang menjadi bagian dari hal-hal yang perlu dianalisis adalah target audiens, tren, strategi, dan laporanmarketing.

  • Kemampuan berpikir secara strategis

Dalam merancang sebuah strategimarketing, tentunya kemampuan berpikir secara strategis berperan sangat penting. Sifat strategis yang dimaksud di sini adalah kemampuan membuat suatu strategi dengan mempertimbangkan berbagai skenario dan memilih yang paling menguntungkan bagi perusahaan. Maka dari itu, seorangMarketing Executiveperlu memiliki kemampuan ini.

  • Komunikasi interpersonal

Komunikasi interpersonal sama pentingnya denganPublic Speaking. Bedanya, kemampuan komunikasi interpersonal ini diperlukan dalam berkomunikasi secara verbal dengan baik kepadastakeholdersdan publik.

  • Sifat persuasif dan negosiatif

Kemampuan menjadi persuasif dan negosiatif, tentunya perlu dimiliki oleh seorangMarketing Executive.Hal ini karena sebagai seorangMarketing Executive,kamu tidak hanya dituntut untuk memasarkan suatu produk, melainkan juga harus mampu mengajak audiens untuk menggunakan produk tersebut. Dalam hal ini, sifat negosiatif diperlukan agar mendapat titik tengah yang memuaskan kedua belah pihak, perusahaan dan konsumen.

  • Kreatif dan detail

Dalam menjalankan pekerjaannya, seorangMarketing Executiveperlu berpikir secara kreatif dan juga detail dalam membuat sebuah strategi marketing. Dengan kemampuan berpikir secara kreatif, dapat membuat suatu strategi yang tentunya menarik. Dalam hal ini, pemikiran kreatif akan diimbangi dengan kemampuan melihat sesuatu secara detail agar terhindar dari permasalahan yang dapat merugikan perusahaan.

  • Kemampuan menulis

SeorangMarketing Executivesetidaknya perlu juga memiliki kemampuan menulis. Pasalnya, sebuahcampaigntanpa kata-kata yang menarik akan sulit menjangkau para audiens. Kemampuan menulis ini juga dapat membantu dalam mengecek konten tulisan yang mendukungcampaignperusahaan.

  • Tech Savvy

SeorangMarketing Executiveyang tidaktech-savvyatau menguasai teknologi terkini tentunya akan mati gaya dalam menjalankan strategimarketingperusahaan. Hal ini disebabkan oleh era digitalisasi yang mengharuskan kita melek teknologi. Tanpa adanya kemampuan ini, kamu akan menghadapi kesulitan dalam menggunakantoolsyang dapat menunjang pekerjaan sebagaiMarketing Executive.

Latar belakang pendidikan

Bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan di jurusanmarketing, pastilah kamu memiliki kesempatan lebih besar untuk dilirik oleh perusahaan. Hal ini karena perusahaan melihat kamu sudah memiliki dasar pemahaman yang diperlukan sebagaiMarketing Executive.

Namun, bukan berarti jurusan lainnya tidak dapat melamar sebagaiMarketing Executive.Sebagai contoh, untuk kamu yang memiliki jurusan komunikasi dan sastra, kamu dapat menyertakan portofolio tulisan yang pernah dipublikasikan. Hal ini akan membantu para rekruter untuk memahami caramu berkomunikasi lewat kata-kata, kemampuan berpikir, dan juga menelaah berbagai topik.

Kemudian, untuk jurusan ekonomi, statistik, dan bisnis juga memiliki peluang untuk melamar sebagaimarketing Executivekarena kemampuan menganalisis yang sudah diasah.

Sertifikasi atau pelatihan yang dibutuhkan

Salah satu upaya untuk membuat profil kamu lebih terlihat, kamu dapat menyertakan hasil sertifikasi atau pun pelatihan, baikofflinemaupunonline. Contohnya, kamu dapat mengikuti sebuah pelatihan dengan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pemasaran (LSP Pemasaran). LSP Pemasaran merupakan sebuah lembaga mitra Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bertanggung jawab dalam pemberian sertifikasi yang teruji dan diakui di Indonesia. Kamu dapat mengakses halaman ini untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai sertifikasi pemasaran.

Kemudian, untuk menjadi seseorang yang bekerja di bidangmarketing,kursus tertentu yang terkait dengan bidang ini juga dapat membantu memperbesar kesempatanmu dilirik oleh para rekruter atau bahkan diterima kerja nantinya. Temukan kursus-kursus tersebut secaraonlinemaupunoffline.

KursusonlineuntukMarketing Executive:

Bagaimana cara menulis CV saat melamar sebagaiMarketing Executive?

Setelah penjelasan mengenaiMarketing Executivedan jenjang kariernya, mari kita buat resume untuk segera melamar pekerjaan tersebut. Berikut contoh penulisan resume atau CV yang mungkin dapat menjadi acuanmu dalam melamar ke perusahaan sebagaiMarketing Executive:

Dwi Anisantika Lubis

(Detail Kontak)

Saya memiliki pengalamanmarketingselama 2 tahun. Pencapaian saya selama bekerja di bidang marketing adalah dapat mencapai target untuk 6 bulan hanya dalam waktu 3 bulan. Kemampuan saya dalam berpikir strategis dan kreatif, menulis, serta kemampuan dalam menganalisis berperan besar terhadap pencapaian saya.Riwayat KerjaMarketing ExecutivePermata International (July 2020 - present)
  • Membuat strategimarketing
  • Menganalisis target audiens dan juga tren yang relevan dengan tujuan bisnis
  • Memantau jalannyacampaignyang berlangsung untuk memastikan sesuai dengan jadwal
  • Mengevaluasi setiap strategi yang sudah dilakukan
Marketing OfficerPT Jagat Abadi (April 2019 - June 2020)
  • Membantu dalam perencanaan strategimarketing
  • Membuat tulisan yang akan digunakan dalam materi-materi campaign
  • Bekerja sama dengan tim kreatif untuk membuat materi visual
Keterampilan
  • Strategic Thinking
  • Analytical Thinking
  • Copywriting
  • Creative Marketing
  • Microsoft Office
  • Adobe Photoshop
PendidikanSarjana HumanioraUniversitas Selat Sunda, Bandung (2015-2019)Kursus dan PelatihanIntro to Marketing: Fundamentals of Marketingkursus online di FutureLearnKeterampilan Bahasa
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
(dapat menyertakan nilai tes yang menentukan kemampuan kamu)

Demikian penjelasan mengenaiMarketing Executivedan prospek kariernya di masa depan. Jangan lupa untuk membuat desain CV yang menarik, mudah dimengerti, serta singkat dan padat. Hal ini dapat membantu kamu untuk bisa lolos tahap skrining CV, karena HR hanya memiliki waktu singkat untuk mengecek CV di antara ribuan pelamar lainnya. Jadi, pastikan kamu memasukan hal-hal yang dapat menjadi kekuatan pada CV kamu.

Setelah membuat CV, kamu dapat langsunguploaddan perbarui profil JobStreet kamu. Pastikan kamu sudah memiliki akun JobStreet untuk melamar pekerjaan, jika belum kamu dapat mendaftarkannya di sini.

Untuk rekomendasi lowongan pekerjaan lainnya, kamu dapat mengunjungi situs Jobstreet, ataudownloadaplikasinya melalui Google Play Store atau pun AppStore.

Dapatkan juga tips seputar karier, berita industri, dan informasi lainnya melalui laman Tips Karier. Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai tren kerja dengandownloadlaporan: Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

At JobStreet, we believe in bringing you #JobsThatMatter. As a Career Partner, we are committed to helping all jobseekers find passion and purpose in every career choice. And as the number 1 Talent Partner in Asia, we connect employers with the right candidates who truly make a positive and lasting impact on the organisation.

Discover Jobs That Matter. Visit JobStreet today.

About SEEK Asia

SEEK Asia, a combination of two leading brands JobStreet and JobsDB, is the leading job portal and Asia's preferred destination for candidates and hirers. SEEK Asia’s presence span across 7 countries namely Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand, Philippines and Vietnam. SEEK Asia is part of the Australian Securities Exchange-listed SEEK Limited Company, the world's largest job portal by market capitalisation. SEEK Asia attracts over 400 million visits a year.

About SEEK Limited

SEEK is a diverse group of companies, comprising a strong portfolio of online employment, educational, commercial and volunteer businesses. SEEK has a global presence (including Australia, New Zealand, China, Hong Kong, South-East Asia, Brazil and Mexico), with exposure to over 2.9 billion people and approximately 27 per cent of global GDP. SEEK makes a positive contribution to people’s lives on a global scale. SEEK is listed on the Australian Securities Exchange, where it is a top 100 company and has been listed in the Top 20 Most Innovative Companies by Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.