Makin Unggul sebagai Marketing Executive, Cek Keterampilan Ini!

Makin Unggul sebagai Marketing Executive, Cek Keterampilan Ini!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Apakah kamu tipe orang yang terbiasa menyusun strategi sebelum bergerak? Pekerjaan sebagaimarketing executivebisa jadi cocok untukmu!

Marketing executivebelakangan ini menjadi salah satu profesi yang banyak diminati, khususnya oleh para lulusan baru yang hendak memulai karier. Salah satu hal yang memicu minat ini adalah penggunaanplatformdigital yang membuat saluran pemasaran semakin beragam dan menarik. Jadi, apa itumarketing executive? Sederhananya,marketing executiveadalah profesi di mana seseorang bertugas untuk menyusun pemasaran suatu produk atau merek. Tujuan utama dari pekerjaanmarketing executiveadalah mendatangkan konsumen untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Untuk mencapai hal tersebut,marketing executiveakan terlibat mulai dari riset pasar hingga implementasi promosi.

Dengan sangat diminatinya posisimarketing executive,bagaimana caranya supaya kamu bisa unggul di antaramarketerlainnya? Simak keseluruhan artikel ini untuk mengetahui keterampilan yang kamu perlukan!

Fungsi Marketing Executive di Perusahaan

Sebelum membahas lebih lanjut tentang keterampilan yang diperlukan untuk unggul sebagaimarketing executive, sebaiknya kita memahami dulu fungsi seorangmarketing executivedalam perusahaan.Marketing executivediperlukan sebagai elemen dari strategi perusahaan untuk mencapai target penjualan. Ketika sebuah perusahaan mengeluarkan suatu produk, baik itu barang maupun jasa,marketing executiveberperan untuk menyusun strategi agar produk dapat diketahui oleh konsumen yang tepat, sehingga terjadi pembelian. Berbeda dengansales, marketing executivetidak menghadapi calon konsumen secara langsung untuk menawarkan barang atau jasa.Marketing executivebertugas untuk memikirkan strategi pemasaran secara keseluruhan dari setiap bagian perjalanan konsumen atauconsumer journey.

Apa saja sih, tugasMarketing Executive?

Cakupan pekerjaanmarketing executivebisa dibilang cukup luas dan cenderung bersifatgeneral, namun bukan berarti setiap kegiatan pemasaran dikerjakan olehmarketing executive.Di sinilah kerja sama antar tim berperan, danmarketing executivejuga bisa menempatkan diri sebagai individu yang mengawasi keseluruhan proses agar berjalan sesuai dengan tujuan utama. Berikut adalah beberapa tugas seorangmarketing executive.

  • Mengidentifikasi pasar dan perilaku konsumen

Untuk dapat menyasar konsumen yang tepat,marketing executiveperlu melakukan riset terhadap kondisi pasar saat ini. Siapa konsumen yang membutuhkan produk ini? Bagaimana produk ini bisa relevan untuk mereka? Seperti apa kebiasaan mereka saat ini? Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang perlu ditemukan jawabannya olehmarketing executive.Hal ini bisa jadi gambaran awal untuk menyusun cara berkomunikasi yang tepat dengan audiens yang ditargetkan.

  • Analisa data

Selanjutnya,marketing executiveperlu menganalisa data-data yang dapat mendukung proses pemasaran produk. Selain data dari luar (seperti laporan analisis pasar), membaca data yang tersedia secara internal juga diperlukan untuk mengambil pelajaran dari kampanye yang sudah berjalan. Dengan menganalisa data internal, kamu juga dapat melihat perilaku konsumen yang sudah pernah membeli produknya. Hal ini bisa membantu kamu menemukan cara untuk mempertahankan konsumen tersebut.

  • Menentukan pembawaan merek(brand persona)

Tahap ini merupakan saat di manamarketing executivemenentukan cara suatu produk ditampilkan kepada konsumen. Maksud dari ditampilkan di sini adalah kesan emosional yang disajikan ketika produk tersebut dipasarkan. Jika diibaratkan sebagai manusia, akan seperti apakah produk ini? Ketika dipasarkan nanti, nada bicara (tone of voice)seperti apa yang akan digunakan? Analisis yang sudah dilakukan sebelumnya terhadap target konsumen juga akan berkontribusi untuk menentukan pembawaan merek agar sesuai dengan preferensi konsumen.

  • Menyusun strategi pemasaran (marketing strategy)

Tugas selanjutnya adalah menyusun strategimarketing.Bisa dikatakan bahwa ini adalah salah satu pekerjaanmarketing executiveyang paling penting. Setelah menentukan pembawaan merek, di sini timmarketing executiveakan menentukan langkah dan tahap apa saja yang akan diambil sesuai dengan tujuan dari kegiatan pemasarannya. Misalnya, jika keperluannya adalah untuk merilis dan memperkenalkan produk baru, kampanye seperti apa yang akan dibuat? Setelah tahap itu, apa lagi yang perlu dilakukan supaya konsumen mengenal produk dan tertarik untuk membelinya? Saluran pemasaran apa saja yang kira-kira akan digunakan? Dari sini, timmarketingbisa menentukan seperti apa perjalananmarketingyang akan ditempuh.

  • Bekerja sama dengan tim khusus

Setelah menyusun strategi secara garis besar, tugas darimarketing executiveselanjutnya adalah berdiskusi dengan tim dari divisi lain yang akan menangani kegiatanmarketingsecara spesifik. Misalnya, dengan tim digital atau media sosial yang akan mematangkan strategi dan mengeksekusi pemasaran di saluran digital. Lalu, jika akan diadakan acara, diperlukan juga diskusi dengan tim atau vendor acara. Kampanyemarketingjuga seringkali melibatkan tim penulis (copywriter)dan desainer untuk memproduksi materi-materi promosi. Peranmarketing executivediperlukan untuk memastikan tim tersebut terinformasi dengan baik sehingga hasil produksinya sesuai dengan rencana.

  • Memantau dan mengoptimasi pemasaran

Walaupun tidak seluruh kegiatan pemasaran dijalankan langsung olehmarketing executive,di beberapa perusahaan,marketing executivejuga terlibat dalam memantau perkembangan kegiatan yang sudah berjalan. Hal ini dilakukan agar kegiatan pemasaran tetap sesuai dengan tujuan di awal. Dengan demikian, kampanye dapat selalu dikembangkan dan hambatan pun dapat langsung ditangani.

  • Membuat laporan

Setelah kampanye pemasaran berjalan,marketing executivejuga terlibat dalam pembuatan laporan. Di sini, timmarketingbeserta tim lainnya dapat melihat performa kampanye dan melaporkan biaya yang dikeluarkan. Jangka waktu laporan bervariasi tergantung kesepakatan dan durasi kampanye.

Keterampilan (Skill)yang Perlu Dimiliki untuk MenjadiMarketing Executiveyang Unggul

Jika kamu menikmati pekerjaan sebagaimarketing executive,tentunya kamu punya kesempatan untuk mengembangkan karier di sana. Dengan performa yang baik, setelah dua sampai tiga tahun, bisa jadi kamu dipromosikan menjadisenior marketing executivedan bahkan berlanjut menjadimarketing manager.Agar bisa menjadimarketing executivedengan performa yang sangat baik, kamu perlu memiliki beberapa kemampuan berikut ini:

  • Kemampuan berpikir strategis dan kritis

Karena inti dari pekerjaanmarketing executiveadalah membuat strategi pemasaran, maka keterampilan ini sangat diperlukan. Kemampuan untuk mempertimbangkan berbagai aspek untuk menemukan cara yang tepat adalah langkah penting dari tercapainya tujuan promosi.

  • Memiliki pemahaman yang baik terhadap fungsi saluran pemasaran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saluran pemasaran kian berkembang dari waktu ke waktu, terutama saluran digital. Dengan banyaknya saluran-saluran pemasaran yang ada, terkadang kita terlalu menggebu untuk ingin memasarkan produk di semua tempat, padahal belum tentu pilihannya tepat. Karena itu, penting bagi seorangmarketing executiveuntuk memahami fungsi dan sifat tiap saluran agar produk bisa dipasarkan di tempat yang sesuai.

  • Kemampuan beradaptasi dengan tren

Keadaan pasar dan pergerakan tren merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam menyusun strategi pemasaran. Mirip dengan saluran pemasaran, tren bergerak sangat cepat. Kita dapat melihat satu jenis kampanye yang sedang viral saat ini, kemudian trennya berganti lagi bulan depan. Kemampuan seorangmarketing executiveakan sangat diperlukan. Bukan hanya sebatas mengikuti tren tetapi juga mempertimbangkan penggunaan tren dengan bijak agar dapat beradaptasi dan tetap sesuai sasaran. Kamu bisa memperkaya pengetahuanmu di ranah ini dengan melihat kumpulan referensi kampanye marketing yang sering diterbitkan oleh platform media sosial seperti Facebook, TikTok, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

  • Komprehensi membaca tulisan dan data

Hal ini mungkin terkesan mendasar, namun dalam tahap mempersiapkan strategi, optimasi, dan pelaporan, kemampuan ini penting untuk dimiliki. Terkadang, tahap penyusunan strategi melibatkan proses survei kepada calon pelanggan dan mengumpulkan temuan dari riset yang beredar. Memiliki kemampuan membaca yang baik sangat berguna untuk memahami dan memproses informasi yang diterima. Latihlah kemampuan ini dengan membaca sebuah riset atau laporan dan mencatat gagasan penting yang terpikirkan olehmu.

  • Perencanaan dan penganggaran

Seiring dengan mempertimbangkan kesuksesan kampanye,marketing executiveperlu memperhatikan dana yang tersedia. Dengan dana tersebut, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dan hasil seperti apa yang bisa diharapkan? Kemampuan penganggaran membantu agar pengeluaran tidak melebihi alokasi dana, dan sebaliknya kampanye bisa berjalan dengan memanfaatkan dana secara optimal.

  • Kemampuan presentasi

Seorangmarketing executivejuga sering kali diminta untuk melakukan presentasi, baik kepada pihak eksternal maupun internal. Presentasi ke pihak eksternal bisa dilakukan untuk menjelaskan strategi ke mitra perusahaan atau sponsor. Sedangkan presentasi kepada pihak internal kadang ditujukan pada atasan atau tim lain. Untuk dapat meyakinkan dan menyampaikan ide dengan jelas, keterampilan presentasi tentunya dibutuhkan. Kamu dapat melatih kemampuan ini dengan mencoba menjelaskan idemu di depan cermin atau ke temanmu. Cobalah gunakan metode bercerita (storytelling)agar lebih mudah disimak oleh pendengar.

  • Pemahaman dasar aset visual

Biasanya di sebuah perusahaan akan ada tim lain yang mengerjakan aset visual, baik dari tulisan maupun desain grafis. Namun, ada baiknya kamu membekali diri dengan sedikit pengetahuan dasar tentang desain grafis seperti aspek rasio untuk penempatan digital dan komposisi elemen visual. Dengan informasi tersebut, kamu bisa membantu tim desain di kantormu untuk pengecekan ulang sehingga penempatan aset bisa sesuai.

Itulah pembahasan mengenai pekerjaan sebagaimarketing executivedan keterampilan yang bisa kamu gali untuk unggul di bidang tersebut. Cepatnya industri bergerak dan berbagai tuntutan yang sering dilekatkan kepadamarketing executivemungkin bisa membuatmu kewalahan, tapi kamu tidak harus menguasai semuanya dalam waktu yang bersamaan. Carilah informasi atau pelatihan sedikit demi sedikit. Kamu juga bisa berdiskusi dengan senior atau temanmu. Tidak perlu terburu-buru, yang penting kamu tetap konsisten dalam mengembangkan kemampuan tersebut. Jangan lupa untuk memperbarui profil JobStreet dengan mengunggah CV atau resume kamu. Perbarui juga profilmu setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik!

Kunjungi situs JobStreet untuk mencari lowongan pekerjaan yang dapat membantumu mencapai kesuksesan karier. Tetap terhubung bersama kami kapan pun dan di mana pun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk kamu. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untukmu. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring, pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.