Mau Jadi Mekanik Handal Pastikan Sudah Tahu Jenjang Kariernya!

Mau Jadi Mekanik Handal Pastikan Sudah Tahu Jenjang Kariernya!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Syarat, jenjang karier, dan gaji mekanik kendaraan

Mekanik itu kerjanya apa aja, sih?

Mekanik, alias montir, adalah seorang pekerja terampil atau teknisi yang menggunakan peralatan untuk membangun, merawat, dan memperbaiki mesin. Mekanik biasanya menangani berbagai tipe kendaraan, seperti motor, mobil, bus, truk, bahkan mobil balap. Tidak hanya di bengkel, mekanik juga bisa meniti jenjang karier sebagai teknisi didealerproduk otomotif, maupun pabrik perawatan.

Walaupun mekanik mempunyai spesialisasi dalam bidang-bidang tertentu, seperti mesin berat dan mesin kendaraan, inilah beberapa tugas umum yang biasanya dilakukan mekanik:

  • Memeriksa kendaraan untuk menentukan penyebab dan tingkat kerusakan
  • Mengeksekusi perbaikan yang sesuai dengan jenis dan tingkat kerusakan
  • Melakukan pemeriksaan pada bagian lain kendaraan secara menyeluruh dan melakukan penanggulangan kerusakan sebelum terjadi
  • Memesan suku cadang atau komponen pengganti yang sesuai kepadasupplierperalatan otomotif untuk perbaikan
  • Membuat laporan kondisi kendaraan setelah dilakukan perawatan
  • Menyusun jadwal pengecekan rutin kendaraan

Berapa kisaran gaji mekanik?

Gaji seorang mekanik berkisar pada angka Rp1.900.000,00 hingga Rp4.900.000,00. Biasanya, nominal gaji ditentukan oleh pengalaman kerja, bidang keahlian, parahnya kerusakan, hingga produktivitas mekanik itu sendiri.

Bagaimana jenjang karier mekanik?

Tingkat Junior (pengalaman 1-3 tahun)

Tingkat Senior (pengalaman 3-5 tahun dan memiliki tim kerja)

Kepala Mekanik (pengalaman >5 tahun, memeriksa hasil kerja junior dan senior mekanik)

Apa saja sih, persyaratan yang harus dipenuhi untuk jadi mekanik?

Kemampuan dasar

Sebagai seorang mekanik, tentunya kamu harus bisa menguasai beberapa kemampuan dasar, terlepas dari keahlian atau spesialisasi yang kamu tekuni. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu bisa mengatasi kerusakan pada kendaraan dengan mudah. Berikut adalah daftar kemampuan dasar mekanik:

  • Melakukan pengecekan kendaraan
  • Menggunakan peralatan, perlengkapan tempat kerja, dan alat ukur
  • Memperbaiki sistem hidrolik
  • Melaksanakan teknik pematrian
  • Melakukan perawatan mesin secara berkala
  • Memelihara sistem pelumasan dan pendinginan mesin
  • Mengganti cairan pada sistem pendinginan mesin
  • Memelihara sistem kontrol emisi

Soft skills

Kamu juga bisa membekali diri dengan beberapa kemampuan tambahan di luar kemampuan dasar mekanik. Kemampuan non-teknis dapat membuat kamu semakin terlihat menonjol dan profesional dibandingkan orang lain, lho!

1.Komunikasi

Walaupun sering berkutat dengan mesin yang tidak bisa diajak berbicara, kamu tetap perlu melatih kemampuan dalam berkomunikasi. Keterampilan komunikasi yang efektif bisa meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Kamu tidak mau pelanggan kabur hanya karena kamu tampak ketus saat menjelaskan masalah kendaraannya, kan?

2. Berpikir kritis dan teliti

Keterampilan yang satu ini akan menguntungkanmu dalam menyelesaikan masalah. Seorang klien bisa saja datang ke bengkel dengan keluhan knalpot yang berasap. Namun karena kamu berpikir kritis dan teliti, kamu bisa menebak bagian yang rusak hanya dengan melihat warna dan mencium bau asapnya saja. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu dan bekerja seefisien mungkin.

3.Kreativitas

Sama halnya dengan keterampilan berpikir kritis dan teliti, memiliki kreativitas yang tinggi dapat membantumu menyelesaikan masalah. Dalam menghadapi masalah, rasa ingin tahu akan membuatmu mencari sumber permasalahan dan mencari cara untuk menyelesaikannya. Kemampuan kreativitas akan sangat membantu dalam menemukan solusi yang paling efektif.

4. Negosiasi

Keterampilan negosiasi tentunya dibutuhkan bagi para mekanik. Seringkali pelanggan datang ke bengkel dan melakukan diagnosa permasalahan kendaraannya sendiri. Hal ini tentu akan menyulitkan kamu sebagai mekanik, karena biasanya masalah yang ditemukan lebih rumit dibandingkan hasil diagnosa pelanggan. Dengan keterampilan negosiasi, kamu bisa mencapai kesepakatan antara bengkel dan pelanggan dengan efektif.

5. Jaringan yang luas

Maksud dari jaringan di sini adalah lingkup pertemanan. Dengan memiliki jaringan yang luas, kamu bisa membuka banyak kesempatan serta peluang kerja yang datang. Bisa jadi tukang ojekonlineyang pernah dibantu, membawa teman setongkrongannya untuk memperbaiki kendaraan di bengkelmu. Seperti perkataan orang lama, “rezeki tidak tahu datangnya dari mana.”.

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentangsoft skillyang bisa membantu dalam meningkatkan performa kerja di lapangan, klik artikel ini.

Pendidikan

Bagi yang berminat jadi mekanik, minimal kamu harus lulus SMK di bidang teknik, khususnya otomotif. Jurusan teknik otomotif juga biasanya memiliki jenis program keahlian dan kompetensi, seperti teknik kendaraan ringan, teknik sepeda motor, teknik perbaikan bodi otomotif, teknik alat berat, dan lain-lain.

Sertifikasi dan pelatihan

Selain merupakan lulusan SMK jurusan otomotif, seorang mekanik juga butuh sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Otomotif Profesional atau LSP-TOP. Lembaga ini merupakan mitra Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yang bertanggung jawab dalam melaksanakan sertifikasi kompetensi teknisi otomotif di seluruh Indonesia. Dengan memiliki sertifikasi kompetensi, kamu dapat memiliki pengakuan terhadap pengetahuan, keterampilan, serta sikap kerja yang dimiliki dan sesuai standar yang disyaratkan.

Untuk mendapatkan sertifikasi, kamu harus memenuhi salah satu persyaratan umum di bawah ini:

  1. Minimal pendidikan SMK jurusan otomotif atau SLTA ditambah pelatihan keahlian yang diselenggarakan oleh lembaga penyelenggara yang memiliki izin
  2. Minimal pendidikan sekolah dasar dan memiliki pengalaman kerja di bengkel dan diusulkan oleh tempat kerjanya atau memiliki sertifikat pelatihan otomotif yang relevan

Kemudian, alur permohonan sertifikasi bagi mekanik profesional adalah sebagai berikut:

  1. Peserta mengajukan permohonan kepada LSP dengan memilih Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang diinginkan dan mengisi formulir yang telah disediakan
  2. Peserta menyerahkan bukti tertulis (sertifikat dan ijazah) kepada tim asesor
  3. Tim asesor melakukan verifikasi dokumen kemudian melaporkan hasil rekomendasi kepada LSP
  4. LSP membentuk Panitia Teknis untuk mengevaluasi dan menetapkan status kompetensi
  5. LSP menerbitkan sertifikat kompetensi untuk unit kompetensi yang bersangkutan

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sertifikasi bagi mekanik profesional, kamu bisa klik di sini.

Studi lanjutan untuk mekanik

Walaupun menjadi mekanik identik dengan pekerjaan teknis yang membutuhkan keterampilan, tapi para mekanik juga dapat terus mengembangkan pengetahuannya dengan mengenyam bangku pendidikan, lho!

Salah satu langkah yang bisa kamu ambil adalah dengan melanjutkan pendidikanmu di jurusan yang relevan, misalnya mengambil program S1 di jurusan Teknik Mesin atau Teknik Otomotif. Prospek kerja lulusan S1 Teknik Mesin atau Otomotif sangatlah beragam, seperti teknisi pemeliharaan mesin, konsultan mekanik, teknisimodelling/drafting, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa melanjutkan studi ke jenjang S2 dengan jurusan yang sama.

Bagaimana cara menulis CV teknisi mekanik?

Ketika menulis CV, pastikan kamu telah memasukkan seluruh data diri yang penting seperti nama lengkap dan nomor telepon. Kamu boleh menuliskan lokasi domisili, namun tidak perlu mencantumkan tempat tanggal lahir dan agama.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan pengalaman kerja yang sudah kamu lalui selama ini. Tuliskan pengalaman kerjamu dari yang paling baru ke yang paling lama. Katanya perekrut akan lebih percaya dengan data pengalaman ini, ketimbang penjelasan bertele-tele yang biasanya ada di CV kebanyakan orang, lho!

Pastikan juga kamu tidak menggunakan kata yang disingkat ketika menulis CV. Jangan menulis kata hubung “yang” menjadi “yg”, atau kata “dengan” menjadi “dg”. Kamu juga harus menulis nama organisasi atau program pelatihan yang telah diikuti dengan jelas bukan dengan singkatan.

Kalau masih bingung, kamu bisa cek contoh CV mekanik di bawah ini atau mengunduhnya di sini.

BAYU ARKAN

Mekanik

Nomor ponsel: 123-456-7890

Email: [email protected]

TENTANG DIRI SAYASaya adalah mekanikyang memiliki spesialisasi di bidang pemeliharaan sistem otomasi industri dan sedang mencari pekerjaan purnawaktu di perusahaan berbasis manufaktur.PENDIDIKAN
  • S1 Teknik Elektro Universitas X (2010-2014)
  • SMK Teknik Listrik (2008-2010)
PENGALAMAN KERJAStaff Maintenance Senior Future Electronica Corps | 2017-2021- Membuat jadwalmaintenancepreventif- Mengatasi permasalahan peralatan dan kelistrikan perusahaan - Melakukan optimalisasi peralatan dan kelistrikan perusahaan - Membuat desain kelistrikan dan prototipe Staff Maintenance Junior Red Manufacture | 2014-2017 - Melakukan perbaikan untuk correctivemaintenance- Merencanakan keperluan peralatan dan alat untukmaintenance- Membuat laporan hasilmaintenanceharian, mingguan, dan bulanan KETERAMPILAN - Memahami pengoperasian sistem Programmable Logic Controller (PLC) - Menguasai sistem instrumentasi dan kontrol elektronik - Mahir dalam perakitan alat kelistrikan - Memahami K3 industri dan lingkunganLATIHAN DAN MAGANGLembaga Sertifikasi Profesi Elektronika Indonesia Teknisi Pemeliharaan Peralatan Pelatihan mengenai kelistrikan di bidang pemeliharaan - Menyelesaikan pelatihan bulan Juli 2017 dan mendapatkan sertifikat dari LSP-EI yang sudah memiliki lisensi Badan Pelatihan Nasional Profesi (BNSP)

Karier yang relevan

Tertarik dengan pekerjaan yang mirip mekanik? Mungkin kamu akan suka pekerjaan berikut ini:

  • Teknisimaintenance

Nah, itulah informasi serta persyaratan yang harus kamu ketahui dan penuhi ketika ingin menjadi seorang mekanik profesional lengkap dengan contoh CV-nya. Pastikan kamu membaca semuanya dengan teliti, ya! Bila kamu merasa bahwa menjadi mekanik bukanlah hal yang kamu inginkan, klik di sini untuk mencari tahu cara untuk beralih karier.

Jika kamu sedang mencari kerja sebagai mekanik langsung saja kunjungi situs JobStreet, atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store. Selalu perbarui profil JobStreet-mu agar para perekrut tahu bahwa kamu siap untuk bekerja. Jobstreet akan selalu menemanimu dalam mencari pekerjaan yang berarti.

Kunjungi laman Tips Karier kami untuk tips, berita, dan informasi lainnya. Perluas wawasanmu mengenai tren yang sedang berlangsung di dunia kerja Indonesia dan global dengan membaca laporan survei Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet di sini.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.