Panduan Ampuh Sebelum Kamu Terjun ke Jenjang Karier Staf Administrasi

Panduan Ampuh Sebelum Kamu Terjun ke Jenjang Karier Staf Administrasi
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Jenjang Karier Staf Administrasi

Banyak yang beranggapan bahwa sebuah organisasi bisa bekerja dengan lancar tanpa bantuan para staf administrasi. Anggapan ini sangatlah salah lantaran staf administrasi berperan bagaikan pihak pendukung yang menyajikan dampak sangat besar dalam berjalannya sebuah organisasi. Oleh karena itu, untuk masuk ke jenjang karier staf administrasi, seorang kandidat wajib hukumnya untuk menguasai manajemen waktu dan projek, pelayanan pelanggan(customer service),serta berbagai keterampilan yang dianggap merupakan tanggung jawab pekerjaan lain, padahal tidak demikian.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak panduan lengkap untuk menjadi staf administrasi berikut ini!

Apa saja tanggung jawab staf administrasi?

Lowongan pekerjaan staf administrasi beragam, ada yang menyebutnya sebagai staf tata usaha, sekretaris, atau juga staf admin. Meskipun banyak sebutan yang dikenal di dunia kerja, tanggung jawab inti dari profesi ini adalah memastikan pekerjaan yang sedang berlangsung di dalam suatu organisasi berjalan mulus lewat berbagai dukungan administratif yang bisa diberikannya.

Perlu diketahui bahwa tanggung jawab seorang staf administrasi yang harus diberikan ada bermacam-macam, misalnya seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Perancangan kegiatan pertemuan dan kegiatan kerja
  • Pengelolaan peralatan, perlengkapan, serta pengadaan barang organisasi
  • Surat menyurat kepada pihak eksternal, seperti klien perusahaan, vendor,dan lainnya
  • Pendokumentasian transaksi atau pengeluaran serta pengurusan administrasi keuangan jika diperlukan
  • Pendokumentasian berbagai dokumen yang terkait dengan urusan kantor
  • Penulisan surat tagihan (invoiceataubilling)
  • Menerima panggilan telepon dari siapa pun dan menghubungkannya kepada pihak yang terkait
  • Membantu staf di dalam organisasi dalam penyelesaian masalah administratif

Berapa kisaran gaji staf administrasi?

Sebelum terjun ke jenjang karier staf administrasi, kamu mungkin akan penasaran tentang kisaran estimasi gaji yang bisa kamu dapatkan. Sebelum mengira-ngira, pastikan dulu kamu tahu apa saja yang menjadi faktor penentu nilai gaji di antara lain sebagai berikut:

  • Pengalaman kerja
  • Jenjang pendidikan terakhir
  • Tanggung jawab yang akan dipegang dalam organisasi
  • Jumlahstakeholdersatau pihak yang harus dibantu
  • Sertifikasi yang kamu miliki
  • Kemampuan yang terbukti kebenarannya
  • Besar kecilnya organisasi
  • Industri yang dijalani organisasi
  • Upah minimum regional (UMR)

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor di atas, tidak ada angka pasti atas gaji yang staf administrasi terima. Ini karena industri yang diterjuni seorang staf administrasi mungkin tidak sama dengan yang lainnya.

Sebagai contoh, di bidang logistik dan pergudangan, kisaran gajinya adalah Rp5.500.000,00 hingga 6.000.000,00. Sementara itu, untuk bidangengineeringdantechnical,kisarannya gaji staf administrasinya adalah Rp4.500.000,00 hingga Rp7.000.000,00.

Jenjang karier staf administrasi: mulai dari mana dan apa langkah selanjutnya?

Tentu menjalani sesuatu yang tidak terarah akan sulit dilakukan, terlebih dalam karier. Maka dari itu, kamu perlu memahami peran apa saja yang bisa diambil setelah masuk ke dalam profesi ini. Simak tingkatan jenjang karier untuk staf administrasi berikut!

Kalau tertarik, persyaratan apa yang harus disiapkan, ya?

Kita tahu bahwa ketertarikan kepada suatu bidang saja tidak cukup jika tanpa adanya persiapan yang matang. Di bawah ini, kamu akan menemukan berbagai macam kualifikasi yang dapat membantumu diterima sebagai staf administrasi, mulai dari keterampilan, sertifikasi, kursus, serta program pendidikan yang bisa ditempuh.

Simak ulasannya berikut ini!

Keterampilan wajib

  • Keterampilan surat menyurat

Staf administrasi akan bertanggung jawab dalam menulis catatan, draf, serta surat. Pastikan kamu paham dan terbiasa menggunakankeyboardsecara efisien serta membalas pesan secara ramah dan profesional.

  • Komunikasi yang baik

Jenjang karier administrasi akan menuntutmu untuk menerima panggilan telepon dari berbagai macam pihak. Maka dari itu, upayakan untuk paham respons apa yang harus diutarakan pada berbagai macam situasi.

  • Pelayanan pelanggan(customer service)

Apalah arti komunikasi yang baik jika tidak dilakukan bersamaan dengan kemampuan melayani pelanggan secara baik.Customer serviceatau pelayanan pelanggan meliputi seberapa mampu kamu dalam memberikan bantuan, dukungan, atau solusi untuk para pelanggan hingga klien.

  • Pengelolaan waktu

Mengelola waktu membutuhkan penjadwalan berbagai macam tugas serta memprioritaskan yang lebih penting dan mendesak. Dengan begitu, semua tugas akan terselesaikan sebelumdeadline.

  • Pengoperasian komputer dan perangkat lunak

Selain menguasaikeyboard,pastikan kamu familiar akan cara kerja komputer atau laptop serta berbagai macam aplikasi di dalamnya. Pahami apa saja perangkat lunak(software)atau aplikasi produktif yang mampu mempermudah pekerjaanmu. Kemudian, gunakan agar segala pekerjaan jadi optimal.

Keterampilan tambahan

  • Kemampuan kolaborasi

Mendukung pekerjaan berbagai macam staf dalam organisasi adalah pekerjaan yang dilakukan ketika kamu terjun ke dalam jenjang karier staf administrasi. Hal ini menjadikan keberhasilan organisasi sebagai keberhasilanmu. Maka dari itu, upayakan untuk dapat diajak berkolaborasi dengan mudah.

  • Kemampuan memperhatikan detail

Lantaranstakeholdersyang akan kamu hadapi ada beragam, kamu pasti akan menerima banyak informasi. Usahakan untuk selalu mengelola detail dan informasi secara sempurna.

  • Kemampuan menerima masukan secara baik

Bagaimana cara kamu menerima masukan? Perlu dipahami bahwa masukan apa pun akan dapat membantumu di jenjang karier staf administrasi. Apabila masukan terdengar tidak enak di telingamu, upayakan untuk mengolahnya secara bijak dan menjadikannya sebagai panduan di kemudian hari.

Latar belakang pendidikan

Untuk menjadi seorang staf administrasi, kamu bisa memulainya dari berbagai macam program studi seputar administrasi perkantoran. Umumnya, program studi ini merupakan program D-III di mana kamu akan harus melaluinya selama tiga tahun dalam mempelajari manajemen kearsipan, konsep administrasi dan manajemen, komunikasi danpublic speaking,serta cara menghadapi berbagai pihak di dalam organisasi nantinya. Bisa dibilang, program studi ini akan mempersiapkan lulusan yang siap masuk ke dalam jenjang karier administrasi.

Sertifikasi atau training untuk jenjang karier staf administrasi

Seperti yang dilansir dari situs resmi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), ada beberapa sertifikasi yang bisa kamu dapatkan di dalam bidang administrasi perkantoran. Dengan memperoleh sertifikasi-sertifikasi ini, kamu akan dapat terbukti kompeten di bidangmu dan siap untuk bekerja. Berikut adalah beberapa lembaga sertifikasi di bidang administrasi tersebut!

Pengembangan jenjang karier staf administrasi

Karier staf administrasi tidak hanya berujung sampai ke kepala bagian tata usaha. Bila kamu ingin berpindah ke jenjang karier lainnya, seperti bisnis atau manajemen, kamu dapat melakukannya dengan mengikuti program ekstensi S1 pada jurusan yang kamu mau. Umumnya, kamu perlu menjalani program tersebut selama 1 tahun untuk memperoleh gelar S1.

Namun, jika kamu ingin menguasai ilmu administrasi secara mendalam lebih dulu, kamu dapat mengikuti kursus-kursusonlineyang relevan. Berikut adalah beberapa di antaranya!

Bagaimana cara membuat CV atau resume staf administrasi?

Dengan mengirim CV atau resume, kamu bisa menarik minat perekrut dengan pengalamanmu selama ini. Pastikan kamu untuk membuatnya secara singkat dan padat, informatif, dan tetap menarik. Berikut adalah contoh yang bisa kamu jadikan referensi!

Dinda Sukmawati

(+628-1234-5678)

[email protected]

Dinda Sukmawati adalah staf administrasi dengan pengalaman selama 2 tahun di industri perangkat kantor serta percetakan. Berbekal kemampuan dalam mengatur waktu dan proyek secara efisien serta mengoperasikan berbagai perangkat lunak untuk administrasi. Dinda terbiasa dalam memberikan hasil pekerjaan yang optimal dan menguntungkan bisnis.KarierStaf AdministrasiBender Mifflin Paper Indonesia (Januari 2020 - saat ini)
  • Memiliki tanggung jawab atas jadwal pertemuan(meeting)di dalam lingkup organisasi
  • Menyampaikan permohonanmeetingdari pihak luar organisasi kepada sekretaris dari pihak terkait, seperti asisten CEO
  • Menerima permohonan dan keluhan berbagai pihak di dalam organisasi serta menawarkan solusi efektif dan/atau menghubungkan dengan pihak lain yang dapat menyelesaikan masalah, seperti staf IT atau pihak HR
  • Memeriksa ketersediaan peralatan kantor dan melakukan transaksi jika dibutuhkan
  • Mendokumentasikan pengeluaran finansial terkait peralatan kantor atau hal-hal seputar pekerjaan yang dilakukan organisasi lainnya
  • Menjadimentorbagi para staf magang di dalam departemen administrasi
  • Memiliki tanggung jawab atas pengiriman serta penerimaan barang dari pihakvendor
Staf Magang AdministrasiPlanting Paper Jakarta (Oktober 2020 - Desember 2020)
  • Memiliki tanggung jawab atas dokumentasi pengeluaran finansial terkait berbagai macam keperluan terkait kelancaran pekerjaan kantor, seperti pengeluaran terkait perangkat kantor atau penggunaan daya listrik
  • Memiliki tanggung jawab atas kebersihan dan kemampuan fungsional perangkat keras di kantor, seperti printer, komputer, telepon, dan lainnya
  • Menghubungkan panggilan telepon kepada pihak yang bersangkutan dalam organisasi
Kemampuan
  • Penguasaan Bahasa Inggris dan Perancis
  • Penguasaan Microsoft Office, Google Workspace, serta Favro
  • Manajemen waktu dan proyek
  • Pelayanan pelanggan(customer service)
Pendidikan Terakhir
  • Program Studi D-III Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Jakarta (2017-2020)IPK: 3.98

Kembangkan kariermu bersama JobStreet!

Setelah membaca panduan di atas, satu-satunya tindakan yang kamu lakukan adalah mempersiapkan dirimu dengan berlatih, membuat resume, lalu updateprofilmu di JobStreet atau membuat akun baru jika belum terdaftar. Kunjungi JobStreet untuk menemukan berbagai pekerjaan staf administrasi atau posisi yang berkaitan dengan jenjang karier staf administrasi secara mudah dan efisien.

Namun, bila masih tertarik untuk belajar lebih lanjut, jangan ragu untuk mengunjungi laman Tips Karier JobStreet di mana berbagai tips, panduan, dan juga informasi lainnya terkait industri incaran kamu dikupas dengan tuntas. Kemudian, selain mengunjungi laman tersebut, kamu pun bisa mengunduh laporan kami, Mengupas Tren Global Talent di sini. Selamat mencoba!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.