Pascapandemi, Ini Industri dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Pascapandemi, Ini Industri dengan Prospek Kerja Menjanjikan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hal dalam segala aspek kehidupan. Salah satu aspek yang terdampak yakni industri kerja. Terbatasnya interaksi antarmanusia menyebabkan lumpuhnya mayoritas kegiatan ekonomi. Banyak industri pekerjaan yang mengalami penurunan profit karena hal tersebut.

Akibatnya, banyak sekali kesempatan pekerjaan yang terpaksa ditutup dan banyak karyawan yang di-PHK karena keterbatasan pembiayaan perusahaan. Kondisi darurat ini mengakibatkan banyak karyawan kehilangan pemasukan.

Walaupun berdasarkan undang-undang PHK yang berlaku di Indonesia perusahaan sebisa mungkin tidak melakukan pemutusan hubungan kerja, terdapat jenis-jenis PHK yang dapat terjadi. Pertama, PHK karena meninggal dunia atau pensiun. Kedua, PHK dapat dilakukan jika terdapat pelanggaran perjanjian kerja yang sudah disetujui di awal, atau pelanggaran terhadap undang-undang yang berlaku. Selanjutnya, perusahaan dapat melakukan PHK sepihak yang diajukan oleh karyawan ketika mereka ingin mengundurkan diri. Jenis PHK yang terakhir dapat diberlakukan jika perusahaan tidak memiliki kemampuan pembiayaan karena mengalami kerugian dan harus melakukan efisiensi, atau jika karyawan tidak memiliki kemampuan bekerja karena sakit berkepanjangan.

Saat ini, setelah kondisi membaik dan perekonomian kembali pulih, para tenaga kerja memiliki prioritas kerja yang bergeser. Dilansir dari Laporan Mengupas Tren Talent Global 2 yang dirilis oleh JobStreet, tiga prioritas tertinggi saat ini yakni hubungan baik dengan rekan kerja, hubungan baik dengan atasan, dan work-life balance yang baik.

Di saat yang sama, hasil laporan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam hal stabilitas keuangan perusahaan dan kompensasi finansial. Kedua prioritas ini dapat dicapai oleh perusahan-perusahaan yang berada di industri-industri yang minim terdampak pandemi.

Stabilitas keuangan yang baik pada perusahaan akan menciptakancash flowyang sehat sehingga kebutuhan karyawan dalam hal penggajian dan kompensasi finansial akan terjaga. Keamanan ini penting untuk didapatkan oleh tenaga kerja Indonesia terutama jika terjadi kondisi-kondisi tidak menentu seperti pandemi. Dilansir dari Monster.com, 40% responden berpendapat bahwa perihaljob securitykini lebih penting dibandingkan kenaikan gaji.

Memilih industri dengan prospek kerja yang baik

Memilikijob securityatau jaminan kestabilan posisi kerja saat ini akan membuat karyawan merasa aman dari pemutusan hubungan kerja jika perusahaancollapse. Hasilnya, karyawan akan lebih fokus pada tanggung jawab pekerjaannya. Jika karyawan fokus pada tanggung jawab pekerjaannya, maka performa kerja akan membaik sehingga memungkinkan karyawan untuk mengembangkan diri dan naik level. Maka dari itu, jika kamu ingin memiliki prospek kerja baik, kamu bisa melamar pekerjaan di industri-industri yang memilikijob securityyang baik.

Tidak hanya itu, selain memiliki rasa aman dari PHK, pertimbangan selanjutnya adalah jaminan pensiun. Sangat pentingnya jaminan ini sampai mungkin kamu sering mendengar kerabat terdekat atau orang tuamu sering memberikan saran untuk bekerja di industri tertentu.

Kamu dapat mempertimbangkan saran-saran dari orang disekitarmu. Bagaimanapun juga, mereka memiliki maksud baik dan berbicara berdasarkan pengalaman pribadi. Walaupun begitu, kamu tetap dapat mempertimbangkan pilihan yang sesuai. Bagaimanapun juga, kamu adalah sosok yang akan bekerja dan menghadapi tantangan yang ada. Merencanakan karir memang butuh banyak pertimbangan dan penuh dengan tantangan. Namun di saat yang sama, kamu dapat menjadikannya pembelajaran yang berharga.

Untuk itu, untuk menambah pertimbanganmu, kira-kira apa saja industri dengan prospek kerja yang menjanjikan dan tahan di hampir segala kondisi? Berikut adalah jawabannya.

5 industri dengan prospek kerja yang menjanjikan

Setelah pandemi, terdapat 5 industri yang memiliki ketahanan yang baik. Hal ini dapat diketahui bahwa terdapat beberapa sektor yang memiliki waktu kerja lebih banyak. Beberapa sektor memiliki keuangan yang cenderung stabil sehingga memiliki ketahanan finansial yang baik. Industri yang berbasis digital justru semakin dicari karena digitalisasi industri saat ini. Kesamaan dari semua industri ini adalah mereka memiliki kualifikasi khusus yang memerlukan pelatihan dan pemahaman yang baik, sehingga kinerjanya tidak bisa digantikan oleh mesin.

  • Industri Kesehatan dan Farmasi

Pandemi COVID-19 meningkatkan kesadaran kita terhadap pentingnya peran sektor kesehatan dan farmasi dalam kehidupan. Kebutuhan akan vitamin, literasi kesehatan, alat-alat kesehatan, hingga penelitian semakin meningkat semenjak pandemi untuk kepentingan darurat COVID-19. Selain itu juga, industri kesehatan dan farmasi merupakan industri prioritas nasional yang termasuk ke dalam program Making Indonesia 4.0. Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan, terdapat hingga 408 industri obat-obatan di Indonesia. Industri produksi alat-alat kesehatan juga mengalami peningkatan sebesar 361,66 persen semenjak tahun 2015.

Ketahanan industri kesehatan dan farmasi yang sudah terbukti melalui perkembangannya, ditambah dengan pandemi semakin menonjolkan esensinya kini membuktikan bahwa industri ini memiliki ketahanan yang baik. Pekerjaan-pekerjaan yang berada dalam industri ini antara lain, Research and Development, Dokter, Perawat, dan Apoteker.

  • Industri Informasi dan Teknologi

Digitalisasi saat ini merupakan cara hidup baru yang memungkinkan segala hal di dunia untuk ada. Dimulai dari metode pembayarancashlessyang kini lebih diminati karena kemudahannya, hingga pembuatan aplikasi sebagai produk, dan pembuatanwebsiteuntuk memasarkan eksistensi perusahaan. Selain itu, teknologi telekomunikasi merupakan aspek yang sangat penting untuk perkembangan daerah dan negara demi penyebaran informasi yang merata. Berdasarkan laporan Mengupas Talent Global, industri IT merupakan industri yang memiliki dampak minim pandemi dalam hal finansial. Hal ini menjadikannya industri dengan ketahanan yang baik.

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, Indonesia memiliki tenaga kerja yang melimpah, industri IT yang mulai berkembang dan masuk ke Indonesia seperti Oracle, Microsoft, dan IBM, komponen pendukung IT yang kini sudah diproduksi dalam negeri, dan kesiapan infrastruktur nusantara yang siap beroperasi. Sumber daya yang dibutuhkan kini cukup mumpuni untuk perkembangan industri IT. Hingga saat ini, ada banyak sekali pekerjaan yang paling dicari oleh perusahaan di bidang IT yakni UX/UI Designer, Front End Developer, Back End Developer, dan Data Scientist.

  • Industri Jasa Keuangan

Sektor finansial atau yang biasa kita kenal dengan penyedia jasa keuangan akan terus eksis untuk mengembangkan perekonomian dan memberikan keamanan dan menyediakan akses finansial. Sektor finansial tidak begitu terdampak pandemi dan dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk memulihkan ekonomi nasional pascapandemi. Di tahun 2020, negara melalui OJK bertanggungjawab untuk menguatkan sektor ini sehingga ketahanannya akan terus terjaga. Selain itu, peran sektor dalam mendorong perekonomian negara menjadikan salah satu industri yang memiliki prospek menjanjikan.

Industri jasa keuangan yang meliputi lembaga perbankan, lembaga non-bank, dan pasar modal menjadi fokus utama dalam hal pemberian stimulus OJK. Contoh pekerjaannya yang bisa kamu pertimbangkan yakni Akuntan, Auditor Internal, Auditor Eksternal, Appraisal, dan sebagainya.

  • Industri Sektor Publik

Industri sektor publik yang mencakup pemerintahan umum dan badan usaha milik negara (BUMN) mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan tenaga kerja. Stabilitas pekerjaan yang dijanjikan menjadikannya salah satu industri yang paling diminati karena merupakan bagian langsung dari negara.

Pekerjaan-pekerjaan yang berada di industri sektor publik yakni Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di departemen dan non departemen, lembaga tinggi negara, lembaga pengadaan pelayanan sosial, administrasi pemerintahan dan Pegawai BUMN. Kedua subsektor ini memiliki proses rekrutmen yang khusus dan diadakan hampir serentak se-Indonesia, dengan tanggung jawab dan spesialisasi berbeda-beda bergantung pada jenis sub-sektor yang tersedia.

  • Industri Energi

Industri energi merupakan penopang hampir seluruh industri yang ada di revolusi industri 4.0 ini. Bahkan dalam kondisi darurat, energi, esensial lainnya sehingga ketersediaan energi perlu dijaga. Energi listrik dibutuhkan di zaman serba digital untuk perkembangandigital platformdi Indonesia.

Selain itu, penelitian mengenai energi terbarukan juga terus digencarkan agar ketersediaan energi akan tetap terjaga. Jika tidak, industri-industri lain akan terpengaruh, terutama industri manufaktur yang menyediakan bahan-bahan baku utama. Pekerjaan yang ada di industri ini antara lain Engineer, Teknisi, Operator, dan sebagainya.

Menimbang ulang perencanaan karir

Mungkin di antara kamu ada yang merasa bahwa jenis-jenis pekerjaan yang dijabarkan di atas sangat jauh dengan jurusan kuliah atau karirmu sekarang. Jangan khawatir, kamu dapat menimbang ulang perencanaan karirmu agar bisa bekerja di industri-industri dan mendapatkanjob security.

Laporan Mengupas Talent Global 3 menunjukkan bahwa 68% tenaga kerja Indonesia memiliki keinginan untuk melakukan pelatihan ulang untuk berganti karir. Hal ini tentunya sangat mungkin, apalagi jika kamu baru memulai karir selama beberapa tahun.

Pergantian karir yang dilakukan tentunya merupakan dampak dari pandemi dan digitalisasi. Kebanyakan tenaga kerja memilih untuk melakukan pelatihan ulang di bidang IT karena prospek yang menjanjikan dan industri yang tahan banting. Selanjutnya, bidang perkantoran juga diminati karena proses transisinya lebih sederhana dan beban kerja yang dilakukan cukup familiar.

Kamu dapat merencanakan ulang karirmu dengan menimbang minat dan industri di mana kamu berada saat ini. Kebanyakan tenaga kerja yang terekam di laporan memilih untuk berganti karir ke industri yang lebih familiar dengan industri sebelumnya. Jika kamu memiliki minat linguistik dan sebelumnya bekerja membuat konten digital, kamu dapat mengikuti pelatihan UX writer dan bekerja di industri IT.

Jadi, jika mereka bisa, kenapa kamu tidak?

Jika kamu sudah menentukan industri mana yang paling cocok untukmu, kamu dapat melakukan pelatihan ulang dan belajar dari awal agar dapat bekerja di industri tersebut. Setelah itu, kamu dapat mengunjungi JobStreet untuk melihat lebih banyak lowongan pekerjaan yang sesuai denganmu. Jangan lupa untuk memperbarui profilmu sebelum kamu melamar, ya! Kunjungi Tips Karir untuk melihat lebih banyak tips mengenai pekerjaan dan industri.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.