Pekerjaan Public Relation: Tugas, Gaji, dan Sertifikasi Penunjang

Pekerjaan Public Relation: Tugas, Gaji, dan Sertifikasi Penunjang
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Saat ini, pekerjaan public relation atau humas merupakan profesi yang sangat dibutuhkan, baik oleh perusahaan, produk,brand,ataupun individu. Tugas public relation yang mengutamakan strategi berkomunikasi sangat diperlukan dalam membangun citra dan hubungan yang baik dengan publik. Seorang PR profesional menggunakan kemampuan komunikasi yang terencana untuk menyampaikan pesan kliennya sebaik mungkin.

Tidak jarang juga, menjadi PR berarti harus siap dengan improvisasi dan/atauplancadangan dalam menghadapi situasi yang krusial. Salah satu tanggung jawab PR adalah melakukancrisis management,yakni kemampuan dalam mengembalikan kepercayaan publik terhadap suatubrandmaupun individu yang tengah dinilai “negatif.” Contohnya, ketika muncul isu perusahaan EduTech tidak menggaji karyawan dengan baik, atau berita mengenai perusahaan retail peralatan rekreasi alam yang mengajukan “surat keberatan” kepada konsumen yang mengulas produknya di kanal media sosial. Saat inilah peran PR dinilai sangat penting, karena langkah apapun yang diambil akan menentukan citra hingga keberlangsungan perusahaan itu sendiri.

Ketika memasuki dunia kerja, terdapat dua opsi umum yang dapat dipilih oleh seorang PR profesional, yakni bekerja sebagai PRin-houseatau bergabung di dalam PRagency. Perbedaan PRin-housedan PRagencyhanya terletak pada klien yang akan ditangani. Seorang PRin-houseberdedikasi pada satu perusahaan yang mempekerjakannya, sementara PRagencydapat menangani beberapa klien perusahaan sekaligus yang menggunakan jasanya.

Baca juga: Bagaimana memilih perusahaan yang tepat untuk bekerja: Mulailah dengan 6 pertanyaan ini

Jenjang Karir dan Prospek Kerja PR

Secara umum, pekerjaan public relation memiliki struktur jenjang karir yang sama dan tetap, terutama bagi mereka yang bekerja sebagai PRin-house.Perbedaan yang ditemukan biasanya hanya terdapat pada penamaan jabatan serta detail uraian tugas dan tanggung jawab di masing-masing perusahaan. Berikut adalah jenjang karir PR:

Posisi ini biasanya diisi oleh parafresh graduateyang belum atau baru memiliki 1-2 tahun pengalaman kerja. Seorang public relation staff bertanggung jawab untuk mengidentifikasi perusahaan maupun individu yang berpotensi untuk menjadi mitra, melakukan dan merencanakan perjanjian kerja sama, serta menjalin hubungan baik dengan mitra maupun konsumen. Gaji public relation staff berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp4.000.000 per bulan.

Pada posisi ini, seorang PR profesional diharuskan untuk memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun atau lebih. Senior Public Relation Officer bertugas untuk melakukan pengawasan dan menjaga hubungan baik dengan mitra, media, dan konsumen, mendistribusikan siaran pers, serta membantu menyiapkan materi kegiatan hubungan masyarakat. Gaji seorang Senior Public Relation Staff berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulan.

Posisi ini biasanya diisi oleh seorang profesional yang telah berkarir dalam bidang public relation selama 3 hingga 4 tahun. Pada posisi ini, pekerjaan public relation manager assistant meliputi mengatur jalannya strategi komunikasi yang telah ditetapkan, merencanakan koordinasi seluruh kegiatan hubungan masyarakat, serta melakukan analisisoutputkegiatan yang telah dilaksanakan. Gaji seorang Assistant Public Relation Manager berkisar antara Rp8.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan.

Sebelum menduduki jabatan public relation manager, seorang PR profesional diwajibkan untuk memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun atau lebih. Pada posisi ini, pekerjaan public relation manager mencakup menciptakan dan mengembangkan strategi komunikasi pemasaran, kemitraan, dan citra perusahaan, membangun hubungan baik antara petinggi perusahaan dengan mitra dan media, serta melakukan dan mengelola krisis dan respons perusahaan terhadap suatu isu. Gaji public relation manager berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp15.000.000 per bulan

Selain meniti jenjang karir di atas, terdapat pilihan lain yang dapat kamu pertimbangkan jika hendak terjun di bidang PR. Prospek kerja public relation juga terbuka dalam bidang lain, seperti menjadi seorang praktisi akademisi, master of ceremony atau pembawa acara, konsultan, hingga membuka bisnisevent organizing.

Bekerja sebagai PRin-house, PRagency, maupun PR dalam bidang lain tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Namun, kamu dapat mengambil sertifikasi kompetensi humas untuk memperbesar peluang dalam mendapatkan pekerjaan sebagai PR profesional. Selain itu, memiliki sertifikasi kompetensi humas juga dapat menjadikanmu kandidat yang unggul, lho!

Sertifikasi Kehumasan LSP PRI

Sertifikasi kompetensi dapat menilai kemampuan seseorang melalui beberapa rangkaian tes. Hal tersebut dapat menjamin bahwa kompetensi seseorang yang telah mengikuti proses sertifikasi sudah sesuai dengan standar global yang telah ditentukan lembaga profesi tertentu. Di Indonesia, lembaga pemerintah yang mengawasi sertifikasi adalah BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), yang kemudian memberikan lisensi pada LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang kredibel.

Satu-satunya LSP Humas resmi di Indonesia yang disahkan BNSP adalah LSP PRI (Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia). LSP PRI akan memberikan gelar sertifikasiCPR(Certified Public Relations Practitioner) yang diakui BNSP, bagi kandidat yang telah mengikuti minimal 3 skema sertifikasi dan terbukti lulus uji kompetensi kedua skema tersebut. LSP PRI ini telah mengembangkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) Kehumasan yang menetapkan standar internasional bagi para profesional humas.

Gelar sertifikasiCPRsangatlah penting bagi praktisi PR profesional karena hal tersebut dapat menunjukkan profesionalisme kandidat PR. Hal tersebut juga merupakan bukti nyata bagi perusahaan bahwa kamu memiliki kemampuan mempraktikkan hubungan masyarakat dan komunikasi dengan komitmen terhadap profesi serta kode etik.

Cara Mendaftar Sertifikasi Kehumasan LSP PRI

Kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mengikuti proses penilaian kompetensi. Sebelum mendaftar, pastikan juga kamu telah memenuhi beberapa syarat seperti; memiliki pengalaman di posisi PR minimal 2 tahun, memiliki pengetahuan di bidang kehumasan, dan menerapkan kode etik kehumasan yang diakui.

Jika sudah memastikan syarat-syarat telah terpenuhi, Kamu dapat mendaftar dengan cara mengisi form APL 01 yang bisa diunduh melalui tautan berikut atau kamu dapat langsung bertanya melalui [email protected]. Kamu akan dihubungi sekitar 7-10 hari kerja untuk informasi disetujui atau tidaknya pendaftaranmu.

Tahapan Sertifikasi Kehumasan LSP PRI

Selanjutnya, jika lolos ke tahap selanjutnya kamu akan menghadiri wawancara dengan Asesor LSP PRI bersertifikat dan mengikuti sertifikasi profesi kehumasan dari LSP PRI. Terdapat 3 tes yang perlu dilalui oleh kandidat sertifikasi:

1. CPR Designation

CPR Designationadalah program sertifikasi bagi para PR profesional yang diselenggarakan oleh LSP PRI, sebuah badan sertifikasi resmi Indonesia. Nantinya terdapat beberapa skema sertifikasi yang dapat diikuti oleh kandidat sesuai dengan kebutuhan profesional.

2. Uji Kompetensi

Tes ini dilakukan untuk mengukur pengalaman dan pemikiran strategis PR dengan melibatkan semua aspek evaluasi dari keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi yang diperlukan untuk mempraktikkanJunior/IntermediatePR,Junior & Senior ExecutivePR, serta menetapkan standar praktik PR profesional.

3. Terapan Beretika

Setelah kandidat berhasil melalui tes kompetensi, mereka perlu menunjukkan pemahaman tentang terapan beretika sebagai PR. Pedoman tersebut dapat ditemukan dalam kode etik PERHUMAS (Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia) dan BAKOHUMAS (Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah).

Baca juga: 7 Kursus Sertifikasi Online yang Dapat Meningkatkan Peluang Sukses Berkarier

Cara Mencantumkan Sertifikasi di Resume

Setelah mendapatkan sertifikasi CPR, kamu dapat mencantumkan sertifikat tersebut ke dalam resume. Sertifikat inilah yang nantinya membedakan serta membuatmu lebih unggul dari pelamar lainnya. Berikut adalah beberapa cara untuk mencantumkan sertifikasi yang telah kamu punya:

1. Diletakkan di samping nama

Salah satu cara untuk menonjolkan informasi kepemilikan sertifikasi adalah dengan mencantumkannya di samping nama. Ketika menulis resume atau CV, kamu pasti akan meletakkan namamu pada bagian paling atas. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan mencantumkan gelar yang telah kamu peroleh dengan menambahkannya di samping namamu. Contohnya, “Budi Agus, S.Ikom, CPR”.

2. Di bawah keterangan pendidikan

Kamu juga dapat meletakkan keterangan kepemilikan sertifikasi di bawah bagian “pendidikan”. Pada bagian ini, kamu dapat menjelaskan secara singkat dan efektif mengenai sertifikasi yang kamu peroleh. Cantumkan nama sertifikasi, nama lembaga yang mengeluarkan sertifikasi, bulan dan tanggal pemberian sertifikasi, serta lokasi pemberian sertifikasi (jika diperlukan).

3. Pada deskripsi singkat di bawah nama

Deskripsi singkat mengenai diri merupakan salah satu bagian yang krusial dalam CV atau resume. Untuk menarik perhatian perekrut, kamu bisa memulai bagian ini dengan menyebutkan bahwa kamu telah memiliki sertifikasi dan kepentingan sertifikasi itu sendiri. Contohnya, “Seorang public relation bersertifikat CPR yang memiliki minat pada bidang…”. Baru setelah itu kamu dapat melanjutkan penjelasan singkat tentang dirimu.

Nah, itu tadi penjelasan seputar pekerjaan public relation dan cara agar tetap unggul dalam bidang tersebut. Jika kamu berminat untuk terjun di dunia PR, pastikan kamu sudah membekali diri dengan kemampuan yang dapat menunjang keunggulanmu. Tetap semangat dan jangan menyerah!

Jangan lupa untuk selalu memperbarui profil JobStreet -mu untuk persiapan terbaik #LetsGetToWork ! Kamu juga dapat mencari lowongan melalui aplikasi JobStreet yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store. Kunjungi laman Tips karir untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya.

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi denganbrandJobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.