Template Career Planner untuk Bantu Perencanaan Karir Kamu

Template Career Planner untuk Bantu Perencanaan Karir Kamu
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 20 December, 2022
Share

Apa fungsi perencanaan karir? Apakah segala sesuatu perlu direncanakan? Kenapa tidakgo with the flowsaja, lihat bagaimana dunia berputar untuk kita? Mungkin sifat seperti itu dapat dilakukan di beberapa hal dalam kehidupan pribadi, tetapi karir sebaiknya direncanakan.

Lalu, apa itucareer planning? Perencanaan karir ataucareer planningadalah proses seseorang menentukan sasaran-sasaran karir sekaligus proses persiapan untuk mencapai sasaran tersebut. Perencanaan karir masa depan ini mempertimbangkan segala sesuatu yang akan memiliki dampak jangka panjang.

Perencanaan karir penting dilakukan agar kamu bisa punya gambaran tentang masa depan kamu. Memetakan karir juga akan membantu kamu untuk membuat keputusan-keputusan penting, mengetahui kemampuan kamu dan mengetahui jalan karir yang cocok denganmu.

Dengan adanya perencanaan karir, kamu dapat mengoptimalkan tujuan karirmu. Kira-kira apa itu saja bentuk tujuan karir?

Mendapatkandream job

Bagaimana bisa mendapatkandream jobjika kamu sendiri belum tahudream jobkamu apa?Dream jobadalah pekerjaan yang paling sesuai dengan cita-citamu dan yang akan memberi kepuasan utama bagi kamu dalam dunia kerja.

Untuk mengetahuidream jobkamu apa, kamu perlu membuat perencanaan karir yang mempertimbangkan faktor kelebihan, kelemahan, danpassionkamu. Ini bisa menghindari kamu dari asal-asalan memilih pekerjaan, karena pekerjaan yang asal dipilih berpotensi tidak memberimu kepuasan apa-apa.

Merencanakan masa pensiun

Mendapatkan sebuahdream jobmemang menyenangkan, tetapi kamu tidak mungkin bekerja selamanya. Perencanaan karir tidak hanya untuk ketika kamu memulai sebuah karir, namun juga ketika kamu akan berhenti dari karir tersebut.

Membuat perencanaan karir dengan menghitung alokasi dana selama bekerja akan membuat keputusan pensiun kamu lebih ringan. Kamu tidak perlu khawatir lagi akan masa tua kamu kalau kamu sudah merencanakan masa pensiun kamu sejak dini.

Mengembangkan potensi diri

Kalau kamu sudah punya rencana yang ideal, kamu tentu harus menjadi versi diri kamu yang ideal juga agar dapat mencapai semua rencana tersebut. Dengan adanya rencana dari awal, kamu dapat menyiapkan cara yang harus ditempuh untuk mencapainya.

Hal ini dapat berupa persiapan yang sangat mendasar seperti mengembangkan disiplin, tanggung jawab, konsistensi bekerja, dan mengatur prioritas kehidupan. Persiapan seperti ini juga berfungsi untuk mengatur work-life balance yang ideal ketika berkarir.

Selain itu, persiapan diri juga dapat berbentuk mempersiapkan berbagai persyaratan yang diminta perusahaan sebelum melamar pekerjaan. Hal ini dapat berupa ujian keterampilan berbahasa, sertifikasi keterampilan, tingkat perkuliahan minimum, pengalaman bekerja, surat rekomendasi, dan lain-lain.

Sebagai gambaran, ujian keterampilan bahasa seperti IELTS, TOEFL, JLPT, dan lain-lain yang menjadi sering menjadi persyaratan perusahaan itu pasti butuh waktu untuk disiapkan, mulai dari waktu belajar, penyesuaian jadwal ujian yang tersedia, dan menunggu hasil. Persiapan seperti ini tentunya memakan waktu yang tidak sedikit.

Persiapan persyaratan ini hanya dapat berhasil jika dari awal kamu sudah merencanakan perusahaan apa yang ingin kamu lamar dan sudah mempelajari persyaratan-persyaratan mereka. Dengan perencanaan, kamu terhindar dari keterlambatan dan lebih siap untuk menjalankan karir.

Perencanaan Karir Masa Depan

Setelah mengetahui pentingnya perencanaan karir, saatnya kamu merancang perencanaan tersebut. Apa saja yang harus menjadi faktor? Apa saja yang harus kamu tanyakan ke diri sendiri? Apa yang harus menjadi prioritas?

Sebagai langkah awal, kamu bisa menggunakan template Career Planner dari JobStreet yang dapat kamu unduh. Agar semakin jelas, yuk simak terus dan pahami apa saja yang ada dalam perencanaan karir masa depan!

Evaluasi Diri

Bagian pertama perencanaan karir ini adalah evaluasi diri. Evaluasi diri penting dilakukan di awal agar rencana yang kamu kembangkan nanti bisa sesuai dengan keinginan kamu. Akan lebih baik jika membangun karir sesuai dengan kemampuan dan cita-cita kamu, bukan?

Dalam evaluasi diri, kamu perlu bertanya soalpassionkamu, hal-hal yang kamu mahir, dan apa kelebihanmu. Isi satu-satu hal ini secara terpisah dan jelas.

Passionmencakup hal-hal yang senang kamu lakukan dan memiliki potensi sebagai hal-hal yang ingin kamu jadikan sebuah karir. Ingat pepatah Marc Anthony: “If you do what you love, you'll never work a day in your life.”

Pikirkan hal-hal yang mahir kamu lakukan berupahard skills, atau pekerjaan yang dapat kamu lakukan dengan lancar sebagai hasiltraining. Apakah kamu mahir dalam merakit komputer? Apakah kamu mahir menghitung dengan cepat? Pikirkan keterampilan apa saja yang kamu miliki untuk mencari bidang pekerjaan yang cocok.

Terakhir, kelebihan ini mengacu padasoft skills, atau keterampilan yang dapat diaplikasikan secara universal ke semua bidang pekerjaan. Hal ini mencakup kemampuan inovatif, kepemimpinan,time managementyang baik, dansoft skillslainnya.

Setelah itu, evaluasi lagi industri jenis apa yang ingin kamu dalami secara profesional. Pikirkan lingkungan kerja yang ingin kamu miliki, dan apa saja yang ingin kamu lakukan dalam dunia kerja.

Jelajahi Segala Kemungkinan

Kamu tidak harus selalu saklek pada satu rencana karir — justru, lebih baik kalau kamu menyiapkan beberapa rencana. Sebuah karir bukanlah sesuatu yang permanen, dan kamu memiliki opsi untuk berganti-ganti karir sepanjang hidup kamu.

Buatlah satu peta perencanaan untuk tiap jenis karir yang kamu minati. Tuliskan apa saja yang menjadi syarat karir tersebut, dan apa saja yang perlu kamu siapkan untuk memenuhi syarat-syarat tersebut.Be prepared!

Kalau kamu bingung dengan begitu banyak opsi, kamu bisa bertukar pikiran dengan orang-orang terdekatmu. Tuliskan pendapat tiap orang, termasuk pendapat yang tidak sesuai dengan pendapatmu sendiri. Pendapat yang beragam akan membantumu melihat situasi dari berbagai sudut pandang.

Pertimbangkan Pilihanmu

Setelah membuat peta untuk tiap opsi kamu, saatnya kamu mempertimbangkan semuanya lagi untuk mengetahui mana yang akan menempati posisi paling atas dalam daftar rencana karirmu.

Hal ini dapat kamu lakukan dengan menuliskan pro dan kontra tiap pilihan. Dengan menuliskan semua, kamu akan mendapatkan visualisasi kelebihan dan kekurangan tiap pilihan, dan kamu selanjutnya dapat menentukan mana yang akan kamu pilih.

Tentukan Target

Setelah memilih karir yang ingin kamu jalani, saatnya kamu menentukan target-target apa saja yang ingin kamu capai dalam karir tersebut.

Tuliskan apa saja target yang kamu miliki, apa yang harus kamu lakukan untuk mencapainya, dan perkiraan jangka waktu untuk mencapainya. Hal ini akan menjadi sebuahtimelineselama kamu bekerja, sehingga sepanjang bekerja kamu tahu apa saja tugasmu dan kapan target itu seharusnya tercapai.

Bayangkan saja hal ini seperti seorang pemimpin yang memberitimelineproyek untuk karyawan-karyawannya. Timeline ini berfungsi agar semua orang dapat bekerja dengan efisien, tepat waktu, dan konsisten, agar tujuan dapat tercapai. Untuk perencanaan karir ini, pemimpin dan karyawannya adalah kamu sendiri.

Ingat, ambisi adalah sesuatu yang baik, tapi ambisi harus tetap realistis. Sebaiknya jangan menetapkan target yang berat untuk diselesaikan dalam waktu singkat, seperti menjadi CEO dalam waktu sebulan. Siapkan target yang dapat menantangmu untuk berkembang, tetapi tetap dapat kamu capai secara realistis.

Kamu juga dapat meminta masukan lagi dari orang-orang terdekat kamu. Mungkin mereka dapat memberimu inspirasi dan motivasi untukdream big, dan juga mendukungmu dalam perjalanan karirmu.

Selain itu, kamu dapat bertanya kepada orang-orang yang sudah berada dalam karir itu cukup lama mengenai target pencapaian dan jangka waktu pencapaian yang realistis. Seseorang yang sudah mengenali medan perang akan lebih banyak pengetahuan mengenai taktik yang efektif dan efisien.

Review

Membuat rencana tidak akan lengkap tanpa adanya tinjauan atas rencana tersebut. Setelah kamu menentukantimelinetarget, jangan lupa untuk cek perkembangan kamu secara berkala.

Tentukan tanggal-tanggal tertentu untuk melakukan evaluasi. Apakah kamu telah mencapai target yang kamu inginkan? Apakah pencapaian itu tepat waktu? Kalau belum mencapainya, apa kendalanya, dan bagaimana kamu dapat memperbaikinya?

Evaluasi akan membantumu untuk tetap termotivasi, konsisten, dan sadar akan performa kerja kamu. Jangan berkecil hati jika ada target yang belum kamu capai — kamu bisa geser sedikit target tersebut dalamtimeline-mu dan mencobanya lagi!

JobStreet siap mematangkan perencanaan kamu dengan menyediakan Tips Karier dan menghubungkan kamu dengan lowongan pekerjaan impianmu. Tunggu apa lagi? Perbarui profil JobStreet kamu sekarang untuk mendapatkan akses penuh ke semua jasa JobStreet, termasuk tips lain untuk merencanakan karir !

Bawa JobStreet di mana pun kamu berada dengan mengunduh aplikasi JobStreet di Google Play dan App Store. Dengan begitu, kamu dapat terus terkoneksi bersama JobStreet tanpa ribet!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.