Tertarik Belajar IT? Berikut Kursus 7 Skill Paling Dibutuhkan

Tertarik Belajar IT? Berikut Kursus 7 Skill Paling Dibutuhkan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Era ekonomi digital merupakan masa saat kegiatan ekonomi dijalankan melalui sistem teknologi informasi. Hal ini menjadikan industri teknologi informasi atau IT sebagai industri yang paling menjanjikan di bursa kerja, sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan kandidat dengan kemampuan dalam bidang IT, khususnya sebagaiprogrammerdansoftware developer.

Untuk itu, agar skillprogrammingkamu semakin relevan, kamu bisa menambah ilmu dengan mengikuti kursus spesialisasi ini. Baca terus artikel ini untuk mengetahui apa saja kursus IT yang bisa kamu ambil agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan!

Saat mengembangkan perangkat lunak, diperlukan kemampuan mengoperasikan bahasa pemrograman agar sebuah perangkat lunak, baik itu situs web,video game, maupun aplikasi ponsel dapat berjalan dengan baik. Hingga kini ada beberapa bahasa pemrograman yang cukup banyak digunakan olehprogrammerdan bisa kamu pelajari. Berikut adalahskillyang paling banyak dicari di bursa kerja IT saat ini.

  1. Java

Umumnya, bahasa pemrograman dioperasikan di komputer, tetapi Java adalah jenis bahasa pemrograman yang bisa kamu gunakan di ponsel. Dengan mengoperasikan Java, kamu juga bisa membuat aplikasi untuk dibuka di lebih dari satu sistem operasi. Karena aplikasi-aplikasi di sistem operasi Android kebanyakan dikembangkan menggunakan Java, tentunya Java bisa menjadi bahasa pemrograman utama yang perlu kamu pelajari untuk mengembangkan aplikasi yang dibutuhkan di era ekonomi digital ini. Kamu bisa ikuti kursus spesialisasi Java di FutureLearn agar kamu mahir mengoperasikannya.

2. JavaScript

Di masa sekarang ini,brandingsebuah perusahaan sangatlah penting. Salah satu cara untuk mempromosikanbrandingadalah melalui situs web resmi yang kaya secara visual. Tahukah kamu bahwa dalam proses pengembangan situs web, kamu tidak hanya membutuhkan kemampuancodingCSS dan HTML saja? Untuk membuat tampilan situs web lebih menarik dan mudah dioperasikan, perusahaan akan sangat membutuhkan kandidat yang mahir mengoperasikan JavaScript. Ini bisa jadi kesempatanmu, loh! Saat ini, FutureLearn menyediakan kursus spesialisasi JavaScript yang akan mempermudah proses pengembangan skill JavaScript-mu. Kunjungi FutureLearn dan pelajari skill ini sekarang.

3. Python

Di dunia bahasa pemrograman, akhir-akhir ini Python menjadi salah satu yang paling populer dalam perkembangan IT. Selain karena lebih mudah diakses, Python dianggap lebih sederhana dan tidak serumit bahasa pemrograman lainnya. Jika kamu baru mengenal dunia pemrograman, belajar mengoperasikan Python bisa jadi salah satu pilihan kamu. Hampir sama seperti Java, Python umumnya digunakan untuk aplikasi web, aplikasi ponsel, hinggavideo game. Jika kamu tertarik untuk mempelajari Python, kamu bisa kunjungi FutureLearn untuk menambah keterampilanmu!

4. Laravel

Dalam proses pengembangan web yang cukup rumit, seorangdevelopermembutuhkan gabungan kode pemrograman dengan fungsi tertentu agar lebih efisien. Penggabungan kode-kode ini yang kemudian disusun menjadi kerangka yang disebut denganframework. Laravel merupakan salah satu framework PHP yang dapat memudahkan seorang web developer agar hasil proyeknya lebih maksimal serta menjaga durasi pengerjaannya lebih efisien. Di antaraframeworklainnya, Laravel memiliki teknologi baru yang lebih inovatif. Untuk dapat mengoperasikan Laravel, kamu bisa ikut kursusnya di sini.

5. CodeIgniter

Selain Laravel ada beberapaframeworkyang umum digunakan, salah satunya adalah CodeIgniter atau biasa disingkat CI.FrameworkCI dianggap lebih ringan karena ruanglibraryyang dibutuhkan cenderung lebih kecil. Biasanya,frameworkini digunakan jika seorangdeveloperingin membuat situs web yang sifatnya komersial sepertie-commerceyang pastinya sangat dibutuhkan di era digital ini. Kamu bisa ikuti kursus CodeIgniter di sini agar kamu dapat mengembangkan web dengan lebih efisien!

6. Ionic

Ionic merupakan salah satu jenisframeworklain yang tersedia saat ini. Bedanya, Ionic mempermudah kamu mengembangkan aplikasi ponsel yang bisa digunakan untuk lebih dari satu sistem operasi dalam sekalicoding. Karena masyarakat era digital tidak hanya menggunakan satu sistem operasi saja, mempelajari skill Ionic akan meningkatkan potensi kamu untuk mengembangkan aplikasi yang bisa digunakan di lebih dari satu sistem operasi. Ayo pelajari skill mengoperasikan Ionic di di sini.

7. Oracle

Sebagai pelaku bisnis di era digital, tentu saja sebuah perusahaan tidak akan luput dari koleksi data. Data-data yang dimiliki oleh sebuah perusahan nantinya akan diolah, dievaluasi, diregulasi dan diproteksi menggunakan programdatabase manager, salah satunya adalah Oracle. Karena kapasitas penyimpanan Oracle yang besar, perangkat lunak ini bisa dioperasikan sebagai pengolah data yang baik oleh perusahaan-perusahaan yang kebutuhan akan ruang databasenya juga besar. Di FutureLearn, terdapat kursus spesialisasi Oracle yang bisa kamu ikuti, lho! Kamu bisa mengunjungi situs web penyedia kursus IT online sekarang untuk melihat kursus Oracle yang cocok dengan kebutuhanmu.

Beberapa contohskillIT di atas bisa kamu coba ikuti kursusnya agar kamu bisa terus menyesuaikanskillyang kamu miliki dengan kebutuhan di bursa kerja. Jangan lupa, dalam memilih kursus IT kamu juga bisa pertimbangkan komunitas serta tren teknologi saat ini. Sehingga,skillIT kamu berkembang dan tetap relevan sehingga kamu bisa bersaing dan menjadi tenaga kerja yg dibutuhkan. Pilihan ada padamu!

Belajar IT dengan mengikuti kursus-kursus tersebut dan jadilah kandidat yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Jangan lupa untuk perbarui profil JobStreet-mu setelahnya dan pasang tagar #LangsungKerja agar kamu segera dilirik perusahaan.

Ingin informasi dan tips kerja lainnya? Kunjungi laman Tips Karier di situs JobStreet, atau kamu juga bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.