IniJenjang Karir Quality Assurance dan Quality Control untuk Kamu

IniJenjang Karir Quality Assurance dan Quality Control untuk Kamu
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

jenjang karier quality assurance Di dalam proses produksi, ada tahap awal hingga akhir yang harus dijalankan dimulai dari bahan baku, proses pengolahan bahan, hingga produk akhir. Nah, di sini petugasquality assurance(QA) danquality control(QC) berperan penting untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Pada dasarnya, jenjang karierquality assurancedanquality controlhampir selalu beriringan karena keduanya sama-sama memastikan kualitas pada proses produksi.

Untuk mengetahui lebih jauh, yuk simak artikel ini!

Apa saja ya yang dilakukan QA/QC?

Memilih jenjang karier sebagai QA/QC merupakan pilihan yang bagus untuk kamu jika kamu tertarik dengan hal-hal yang detail dan rapi. Baiknya kualitas proses produksi dari awal hingga akhir akan menjadi tanggung jawab kamu. Selain itu, kamu juga bertugas sebagai berikut.

  • Mengawasi proses produksi dan memastikan bahwa sistem berjalan dengan baik

Pada dasarnya, QA/QC hampir tidak bisa dipisahkan, tetapi ada perbedaan pada keduanya. Jika seorang QC mengawasi proses produksi dari awal hingga akhir, QA menjadi pihak yang menjamin bahwa produk akhir merupakan produk yang memenuhi kualitas standar produksi. Nantinya, QA akan bertanggung jawab kepada perusahaan bahwa hasil produk tersebut layak untuk digunakan. Sementara itu, QC memastikan bahwa bahan baku produk memiliki kualitas yang sesuai dengan standar operasional dan juga sistem produksi berjalan dengan baik.

  • Memelihara dan memeriksa peralatan produksi

Untuk menghasilkan produk yang sesuai, tidak hanya bahan baku saja yang penting. Peralatan dan mesin produksi sangat berperan untuk membuat hasil akhir yang baik. Untuk itu, QA/QC bertanggung jawab untuk memeliharanya dan memeriksa kinerja peralatan produksi dari waktu ke waktu.

  • Membuat laporan pemeriksaan

Seorang QA/QC akan melaporkan hasil pemeriksaannya dari waktu ke waktu. Laporan tersebut akan menjelaskan seusai tidaknya bahan baku, sistem, mesin, peralatan, dan produk dengan standar dan sesuai tidaknya jalannya produksi dengan target. Nah, jika dalam pemeriksaan terdapat cacat atau malfungsi pada produk, alat, atau mesin dan kendala lainnya, QA/QC akan menuliskan laporannya untuk kemudian ditindaklanjuti oleh departemen lain,maintenancemisalnya.

  • Memeriksa produk dari tahap ke tahap

Pada umumnya, proses produksi dari bahan baku ke hasil akhir membutuhkan banyak tahap. Petugas QA/QC tidak hanya memeriksa bahan baku dan hasil akhir saja, namun produk dari tahap satu ke tahap lainnya juga harus diperiksa. Tujuannya agar untuk membuat proses produksi efisien. Misalnya, jika produk di tahap 3 tidak memenuhi standar, maka produksi hanya harus memperbaiki proses dari tahap 2 ke tahap 3, dan bukan tahap awal hingga akhir.

  • Bertanggung jawab atas standar pelaksanaan pengawasan (testing protocol standard)

QA/QC bertanggung jawab untuk membuat dan menjalankan standar pelaksanaan agar hasil dan proses pengawasan tetap objektif dan tidak berubah-ubah. Walaupun standar pelaksanaan ini sifatnya tetap, QA/QC juga dapat memperbaruinya dari waktu ke waktu seiring berubahnya kebijakan atau target perusahaan.

  • Melatih anggota tim QA/QC yang baru masuk

Bekerja sebagai QA/QC di hari pertama mungkin akan lebih berat dari hari-hari biasanya meskipun sudah pernah bekerja di bidang yang sama. Ini terjadi karena standar pelaksanaan pengawasan dan proses produksinya bisa berbeda-beda bergantung pada industrinya. Untuk itu, petugas QA/QC bertanggung jawab untuk melatih anggota tim yang baru masuk agar mereka memahami alur dan sistem produksi dengan baik.

Kisaran Gaji Jenjang KarierQuality Assurance/Quality Control

Karena sudah mengetahui deskripsi kerja QA/QC, mungkin sekarang kamu bertanya-tanya kira-kira berapa ya kisaran gajinya? Kisaran gaji per bulannya pada jenjang karier QA/QC pada level awal yaitu 3,500,000-8,000,000, untuk level menengah 8,000,000-15,000,000 dan <15,000,000 untuk level manajer. Tentunya besaran ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti level, besar perusahaan, lokasi perusahaan, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan keterampilan. Biasanya, QA/QC bekerja langsung di fasilitas produksi dan memerlukan perhatian yang detail setiap harinya sehingga kebanyakan profesi ini membutuhkan waktu full-time.

Penasaran dengan Jenjang KarirQuality Assurance/Quality Control?

Saat kandidat masuk menjadi petugas QA/QC, mereka akan berada di posisi level awal. Kemudian, ketika pengalaman bekerja sudah bertambah maka jabatannya akan naik menjadiQA/QC Supervisor. Adapun jenjang karier QA/QC tingkat lanjutan yaitu manajer QA/QC.

Tingkat Junior (0-2 tahun pengalaman)

Tingkat Menengah (3-5 tahun pengalaman)

Tingkat Senior (>5 tahun pengalaman)

Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk jenjang karier quality assurance/quality control?

Ketrampilan dasar

  • Kemampuan teknis yang berkaitan dengan mesin dan sistem di area produksi
  • Memahami dan mengimplementasikan International Organization for Standarization (ISO)
  • Memiliki kemampuan statistika
  • Memahami alur dan prinsip kerja uji mutu

Keterampilan tambahan

  • Analytical thinking

QA/QC bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sistem, peralatan, dan bahan baku sesuai. Karena itu, diperlukan keterampilan untuk teliti, analitis, dan memperhatikan secara detail.

  • Komunikasi

Setelah melakukan uji mutu pada fasilitas produksi, QA/QC harus menulis laporan terkait kelayakan. Seorang QA/QC harus pandai mengomunikasikan temuannya dan menuliskannya pada laporan untuk menghindari miskomunikasi.

  • Kesehatan yang baik

Tidak jarang bahwa fasilitas produksi memiliki lahan yang cukup luas dan seorang QA/QC harus bergerak dalam waktu yang lama untuk mengelilinginya. Kondisi fisik yang baik diperlukan untuk menunjang pekerjaan ini.

  • Multitasking

Keterampilanmultitaskingsangat penting untuk dikuasai oleh QA/QC karena tidak hanya menguji lebih dari satu aspek industri. Selain itu, QA/QC juga harus menuliskan laporan, menjadwalkan inspeksi, menyusun SOP, memperbaruinya, dan juga memberikan pelatihan pada anggota baru di saat yang hampir bersamaan.

Latar belakang pendidikan

Banyak perusahaan yang menerima ijazah SMA/SMK ketika mempertimbangkan kandidat untuk jenjang karierquality assurance/quality control. Namun, ada juga perusahaan yang menetapkan kriteria minimal S1 Teknik apa saja untuk deskripsi kerja yang lebih lanjut dan memungkinkan QA/QC untuk mendapatkan kisaran gaji yang lebih dari biasanya. Untuk studi lanjutannya, QA/QC bisa menentukan sesuai dengan industri tempatnya bekerja. Misalnya, jika QA/QC bekerja pada perusahaan produsen produk makanan, melanjutkan studi S2 Teknologi Pangan dianjurkan untuk meningkatkan potensi mendapatkan posisi sebagai manajer.

Pelatihan dan sertifikasi

Untuk perusahaan yang menerima kandidat SMA/SMK dari segala jurusan, pelatihan biasanya diberikan untuk anggota tim baru untuk membantu mereka menyesuaikan diri dengan fasilitas produksi. Jika pelatihan tambahan untuk karierquality assurance/quality controlmasih diperlukan, ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang serupa yang menyediakan pelatihan khusus yang mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Selain itu, juga ada perusahaan penyedia jasa konsultan yang bekerjasama dengan perusahaan untuk menyediakan pelatihan bagi petugas QA/QC. Penyedia jasa ini juga memiliki lisensi dari BNSP.

Kesempatan Untuk Melanjutkan Studi

Memilih jenjang karier quality assurance/quality control merupakan pilihan yang cukup menantang. Tidak sedikit, loh, perusahaan yang menawarkan kisaran gaji di atas Upah Minimum Rata-rata (UMR) karena tuntutan kerja yang tinggi. Melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya di jurusan yang relevan dengan industri tempat seorang QA/QC bekerja merupakan pilihan yang cukup bijak. Dengan begitu, QA/QC dapat mengetahui lebih jauh mengenai hal-hal teknis dan diharapkan dapat mengembangkan keterampilan relevan untuk perusahaan.

Lalu Bagaimana Cara Membuat CV untuk Quality Control?

Kini kamu sudah menemukan banyak hal tentang jenjang karier quality assurance/quality control. Sekarang saatnya kamu tahu caranya membuat CV untuk profesi ini! Pada dasarnya, CV yang kamu buat harus dapat menjual. Jika kamu akan masuk sebagai level awal QA/QC, kamu dapat memberikan penekanan yang kuat padasoft skillkamu. Tunjukkan bahwa kamu memiliki soft skill yang dibutuhkan seorang petugas QA/QC seperti analytical thinking. Untuk meningkatkan kesempatan direkrut, kamu bisa mengikuti kursus gratis dari JobStreet, loh!

Kamu pernah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, tetapi bukan sebagai QA/QC? Kamu tetap bisa menuliskannya dan menjelaskan tanggung jawab kerja yang relevan dengan keterampilan dasar QA/QC. Sebagai contoh, jika kamu pernah bekerja sebagai teknisimaintenance, kamu bisa mendeskripsikan keterampilan kamu dalam menguasai sistem kelistrikan peralatan produksi.

Jangan lupa untuk memberikan tampilan CV yang praktis namun berbobot, ya! Kamu bisa klik link ini untuk melihat contoh tampilannya.

ADIATA KUSUMAWARDHANA

Junior Quality Control

Nomor ponsel: 123-456-7890

Email: kusumawardhana @goodmail.com

TENTANG DIRI SAYASaya adalah teknisimaintenanceyang memiliki spesialisasi di bidang pemeliharaan sistem otomasi industri dan sedang mencari pekerjaan purnawaktu di perusahaan berbasis manufaktur.PENDIDIKAN
  • S1 Teknik Industri Universitas A (2015-2019)
  • Teknik Alat Berat SMK Bina Karya Persada (2012-2015)
PENGALAMAN KERJAStaff Quality Control PT. Good Food Indonesia | 2020-2021- Bertanggung jawab untuk menjalankan QC internal harian- Melaporkan kendala dan evaluasi kualitas uji mutu- Melakukan pengujian terhadap sampel hasil produksi- Menindaklanjuti produk yang tidak lolos uji mutuStaff Maintenance Niagatech | 2019-2020 - Melakukan perbaikan untukcorrective maintenance- Merencanakan keperluan peralatan dan alat untukmaintenance- Membuat laporan hasilmaintenanceharian, mingguan, dan bulanan KETERAMPILAN - Memahami ISO 9001:2015- Memahami alur dan sistem kerja uji mutu- Menguasai sistem instrumentasi dan kontrol elektronik - Memahami pengoperasian alat produksi- Memahami K3 industri dan lingkunganLATIHAN DAN MAGANGShopfree Company Maintenance Intern Pengalaman magang sebagai stafmaintenancetahun 2014 - Membuat jadwalmaintenancegudang Shopfree - Membantu menyusun laporanmaintenanceharian

Related Careers

  • Links to other Career Path articles

Sekarang, pengetahuan tentang jenjang karier QA/QC dan CV-nya sudah kamu ketahui. Jangan ragu untuk memulai karier kamu sebagai petugas QA/QC di perusahaan impianmu. Kunjungi situs JobStreet untuk melihat lebih banyak lowongan QA/QC. Untuk bisa mengakses dari mana saja, kamu juga bisa mengunduh aplikasi JobStreet di Google Play Store dan Apple App Store.

Jangan lupa untuk perbarui profilmu di halaman profil JobStreet dan tunjukkan kepada dunia bahwa kamu siap direkrut! Jika masih bingung, jangan khawatir. Kamu bisa melihat artikel serupa di halaman Tips Karier kami. Untuk melihat laporan tren talent, kamu bisa mengakses Laporan Mengupas Tren Talent Global JobStreet di sini.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.