Tips Kerja Sesuai Passion dan Bebas Drama dari Ivan Gunawan!

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Siapa, sih, yang enggak kenal Ivan Gunawan? Nama tersebut pasti sudah tidak asing lagi, terutama bagi yang menggeluti bisnisfashion. Selain brand desain pakaiannya, ia juga dikenal karena bakatnya di bidangentertainment. Namun, tentunya semua itu tidak datang begitu saja. Ivan Gunawan dulu perlu membangun karirnya dari 0 dengan bermodalkan talenta, kerja keras, dan tabungan selama bertahun-tahun, hingga akhirnya ia menjadi pebisnis yang sukses  seperti sekarang.

Pada wawancaranya bersama JobStreet di Virtual Career Fair 2021, Ivan berbagi cerita mengenai banyak rintangan serta tips-nya dalam menghadapi dunia kerja. Ayo scroll ke bawah untuk tahu ceritanya!

Bekerja untuk mengejarpassion

Setelah lulus SMA, Ivan Gunawan dulu langsung terjun ke dunia kerja dengan menjadi pegawai bisnis desain busana milik pamannya. Ivan mengaku bahwa selama itu gajinya tidak menentu karena ia adalah “keluarga”, sehingga ia tidak digaji rutin seperti pegawai biasanya. Meskipun begitu, ia tetap berniat menyimpan gaji yang didapat untuk membangun bisnis.

Karena keterbatasan modalnya, butik Ivan Gunawan tidak langsung ada sebagai bisnis mandiri. Dengan menabung penghasilannya selama 5 tahun, Ivan memulai bisnisnya pada tahun 2005 sebagai desainer rumahan. Seiring berjalannya waktu, Ivan merasa bahwa ia tidak bisa hanya mengerjakan satu-persatu pesanan desaincustom. Sehingga pada tahun 2015, ia akhirnya mendirikan butikMandjha Hijab Ivan Gunawan.

Ivan sangat menekankan pentingnya bekerja sesuai denganpassionmu. Ia seringkali merasa sedih ketika ada calon kandidat yang meminta pekerjaan dengan kalimat “apa saja yang penting kerja”. Menurut Ivan, kalimat tersebut tidak menunjukkan adanya “passion” untuk bekerja. Ia menyarankan kepada para pencari kerja untuk memikirkan baik-baik tentang pekerjaan seperti apa yang ingin diraih dan dijalani dalam keseharian mereka.

Jika kamu bekerja di bidang yang kamu minati, apalagi jika kamu sudah rela menempuh pendidikan yang tinggi di bidang tersebut, kamu akan merasa senang dan puas akan apa yang telah kamu kerjakan ketika akhir bulan tiba. Pekerjaanmu juga akan terasa lebih bisa diselesaikan, seberat apapun itu.

Seperti Ivan Gunawan yang berhasil menjadifashion designer, karenapassiontersebutlah ia berhasil mengembangkan bisnisnya di bidang fashion. Karena itu, ia sangat menyarankan para pencari kerja untuk memulai perjalanannya dengan bertanya: “passionku itu apa, sih?”.

Menentukan target karir yang jelas

Pentingnya untuk memiliki target yang jelas dalam karir juga sempat disinggung olehnya. Tidak peduli targetnya sekecil apapun, ini akan menjadi sebuah motivasi untuk bekerja keras karena kamu tahu apa yang kamu ingin raih.

Kalau kamu memiliki target yang menurutmu masih terlalu besar untuk dicapai di tahap karir-mu sekarang, mulailah dengan menyusun perencanaan karirmu dengan detail dan kerjakan selangkah demi selangkah. Di dunia kerja, tidak ada yang bisa didapat secara instan. Oleh karena itu, terus berusahalah dengan giat.

Tetapi, usaha yang giat juga perlu diiringi dengan persiapan yang matang, ya! Jika kamu melamar kerja tanpa memperhatikan karakteristik perusahaan yang kamu lamar, tenagamu berisiko “terbuang” sia-sia. Sebelum melamar kerja, pastikan bahwa kamu sudah membaca keseluruhanjob descriptionyang dipasang oleh perusahaan.

Kemudian, lakukan lah riset mandiri mengenai perusahaan tersebut. Bagaimana lingkungan kerjanya? Apakah hak-hak karyawan dihargai dengan baik di sana? Apakah visi dan misi perusahaan tersebut cocok denganmu? Tanyakan hal-hal tersebut kepada dirimu sendiri ketika kamu sedang melakukan riset.

Tips melamar kerjaalaIvan Gunawan

  • Time is money

Selain pentingnya mengembangkan dan menyesuaikan diri, butik Ivan Gunawan bisa menjadi sebesar sekarang karena pendirinya yang menekankan pentingnya kerja keras dan menghargai waktu. Karena saat ini ketidakseimbangan jumlah pelamar kerja dan persaingan lapangan kerja semakin ketat, sehingga “sikut-sikutan” dalam mencari pekerjaan sudah dianggap sangat wajar terjadi, Ivan mengingatkan pentingnya untuk selalu mengelola waktu dengan efisien.

Jika perusahaan tempatmu bekerja terpaksa tutup, langsung siapkan diri untuk mencari pekerjaan yang lain, dan usahakan untuk jangan terpuruk terlalu lama. Ketika kamu terlalu banyak berpikir tentang masa depan karirmu, orang lain yang mengincar posisi yang sama denganmu bisa jadi sudah mengirim lamaran kerja mereka. Di saat-saat seperti ini, frasa“time is money”menjadi sangat relevan.

  • Persona diSocial Media

Hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan adalah menjaga “jejak digital”-mu. Di era ini, akun media sosial sudah sangat lazim dimiliki masyarakat umum. Di antara sekian banyak keuntungannya, kamu juga perlu berhati-hati terhadapbackground checkyang dilakukan oleh perusahaan ketika kamu melamar kerja. Jika ternyata kamu menunjukkan sikap yang kurang pantas di media sosial, lamaranmu sangat beresiko untuk ditolak, bahkan meskipunskillskamu melampaui kriteria.

  • Teruslah berusaha!

Kalau kamu merasa sudah banyak mengirim lamaran tetapi sama sekali belum mendapat panggilan, jangan berkecil hati dulu. Kamu hanya belum menemukan perusahaan yang cocok denganmu. Seperti yang dikatakan oleh Ivan, jangan menghabiskan waktu.

Jika kamu tidak mendapat panggilan, jangan terlalu lama memikirkan alasan mengapa kamu tidak diterima oleh perusahaan tersebut, tetapi langsung saja cari tahu mengenai perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang sejenis, modifikasi CV-mu sesuai kebutuhan perusahaan itu, kemudian kirim lamaran kerjamu. Ulangi langkah-langkah tersebut hingga kamu mendapat peluang untuk meraih pekerjaan yang kamu inginkan.

  • Selalu perbarui profilmu!

Dengan memiliki profil yangup-to-date, kamu bisa memberikan gambaran bahwa kamu adalah seorang pekerja keras dengan etos kerja yang baik. Karena itu, kamu akan dilihat lebih unggul dibandingkan pelamar kerja yang lain. Jika kamu mencantumkan tanggal atau tahun dari berbagai pelatihan dan pengalaman kerja yang kamu miliki, perusahaan akan melihatmu sebagai kandidat yang antusias dalam melakukan mengembangkan diri dan mencari pengalaman yang relevan. Selain pelatihan, kamu juga bisa menambahkan berbagai pengalaman lain seperti magang, menjadi sukarelawan, ataupunfreelancing, lho!

Berkarir bersama JobStreet

Selain yang sudah disebutkan di atas, Ivan juga menyarankan para kandidat untuk mencari kerja melalui JobStreet. Dengan berbagai pilihan posisi kerja dan opsi perusahaan yang banyak, kamu bisa leluasa mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu, lho!

Menggunakan JobStreet juga akan mempercepat prosesmu mengirim lamaran kerja, ketimbang melamardoor-to-doorke perusahaan yang belum kamu kenal betul. Berikut adalah beberapa keuntungan melamar kerja secara online menurut Ivan Gunawan:

  1. Irit ongkos.
  2. Tidak perlu repot mengenakanmake-upatau berpakaian rapi setiap mengirim lamaran berbeda.
  3. Tidak menghabiskan waktu di perjalanan.
  4. Proses yang simpel: hanya mengunduh aplikasi, membuat akun, kemudian mencari pekerjaan yang diinginkan.

Ivan juga menambahkan, jika kamu rajin mengembangkan diri untuk menghadapi ketatnya persaingan di era digital ini, kamu dapat meraih keuntungan yang tidak terduga. Sebagai contoh, guna menunjang karir-nya, Ivan sangat gemar membaca buku-bukufashionuntuk ia jadikan referensi. Hingga sekarang, jumlah bukufashionkoleksi Ivan Gunawan sudah mencapai jumlah ratusan dan ia tidak pernah berhenti membaca.

Dibandingkan dengan jaman dulu, Ivan berpendapat bahwa segala macam informasi dan referensi, tidak terbatas pada bidang fashion, sudah bisa didapatkan dengan jauh lebih mudah. Jika Ivan Gunawan dulu perlu membeli buku-buku yang harganya bisa mencapai jutaan, Ivan Gunawan sekarang bisa belajar melalui platformonlinesecara gratis, sehingga tidak ada alasan untuk tidak ingin belajar keterampilan baru.

Hal tersebut juga berlaku untukmu. Kalau kamu bingung ingin memulai dari mana, kamu bisa mencoba sekian banyak pelatihan gratis dari JobStreet dan FutureLearn. Diplatformini, kamu bisa mengakses berbagai pelatihan keterampilan kerja, baik teknis maupun non-teknis, tanpa dipungut biaya! Menguntungkan sekali, bukan?

Pelatihan yang tersedia di sana mencakuptransferable skillsseperti cara berpikir kritis, pengembangan karir, keterampilan berbahasa Inggris, cara mengelola kesehatan mental, dan masih banyak lagi. Bahkan, platform ini juga menyediakan berbagai pelatihan keterampilan teknis yang dibutuhkan oleh industri yang spesifik. Mulai darie-commerce, pemasaran digital, UI/UX, hubungan masyarakat, bahkan robotik dancoding, kamu bisa mengakses semuanya di sana. Jadi, ayo terus kembangkan dirimu sekarang juga!

Nah, setelah membaca artikel di atas, apa kamu jadi ingin sesukses Ivan Gunawan?

Kalau iya, ayo mulai dengan rajin memperbarui profil JobStreet-mu dan kunjungi laman Cari Kerja untuk proses pencarian kerja yang fleksibel, mudah, dan bebas drama!

Kunjungi laman Tips Karir untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk tetap terhubung bersama kami kapan pun dan di mana pun, download aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.