Yang Perlu Kamu Siapkan Dalam Jenjang Karier Pramusaji!

Yang Perlu Kamu Siapkan Dalam Jenjang Karier Pramusaji!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Persiapan Jenjang Karier Pramusaji

Pramusaji adalah salah satu ujung tombak bagi restoran karena mereka lah yang langsung berhadapan dengan pelanggan. Pekerjaan yang dikenal juga dengan sebutanwaiter/waitressini seringkali dianggap remeh oleh orang-orang. Nyatanya dalam duniafood and beveragepramusaji memiliki peran yang sangat penting.

Tugas utama pramusaji jelas menyambut pelanggan sekaligus membuat mereka merasa nyaman di restoran tersebut. Maka dari itu, di restoran besar ataupun kecil, kehadiran pramusaji yang baik adalah sebuah hal yang penting.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak panduan lengkap jenjang karier untuk menjadi pramusaji berikut ini!

Apa saja tanggung jawab pramusaji?

Sebagai garda terdepan sebuah restoran, tanggung jawab utama seorang pramusaji adalah membuat para pelanggan merasa nyaman dan terbantu. Seorang pramusaji memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga citra dari restoran yang mempekerjakan mereka. Seorang pramusaji juga memiliki berbagai tanggung jawab lainnya seperti:

  • Menyambut pelanggan dengan ramah saat memasuki restoran
  • Memberikan menu makanan dan minuman kepada pelanggan
  • Mencatat semua pesanan dan memastikan kembali pesanannya
  • Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan
  • Menyajikan makanan dan minuman yang telah dipesan pelanggan
  • Menawarkan makanan penutup atau minuman lainnya
  • Memberikan tagihan atau bill jika pelanggan sudah ingin membayar
  • Mengucapkan terima kasih kepada pelanggan
  • Membersihkan bekas makanan yang tersisa di meja makan
  • Memastikan area restoran selalu bersih

Berapa kisaran gaji pramusaji?

Pramusaji memiliki gaji yang variatif. Salah satu faktor yang mempengaruhi gaji pramusaji adalah UMR daerah masing-masing. Untuk kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Bali dan Surabaya, pramusaji memiliki gaji pokok per bulan sekitar Rp 2.500.000 - 3.500.000. Sementara untuk kota-kota yang memiliki UMR di bawah Rp 2.000.000 seperti Yogyakarta, rentang gaji pramusaji per bulan antara Rp 1.500.000 - 2.200.000. Namun, selain dipengaruhi oleh UMR, ada juga faktor-faktor lain juga yang dapat mempengaruhi gaji pramusaji seperti pengalaman bekerja, kemahiran, dan lokasi bekerja.

Bagaimana jenjang karier pramusaji?

Ketika kamu mengawali karier sebagai pramusaji, tentu saja kamu tidak akan selamanya menjadi pramusaji saja. Ada tingkatan dalam jenjang karier yang dapat kamu pilih. Kamu dapat diangkat menjadi supervisorpramusaji dan bahkan manajer pramusaji jika kamu memiliki kinerja dan reputasi yang bagus.

Selain itu, ada juga pilihan untuk berpindah ke rumah makan yang lebih ternama ataupun ke restoran mewah. Kamu juga dapat berpindah karier dari pramusaji di rumah makan ke perhotelan atau kapal pesiar.

Apa saja persyaratan menjadi pramusaji?

Setelah mengetahui tugas-tugas pramusaji lalu apa saja yang kamu butuhkan untuk memenuhi tugas-tugas tersebut dengan baik? Di bawah ini kamu akan menemukan apa saja yang kamu butuhkan agar diterima sebagai pramusaji, mulai dari keterampilan, sertifikasi, serta program pendidikan yang bisa kamu ambil.

Simak ulasannya berikut ini!

Keterampilan wajib

  • Pelayanan pelanggan(customer service)

Sebagai orang yang berhadapan langsung dengan pelanggan, pramusaji dituntut untuk memiliki keterampilan untuk melayani pelanggan. Keterampilan ini meliputi bagaimana cara kamu membantu pelanggan saat kebingungan atau memenuhi keinginan pelanggan.

  • Komunikasi

Pramusaji juga harus memiliki keterampilan komunikatif untuk melengkapi kemampuan penting yakni melayani pelanggan. Kemampuan komunikasi meliputi cara merespon komplain pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan, dan lain-lain. Keterampilan ini tidak hanya dibutuhkan untuk berhubungan dengan pelanggan, namun juga untuk sesama pegawai.

  • Bersikap sabar dan ramah

Pramusaji akan dihadapkan oleh pelanggan yang memiliki bermacam-macam karakter. Pramusaji harus dapat mengontrol emosinya agar pelanggan tetap merasa dihargai dan senang akan pengalaman mereka menjadi tamu di restoran tersebut.

  • Pengelolaan waktu

Mengelola waktu dibutuhkan untuk mengatur jadwal dan prioritas dari tugas-tugas yang sedang kamu kerjakan. Pramusaji juga harus bisa memprioritaskan yang lebih mendesak. Tidak jarang juga, pramusaji dipertemukan dengan situasi yang mengharuskan merekamultitasking. Dengan begitu, semua kewajiban akan terselesaikan dengan baik.

  • Ketahanan fisik

Dengan tugas yang cukup banyak, pramusaji membutuhkan ketahanan fisik yang kuat. Tidak jarang juga, pramusaji harus mengerjakan dua tugas dalam waktu bersamaan sehingga harus gesit bergerak. Selain itu, untuk memuaskan pelanggan, kamu dituntut dapat bekerja dengan cepat dan efektif.

Keterampilan tambahan

Bekerja sama dalam sebuah tim adalah kegiatan utama dalam profesi ini ketika terjun ke dalam jenjang karier pramusaji. Hal ini menjadikan keberhasilan tim pramusaji sebagai keberhasilanmu juga. Maka dari itu, upayakan untuk dapat berkolaborasi dengan mudah.

  • Kemampuan berbahasa yang baik

Berbahasa sangat penting jika ingin bekerja di bidang pelayanan. Berbicara dengan lancar dan tidak terbata-bata adalah kemampuan yang baik untuk dimiliki seorang pramusaji sebab dapat membantu melancarkan komunikasi antara pramusaji dan pelanggan. Memiliki kemampuan berbahasa asing juga penting terlebih jika kamu bekerja di kota-kota pariwisata seperti Denpasar dan Lombok.

  • Ketelitian

Memperhatikan detail-detail kecil juga dibutuhkan bagi pekerja industri makanan termasuk dalam penyajian makanan nya. Sebagai pramusaji, kamu harus mengingat pesanan pelanggan yang tidak jarang ingin menambah sesuatu.

Latar Belakang Pendidikan

Umumnya, pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi pramusaji minimal setingkat SMU/SMK dengan usia maksimal 30 tahun. Namun, kamu juga bisa mengambil program studi yang berkaitan denganhospitalitydanFood & Beverage Managementjika kamu ingin melanjutkan kariermu ke jenjang yang lebih profesional.

Restoran-restoran besar dan ternama memiliki pramusaji profesional yang umumnya mempunyai tingkat pendidikan minimal setara dengan D-III. Selain itu, ada juga tempat-tempat yang memberikan kesempatan bekerja sambilan sebagai pramusaji untuk mahasiswa aktif.

Sertifikasi atau pelatihan di jenjang karier pramusaji

Ketika kamu diterima sebagai pramusaji di sebuah kafe atau tempat makan, kamu akan menjalani masa percobaan selama beberapa bulan/minggu. Masa percobaan tersebut sekaligus menjadi kesempatan untuk kamu untuk belajar dan berlatih menjadi pramusaji yang baik

Jika kamu tertarik ke jenjang selanjutnya, kamu dapat mengikuti sertifikasi dan pelatihan pramusaji yang dapat kamu temui di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dengan mengikuti sertifikasi ini, kamu memiliki nilai yang berharga dengan sudah terbukti siap untuk bekerja. Berikut adalah beberapa lembaga yang mengadakan sertifikasi di bidang pramusaji.

Pengembangan jenjang karier pramusaji

Tentu saja jika kamu ingin berpindah ke industri lain, sebaiknya kamu mengikuti sertifikasi atau pelatihan tertentu untuk memenuhi standar industri tersebut. Dengan pengalaman yang tinggi dan reputasi yang baik, kemungkinan kamu untuk untuk bekerja di tempat yang lebih baik.

Ikuti juga kelas-kelas pelatihan untuk mengasah kemampuan komunikasi dantransferable skillslain untuk menunjang karier sebagai pramusaji. Cek kelasonlinedari FutureLearn yang bekerja sama dengan JobStreet untuk pengembangan kariermu.

Bagaimana cara membuat CV atau resume pramusaji?

Dengan mengirim CV dan resume, kamu bisa membuat para perekrut tertarik dengan pengalamanmu di duniahospitality. Tapi, pastikan kamu membuatnya secara singkat dan akurat, namun tetap menarik. Berikut adalah contoh resume atau CV yang dapat kamu buat!

Firnanda Setiadi

+62 87747488478

Cluster Cinere Modern Blok B3 No. 4, Depok, Jawa Barat

[email protected]

DESKRIPSI SINGKATSaya berpengalaman dalam bidang pelayanan restoran dengan reputasi yang baik dan tidak pernah mendapat keluhan dari pelanggan. Saya memiliki kegigihan yang dapat membantu dalam menangani pelanggan-pelanggan tertentu.PENGALAMAN KERJAKopi Lain HatiWaiter, 2017-2019
  • Menerima pesanan pelanggan
  • Menyajikan makanan ke meja pelanggan
  • Menjaga kasir
  • Menjaga kebersihan kafe
Pizza Hut IndonesiaWaiter, 2019 - 2021
  • Menerima pesanan pelanggan
  • Menyajikan makanan ke meja pelanggan
  • Menjaga kasir
KETERAMPILAN
  • Microsoft Office
  • Manajemen Waktu
  • Soft-skills
Komunikasi Verbal, Kerjasama Tim, Pengambilan Keputusan, Berpikir Strategis, Ramah.PENDIDIKANMahasiswa Arsitektur (2018-)Institut Teknologi Sepuluh NopemberSekolah Menengah Atas (2014-2017)SMA Islam Dian Didaktika JakartaKETERAMPILAN BERBAHASA
  • Bahasa Indonesia
Mahir
  • Bahasa Inggris
Baik (TOEFL 538 - 2021)

Kembangkan kariermu bersama JobStreet!

Setelah membaca panduan di atas, mempersiapkan diri, dan membuat CV, jangan lupauploadCV kamu di JobStreet agar perekrut dapat melihat potensimu. Perbarui juga profilmu setiap kamu mendapatkan pengalaman dan keterampilan baru.

Kunjungi JobStreet untuk menemukan berbagai lowongan pekerjaan pramusaji atau posisi yang berkaitan dengan jenjang karier pramusaji. Download juga aplikasinya melalui Google Play Store atau Apple App Store untuk memudahkan kamu mengakses JobStreet!

Kunjungi laman Tips Karier JobStreet untuk mendapatkan tips, berita industri, panduan, dan informasi lainnya. Selain itu, kamu juga dapat dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet di sini.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.